Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Mata Uang Kripto Dogecoin

Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Mata Uang Kripto Dogecoin
Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Mata Uang Kripto Dogecoin

Mikaylabinar.com Selama ini orang awam mungkin tidak terlalu banyak mengenal mata uang kripto Dogecoin, mata uang ini sempat melambung ketika Elon Musk menyebut Dogecoin dalam unggahan tweetnya

Dogecoin diciptakan tahun 2013 oleh dua orang pakar perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer.

Pada mulanya dibuat hanya untuk iseng dan tujuan lelucon saja namun belakangan mengalami kenaikan harga luar biasa dan popoler di awal tahun 2021.

Apa Itu Dogecoin?

Dogecoin adalah cryptocurrency peer-to-peer open source yang berjalan pada teknologi blockchain. Mata uang digital ini menggunakan gambar anjing yang bernama Shiba Inu yang popular dijadikan meme di internet dengan nama “Doge”. Gambar itu pula ditampilkan di Dogecoin.

Dogecoin tidak mendapatkan perhatian publik karena dianggap hanya lelucon saja dan tidak serius. Selama lima tahun harganya hanya sekitar seperlima sen.

Mata uang ini mulai melambung hingga pada level tertinggi 74 sen pada 8 Mei 2021 atau naik sekitar 15.700% dari level pada awal tahun dan mencapai popularitasnya selama pandemi karena minat investor ritel yang meningkat serta didorong faktor twit Elon Musk.

Apa Perbedaan Dogecoin dengan Uang Kripto Lainnya

Terdapat beberapa fitur Dogecoin yang membedakannya dengan mata uang kripto lainnya. Pertama, tidak ada jumlah batas Dogecoin yang dapat ditambang. Tidak seperti Bitcoin, yang memiliki batas 21 juta koin seumur hidup.

Pada awal dibuat Dogecoin dibatasi maksium 100 miliar koin, namun pembatasan ini dihilangkan oleh pendirinya sehingga Dogecoin dapat ditambang hingga jumlah tak terbatas.

Pada 14 Juni 2021 lebih dari $130 miliar Dogecoin yang beredar, Jumlah Dogecoin yang tak terbatas ini bisa membuatnya sangat inflasi.

Baca juga  Monero Adalah Mata Uang Kripto Yang Menawarkan Privasi Lebih

Kedua, cara menambangnya. Dogecoin dapat ditambang lebih cepat daripada Bitcoin atau mata uang kripto lainnya karena ditambang menggunakan teknologi Scrypt.

Cara menambang Dogecoin sama seperti mining mata uang kripto lainnya yakni harus menyelesaikan rumus matematika dan aljabar.

Menambang dapat dilakukan individu atau dalam kelompok (dikenal sebagai pool mining). Menambang Dogecoin bisa memerlukan dana yang tidak sedikit karena membutuhkan peralatan dan listrik yang cukup banyak

Cara Membeli/Berinvestasi di Dogecoin

Anda dapat membeli Dogecoin di situs pialang mana pun yang saat ini memperdagangkannya, misalnya di Binance dan Kraken, atau broker tradisional seperti Robinhood.

Cara membelinya bisa menggunakan kartu kredit atau debit atau transfer bank. Tergantung broker di mana Anda membeli Dogecoin, Anda mungkin membayar beberapa biaya dari transaksi perdagangan.

Robinhood menawarkan perdagangan bebas komisi pada cryptocurrency, sementara Binance dan Kraken memiliki fee untuk transaksi.

Proses transaksi biasanya memerlukan waktu antara 40 dan 60 menit, namun tergantung pada platform perdagangan tempat Anda membeli koin.

Dompet Kripto

Saat Anda membeli Dogecoin— atau mata uang kripto lainnya—Anda juga ingin mendapatkan dompet kripto agar tetap aman.

Dompet kripto memegang kunci pribadi untuk mengakses mata uang Anda di blockchain. Dogecoin menawarkan dompet crypto sendiri untuk investor.

Ada banyak dompet kripto digital di pasaran, tetapi Anda juga dapat menggunakan hard drive eksternal.

Hard drive eksternal ini sering dianggap lebih aman daripada dompet digital karena mereka menyimpan kunci Anda secara offline, mencegah peretasan atau akses yang tidak sah.

Dompet digital dan fisik populer lainnya yang kompatibel dengan Dogecoin meliputi:

  1. Coinbase Wallet
  2. Ledger
  3. Trezor
  4. Trust Wallet
  5. Binance Chain Wallet
Baca juga  Mengenal Mata Uang Zilliqa Coin (ZIL)

Tahun 2021 menjadi puncak popularitasnya Dogecoin. Pada awal tahun harga perdagangan setengah sen dan harganya meroket menjadi 72 sen di awal Mei lalu turun sepanjang bulan Mei hingga kisaran 30 sen per koin.

Terdapat beberapa hal yang menjadi faktor kenaikan harga Dogecoin pada tahun 2021, diantaranya investasi ritel yang meningkat secara signifikan sepanjang tahun 2020 dan 2021, menurut survei Charles Schwab.

Peningkatan ini tidak terkait langsung dengan Dogecoin, tetapi tentu saja dapat berkontribusi pada peningkatan aktivitas perdagangannya.

Faktor Elon Musk. Bos Tesla ini sering men-tweet tentang mata uang digital ini sehingga menarik minat banyak orang untuk mengikuti apa yang dia lontarkan di media sosialnya termasuk ketika dia men-share bahwa dia bekerja dengan pengembang Dogecoin untuk melakukan peningkatan dan menciptakan efisiensi dengan koin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *