Menggila! Harga Cryptocurrency Hari Ini Meroket!

Menggila! Harga Cryptocurrency Hari Ini Meroket!
Menggila! Harga Cryptocurrency Hari Ini Meroket! (Photo by Executium on Unsplash)

Harga cryptocurrency hari ini terlihat melonjak. Dua kripto yang paling terkenal sejagat dunia yaitu Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) masing-masing menggeliat dan berwarna hijau.

Dominasi kedua mata uang ini tak bisa dibendung pada sebulan terakhir ini. Dilansir dari CNBC bahwa untuk Bitcoin selama satu bulan ini mengalami peningkatan hingga 20%. Sedangkan Ethreum menjadi peringkat pertama karena mencapai 40%.

Bahkan, khusus untuk Ethreum, pada minggu lalu Jumat (3/9/2021) dan Senin (6/9/2021) menyentuh rekor level tertingginya yaitu US$ 4000.

Selain itu, Bitcoin juga mencapai harga tertingginya yaitu berada di Rp.747,0, naik 1,20% dari hari sebelumnya. Kenaikan yang signifikan ini, oleh para analis, disebabkan adanya lonjakan terhadap aset non-fungibletoken (NFT).

NFT (Non Fungible Token)

NFT, menurut CNN Indonesia, adalah bagian dari konten yang dihubungkan ke blockchain, basis digital yang mendukung mata uang kripto seperti bitcoin atau ethreum.

Menurut Joseph Edward, kepala penelitian di broker cryptocurrency Enigma Securities bahwa kenaikan harga cryptocurrency hari ini diakibatkan minat investor terhadap aset NFT satu ini. Kebanyakan para investor minat terhadap NFT ini karena didasarkan pada blockchain ethreum. 

Secara aset, apa aja sih yang bisa disebut NFT ?

Aset ini biasanya diisi oleh file dengan format GIF, kartu perdagangan virtual, gambar objek fisik, skin video game, real estate virtual, hingga sebuah tweet di Twitter. Cukup unik ya aset yang bisa dibeli di NFT.

NFT sendiri menjadikan ethreum menjadi mata uang kripto yang sering digunakan dalam transaksinya. Menurut CNBC bahwa ethreum perlu dibungkus terlebih dahulu untuk (wrapped) sehingga disingkat menjadi WETH. 

Baca juga  Simak Harga Crypto Hari Ini Sebelum Memulai Transaksi

Berbeda dengan ethreum yang melonjak akibat demand NFT yang begitu tinggi, bitcoin melonjak tinggi seharga Rp.747,0 dikarenakan pidato Ketua The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell.

Pidatonya dianggap bernuansa dovish (melakukan kebijakan moneter longgar). Walaupun ethreum mengalami peningkatan signifikan, tetapi keberadaannya secara peringkat belum bisa menggeser bitcoin. Bitcoin, menurut CMC Coin Market Cap, tetap bertengger di posisi pertama dan diikuti oleh ethreum di posisi kedua yang terpaut secara harga begitu jauh. 

Kenaikan harga bitcoin ini, menurut detik.com, diakibatkan pergerakan bitcoin bertepatan dengan ratusan juta dolar dalam opsi yang berakhir pada hari Jumat.

Selain itu, analis mengatakan bahwa biasanya harga bitcoin telah menyebabkan mata uang kripto lain bergerak dengan bitcoin.

Tetapi khusus untuk minggu ini dianggap akan berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Hal tersebut berkaitan dengan institusi yang beralih ke ethreum dan dianggap aset kapitalisasi terbesar kedua setelah Bitcoin. 

Nah, di atas adalah harga cryptocurrency hari ini. Dapat disimpulkan bahwa kedua mata uang kripto yaitu bitcoin dan ethreum masih menjadi primadona yang patut untuk dipertimbangkan bagi Anda yang berminat untuk terjun ke dunia kripto. Jadi, pilih yang mana nih ?

Keterangan:

Artikel ini ditulis pada tanggal 20 September 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *