Waspada Krisis Ekonomi Global, Inilah 3 Aset yang Disarankan Robert Kiyosaki

  • Share
Waspada Krisis Ekonomi Global, Inilah 3 Aset yang Disarankan Robert Kiyosaki
Waspada Krisis Ekonomi Global, Inilah 3 Aset yang Disarankan Robert Kiyosaki ( src Photo : @theRealKiyosaki)

Waspadai kebangkrutan ‘Lehman global berikutnya’ ! demikian pesan Robert Kiyosaki akan kemungkinan terjadinya resesi dan krisis ekonomi global yang akan melanda tahun depan

Kini kekhawatiran akan kasus serupa dengan Lehman Brothers yang menyebabkan inflasi melonjak menjadi perhatian oleh penulis Rich Dad Poor Dad Robert Kiyosaki.

Dia menyebutkan bahwa tahun 2022 bukanlah tahun yang mudah bagi para pensiunan atau mereka yang akan pensiun karena krisis yang lain kemungkinan akan terjadi

Kiyosaki membandingkan pensiun AS dengan gelembung yang menunggu untuk meledak, menyebut mereka “Lehman global berikutnya”, mengacu pada kejatuhan bank investasi Lehman Brothers tahun 2008.

Saat itu Lehman Brothers memiliki aset sebesar $691 miliar ketika mengajukan kebangkrutan pada September 2008, Dan saat ini, rencana pensiun negara bagian dan lokal AS menghadapi kekurangan sekitar $1,4 triliun.

Inilah Aset yang Disarankan Kyosaki

Kyosaki menyarankan ada 3 aset yang layak dijadikan investasi dalam menghadapi krisis ekonomi global dan krisis pensiun yang akan datang? Sebagaimana dilansir oleh yahoo finance

“Orang yang memiliki emas, perak, Bitcoin akan semakin kaya ketika Fed, Departemen Keuangan, Wall Street melakukan pivot [dan] mencetak triliunan dolar palsu,” kata Kiyosaki.

“Penabung uang palsu akan menjadi pecundang terbesar. Jangan jadi pecundang.”

Mari kita lihat lebih dekat saran-saran ini — dan mengapa Anda mungkin ingin menanggapinya dengan serius.

1. Emas

Logam mulia — terutama emas dan perak — telah menjadi lindung nilai yang populer terhadap inflasi dan ketidakpastian.

Mereka tidak dapat dicetak begitu saja seperti uang fiat dan nilainya sebagian besar tidak terpengaruh oleh peristiwa ekonomi di seluruh dunia.

Kiyosaki telah lama berinvestasi emas dia membeli emas untuk investasinya pertama kali pada tahun 1972.

“Saya tidak membeli emas karena saya suka emas, saya membeli emas karena saya tidak mempercayai The Fed,” katanya dalam sebuah wawancara tahun lalu.

2. Perak

Kiyosaki juga menyukai perak. Faktanya, dia baru-baru ini men-tweet “Investasi perak terbaik pada Oktober 2022” dan “Semua orang dapat membeli $20 perak.”

Yang pasti, logam mulia tidak menembus atap. Tapi mereka telah menunjukkan ketahanan mereka dalam aksi jual pasar yang luas ini: harga emas turun sekitar 2% pada tahun 2022, sementara perak naik 1,2%.

Meskipun ada banyak cara untuk mendapatkan paparan emas dan perak, Kiyosaki lebih memilih untuk membeli logamnya secara langsung.

Awal tahun ini, dia men-tweet melalui akun medsosnya bahwa dia hanya menginginkan “koin emas atau perak asli” dan bukan ETF.

Penulis juga baru-baru ini menyebut perak sebagai “tawar-menawar”. Jadi mungkin sudah waktunya untuk mengunjungi toko emas lokal Anda.

2. Bitcoin

Investor Bitcoin telah belajar dengan susah payah betapa mudahnya itu. November lalu, bitcoin mencapai level tertinggi $68.990.

Hari ini, harganya berkisar sekitar $16.700. Tapi Kiyosaki tampaknya tidak terganggu oleh penurunan cryptocurrency.

“BITCOIN? KHAWATIR? Tidak, ”tulisnya dalam tweet bulan lalu. “Saya adalah investor Bitcoin karena saya adalah investor emas fisik, perak, & real estat.”

Faktanya, dia melihat kekacauan crypto sebagai peluang.

“Ketika BITCOIN mencapai titik terendah baru, $10 hingga $12 k? Saya akan BERSEMANGAT, bukan khawatir.”

Kiyosaki percaya pada bitcoin karena alasan yang sama seperti dia menyukai logam mulia: ketidakpercayaan pada sistem uang fiat dan pemerintah kita.

“Saya bertaruh melawan Fed, Departemen Keuangan, Biden, & bertaruh pada [emas], [perak], & Bitcoin,” jelasnya.

Saat ini, sangat mudah untuk memanfaatkan bitcoin: Anda dapat membeli bitcoin secara langsung. Ketahuilah bahwa banyak bursa mengenakan biaya komisi hingga 4% hanya untuk membeli dan menjual crypto. Jadi carilah aplikasi investasi yang mengenakan komisi rendah atau bahkan nol.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *