CMC CoinMarketCap Mata Uang Digital

CMC CoinMarket Cap dan Mengapa Mempelajari Market Cap Sangat Penting Untuk Investasi Mata Uang Digital
CMC CoinMarket Cap ( Photo/ coinmarketcap.com)

CMC coin market cap- Apakah CMC CoinMarketCap? CMC sendiri merupakan kepanjangan dari CoinMarket Cap, salah satu situs marketcapitalization.

Marketcapitalization, atau biasa pula disebut dengan market cap dapat didefinisikan sebagai suatu tempat atau alat untuk menghitung nilai aset di pasar misalnya saja mata uang digital (Cryptocurrency) ataupun saham perusahaan.

Jadi, jika Anda bermaksud untuk menghitung nilai pertukaran mata uang digital untuk saat ini, Anda dapat mengunjungi situs CMC coinmarketcap. Demikian pula jika Anda hanya ingin sekedar mengetahui harga Crypto hari ini.

Rumus Market Cap

Seperti halnya CMC ataupun Safemoon Coin Binance, terdapat suatu rumus atau formula untuk melakukan perhitungan secara akurat. Tentu saja, jika Anda mengunjungi situs market cap ini, Anda tidak perlu menghitung secara manual.

Tinggal masukkan saja jenis saham atau mata uang kripto yang ingin Anda lihat nilai pertukarannya, kemudian klik tombol yang tersedia. Maka, hasilnya akan secara otomatis muncul.

Akan tetapi, perlu juga untuk mengetahui dengan lebih jelas bagaimanakah cara penghitungannya secara manual. Ya, apalagi jika Anda juga ingin mengetahui apa sajakah bestcyrptocoin 2021. Lalu bagaimanakah caranya?

Rumusnya adalah dengan mengalikan harga pasar untuk saat ini dengan persediaan koin yang beredar di pasar. Hasilnya adalah kapitalisasi pasar kripto, atau yang kita sebut dengan market cap tadi.

Jika perlu, mungkin Anda bisa membandingkan hasil penghitungan manual Anda tadi dengan hasil yang disediakan oleh CMC ataupun situs lainnya seperti Chia Coin Market Cap.

Pengkategorian Mata Uang Digital Dalam Market Cap

Market Cap mengklasifikasi mata uang digital atau cryptocurrency menjadi 4 jenis. Mengapa harus ada klasifikasi dalam hal ini?

Baca juga  Menggila! Harga Cryptocurrency Hari Ini Meroket!

Ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh para trader atau pemegang saham, salah satunya adalah kemudahan dalam membandingkan nilai satu mata uang digital dengan yang lainnya.

Dengan mengetahui nilai dalam market crypto hari ini, diharapkan Anda sebagai trader akan dapat mengambil keputusan dengan lebih tepat dalam bertransaksi.Lalu, apa sajakah kategori-kategori tersebut?

Large-cap Cryptocurrency

Yang pertama terdapat large-cap cryptocurrency yang dapat diartikan sebagai jenis mata uang kripto dengan nilai kapitalisasi yang besar.

Mata uang yang masuk dalam kategori ini adalah mereka yang memiliki nilai kapitalisasi pasar di atas 10 milyar US Dollar. Jenis mata uang ini sangat direkomendasikan karena dianggap paling aman untuk berinvestasi.

Terdapat beberapa keuntungan jika Anda memutuskan untuk menggunakan mata uang kripto dalam kategori ini. Salah satunya, large-cap cryptocryptocurrency terbukti memberikan keuntungan jangka panjang. Sehingga, para pemain besar cenderung lebih menyukai berinvestasi dengan mata uang jenis ini.

Keuntungan lainnya adalah mata uang large-cap memiliki likuiditas yang tinggi. Anda akan dengan mudah menemukan mata uang-mata uang ini di hampir semua bursa cryptocurrency.

Dengan kata lain, volume perdagangan serta kemungkinan keuntungan yang dihasilkan jauh lebih besar dan stabil dibandingkan dengan mata uang kripto jenis lainnya.

Nama-nama yang masuk ke dalam jenis large-cap cryptocurrency tentunya sudah tidak asing lagi, contohnya adalah Bitcoin dan Ethereum.

Mid-cap Cryptocurrency 

Di bawah kategori large-cap terdapat mid-cap cryptocurrency. Nilai kapitalisasi pasar untuk kategori ini adalah sekitar 1 hingga 10 milyar dollar Amerika.

Mata uang kripto yang masuk dalam kategori menengah sering dianggap masih beresiko. Selain itu, potensi keuntungannya juga belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Lalu, apakah cukup aman untuk berinvestasi dengan menggunakan mata uang jenis ini? Menurut CMC CoinMarketCap, sebenarnya Anda tidak perlu merasa khawatir. Secara umum, mata uang digital kategori kelas menengah memiliki kinerja yang cukup baik untuk jangka panjang.

Baca juga  Inilah Daftar dari 3 Best Crypto Coin 2021

Anda bahkan dapat meningkatkan nilai portofolio Anda dengan berinvestasi menggunakan mata uang kripto jenis ini. Ya, berinvestasi pada mid-cap cryptocurrency memberikan peluang untuk meningkatkan diversifikasi aset menjadi lebih baik lagi. Apalagi, ada beberapa mata uang digital dalam kategori ini yang berpeluang berubah menjadi large-cap.

Akan tetapi, pastikan untuk tetap berhati-hati dalam memilih jenis mata uang yang akan digunakan. Anda perlu mempelajari lebih lanjut sehingga investasi yang dilakukan dapat benar-benar memberikan keuntungan untuk jangka panjang.

Beberapa jenis mata uang yang masuk dalam kategori ini menurut Ergo Coin market cap adalah Litecoin, Monero, dan Cardano.

Small-cap Cryptocurrency 

Small-cap cryptocurrency memiliki level di bawah mid-cap, yaitu jenis-jenis mata uang digital dengan nilai kapitalisasi antara 100 juta hingga 1 milyar dollar AS.

Mata uang kripto yang masuk dalam kategori ini dianggap masih cukup fluktuatif sehingga beresiko untuk dijadikan alat investasi. Tentunya, butuh kejelian untuk melihat potensinya di masa depan.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan investasi dengan mata uang small-cap sama sekali. Jika Anda merasa cukup berpengalaman dalam hal mata uang kripto, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Beberapa jenis mata uang kripto kategori small-cap berpeluang untuk “naik kelas”. Salah satunya adalah Dogecoin. Maka, Anda perlu mempelajari crypto yang bakal naik sebelum berinvestasi.

Micro-cap Cryptocurrency 

Tentunya, mata uang kripto yang masuk dalam kategori micro-cap memiliki resiko yang lebih tinggi jika digunakan untuk berinvestasi dibandingkan dengan small-cap.

Nilai kapitalisasinya juga masih sangat kecil, yaitu kurang dari 50 juta dollar AS. Hal ini wajar, karena yang masuk dalam kategori ini adalah jenis-jenis mata uang kripto yang baru saja diluncurkan.

Namun tentu saja, di balik semua resiko, termasuk dalam hal Binance Crypto to fiat, selalu ada peluang di dalamnya. Memang dibutuhkan kejelian dan ketelitian serta kemampuan untuk berani mengambil resiko jika Anda tertarik berinvestasi pada mata uang jenis ini.

Baca juga  Simak Harga Crypto Hari Ini Sebelum Memulai Transaksi

Jika mata yang yang dipilih ternyata memiliki peningkatan kategori di masa depan, tentunya, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Manfaat Market Cap Dalam Investasi Mata Uang Digital

Mempelajari market-cap sangatlah penting bagi Anda yang memutuskan untuk berkecimpung di dunia investasi kripto.

Selain untuk mengetahui harga crypto hari ini rupiah serta mengambil keputusan apakah akan menjual atau membeli, memahami market-cap berarti peluang untuk menambah keuntungan di masa depan. 

Baik tinggi atau rendah, nilai market-cap secara umum menunjukkan respon suatu mata uang digital terhadap volatilitas.

Hal ini dikarenakan jika aset memiliki nilai kapitalisasi yang kecil, misalnya pada kategori small dan micro-cap, mata uang kripto akan cenderung tidak stabil di pasaran.

Sementara itu, stabilitas mata uang sangat dipengaruhi oleh berbagai macam hal seperti berita-berita terkait isu-isu sosial dan politik.

Potensi kerugian juga sering didapatkan pada investasi mata uang kripto nilai kecil jika ada pemain besar yang sedang menguasai pasar.

Tidak hanya sekedar mengetahui harga Cryptocurrency hari ini, ada banyak hal yang memang harus dipersiapkan untuk berinvestasi pada mata uang digital. Perlu diketahui pula jika dunia mata uang digital, walaupun bisa memberikan banyak keuntungan, namun juga “kejam”.

Beberapa pemain besar atau sering juga disebut whale bisa jadi bersekongkol untuk menjual aset secara bersamaan. Resikonya? Tentu saja nilai aset akan langsung terjun bebas. Hal ini dapat dipelajari lebih lanjut dan kunjungi klik CMC CoinMarketCap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *