Mengenal Bitcoin Mata Uang Virtual yang Populer

Mengenal Bitcoin
Mengenal Bitcoin Mata Uang Virtual yang Populer

Mikaylabinar.com Mengenal Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya. Berikut gambaran sekilas tentang Bitcoin

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin, sering kali digambarkan sebagai cryptocurrency, mata uang virtual atau mata uang digital yaitu jenis uang yang sepenuhnya virtual.

Mirip seperti uang tunai online yang bisa digunakan untuk membeli produk dan layanan, namun belum banyak toko yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayarannya bahkan ada beberapa Negara yang melarang penggunaan Bitcoin.

Disisi lain, perusahaan besar sudah mulai menggunakannya dan menerima pembayaran online dengan Bitcoin seperti Pay Pal.

Bahkan facebook membuat mata uang digitalnya yang dinamakan Libra

Bitcoin fisik yang biasa beredar di foto berupa koin uang logam berbentuk emas adalah hal baru. Namun, itu tidak akan berguna tanpa kode pribadi yang tercetak di dalamnya.

Setiap Bitcoin pada dasarnya adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi ‘dompet digital’ di smartphone atau komputer.

Orang dapat mengirim Bitcoin (atau sebagian) ke dompet digital Anda, dan Anda dapat mengirim Bitcoin ke orang lain.

Setiap transaksi tunggal dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain.

Ini memungkinkan untuk melacak history Bitcoin untuk menghentikan orang membelanjakan koin yang tidak mereka miliki, membuat salinan atau membatalkan transaksi.

Bagaimana orang mendapatkan Bitcoin?

Untuk mengenal Bitcoin dimulai dengan dengan cara bagaimana mendapatkannya. Ada tiga cara utama orang mendapatkan Bitcoin.

  1. Anda dapat membeli Bitcoin menggunakan uang ‘nyata’ seperti Dolar .
  2. Anda dapat menjual barang dan membiarkan orang membayar Anda dengan Bitcoin.
  3. Atau mereka dapat dibuat dengan menggunakan komputer.
Baca juga  Kenalan dengan Ergo Coin Market Cap

Bagaimana Bitcoin baru dibuat?

Bitcoin baru dihasilkan dari proses kompetitif dan terdesentralisasi yang disebut “mining” atau penambangan.

Agar sistem Bitcoin berfungsi, orang-orang dapat melakukan transaksi proses komputer mereka untuk semua orang.

Proses ini melibatkan individu yang diberi penghargaan oleh jaringan atas layanan mereka.

Penambang Bitcoin memproses transaksi dan mengamankan jaringan menggunakan perangkat keras khusus dan mengumpulkan bitcoin baru sebagai gantinya.

Protokol Bitcoin dirancang sedemikian rupa sehingga bitcoin baru dibuat dengan harga tetap. Ini membuat penambangan Bitcoin menjadi bisnis yang sangat kompetitif.

Ketika lebih banyak penambang bergabung dengan jaringan, semakin sulit untuk mendapatkan keuntungan dan penambang harus mencari efisiensi untuk memangkas biaya operasi mereka.

Tidak ada otoritas pusat atau pengembang yang memiliki kekuasaan untuk mengontrol atau memanipulasi sistem untuk meningkatkan keuntungan mereka.

Setiap node Bitcoin di dunia akan menolak apa pun yang tidak sesuai dengan aturan yang diharapkan sistem untuk diikuti.

Bitcoin dibuat dengan kecepatan yang menurun dan dapat diprediksi. Jumlah bitcoin baru yang dibuat setiap tahun secara otomatis dikurangi setengahnya dari waktu ke waktu sampai penerbitan bitcoin dihentikan sepenuhnya dengan total 21 juta bitcoin yang ada.

Pada titik ini, penambang Bitcoin mungkin akan didukung secara eksklusif oleh sejumlah kecil biaya transaksi.

Orang-orang menyiapkan komputer yang kuat hanya untuk mencoba dan mendapatkan Bitcoin.

Namun, tidak mudah untuk mendapatkannya Jika Anda mulai menambang sekarang, mungkin butuh bertahun-tahun sebelum Anda mendapatkan satu Bitcoin.

Anda bisa menghabiskan lebih banyak uang untuk listrik bagi komputer Anda daripada nilai Bitcoin yang di dapatkan.

Mengapa Bitcoin berharga?

Ada banyak hal selain uang yang kita anggap berharga seperti emas dan berlian. Suku Aztec menggunakan biji kakao sebagai uang. Bitcoin berharga karena orang bersedia menukarnya dengan barang dan jasa nyata, dan bahkan uang tunai.

Baca juga  Bingung Mau Investasi Kripto ! Nih 10 Rekomendasi Crypto yang Bakal Naik

Kripto seperti Bitcoin memiliki nilai karena berguna sebagai bentuk uang. Bitcoin memiliki karakteristik uang (daya tahan, portabilitas, kesepadanan, kelangkaan, pecahan atau satuannya, dan dapat dikenali) berdasarkan sifat matematika daripada mengandalkan properti fisik (seperti emas dan perak) atau kepercayaan pada otoritas pusat (seperti mata uang fiat).

Singkatnya, Bitcoin didukung oleh matematika. Dengan atribut-atribut ini, semua yang dibutuhkan bentuk uang untuk memiliki nilai adalah kepercayaan dan adopsi.

Dalam kasus Bitcoin, ini dapat diukur dari basis pengguna, pedagang, dan pemula yang terus berkembang.

Seperti semua mata uang, nilai bitcoin hanya datang dan langsung dari orang yang bersedia menerimanya sebagai pembayaran.

Mengapa orang menginginkan Bitcoin?

Beberapa orang menyukai fakta bahwa Bitcoin tidak dikendalikan oleh pemerintah atau bank.

Orang-orang juga dapat membelanjakan Bitcoin mereka secara anonim. Meskipun semua transaksi dicatat, tidak ada yang tahu ‘nomor rekening’ mana yang menjadi milik Anda kecuali Anda memberi tahu mereka.

Elon Musk, pendiri Tesla meginvestasikan US$1.5 miliar ke dalam Bitcoin. Ia menyatakan bahwa Bitcoin memiliki keunggulan dibandingkan uang cash yang cenderung mengalami tendensi inflasi.

Mata uang digital seperti Bitcoin dapat tetap mempertahankan nilai uang dan barang.

Apakah Bitcoin aman?

Setiap transaksi dicatat secara publik sehingga sangat sulit untuk memalsukan atau menggandakan Bitcoin, membuat Bitcoin yang palsu atau membelanjakan yang tidak Anda miliki.

Namun begitu, Anda dapat kehilangan dompet Bitcoin Anda atau juga menghapus Bitcoinnya dan kehilangan selamanya.

Ada juga kemungkinan pencurian dari situs web yang memungkinkan Anda menyimpannya tidak secara langsung tetapi dari jarak jauh.

Oleh karena itu, perlu mengenal Bitcoin dengan baik sebelum menggunakannya

Nilai Bitcoin telah naik dan turun selama bertahun-tahun sejak diciptakan pada tahun 2009 dan beberapa orang merasa tidak aman untuk menyimpannya sebagai investasi.

Baca juga  Ketahui Apa Itu Crypto Tru Dan Kelebihannya 

Tingkat naik turunnya (volatilitas) ini membuat orang khawatir akan kondisi keuangan mereka, nilainya bisa turun secara signifikan setiap saat dan investor bisa kehilangan banyak uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *