Health  

Bahaya Minum Teh Panas Bagi Kesehatan yang Penting Diwaspadai

Bahaya Minum Teh Panas Bagi Kesehatan yang Penting Diwaspadai
Bahaya Minum Teh Panas Bagi Kesehatan yang Penting Diwaspadai

Bahaya minum teh panas bagi kesehatan penting untuk Anda waspadai. Selain kopi, segelas teh panas di tengah dinginnya udara dapat menjadi minuman yang sangat nikmat. Apalagi dengan ditemani oleh makanan ringan seperti kue kering atau yang lainnya.

Namun siapa sangka kebiasaan teh panas secara berlebihan justru dapat membahayakan tubuh. Bahkan, terlalu sering mengkonsumsi teh dalam keadaan panas dapat memicu penyakit yang cukup membahayakan tubuh.

Waspadai Bahaya Minum Teh Panas Bagi Kesehatan

Bagi para pecinta teh, minum teh panas merupakan salah satu kewajiban sebelum menjalankan aktivitas. Akan tetapi, sangat sayang. Pada riset teranyar menunjukkan bahwa kebiasaan minum teh panas cukup tinggi justru dapat tingkatkan risiko penyakit berbahaya.

Penyakit berbahaya tersebut adalah kanker kerongkongan. Hasil dari sebuah penelitian yang telah terpublikasikan dalam Journal of Cancer menyatakan bahwa terdapat lebih dari 50.000 orang dengan usia 40 hingga 75 tahun menjadi responden dalam rentang waktu satu dekade.

Pada hal ini, menunjukkan hasil bahwa mengkonsumsi teh dengan suhu 60 derajat Celcius sebanyak 7000 ml dalam setiap harinya. Bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan sampai 90%.

Salah satu alasan yang paling mungkin terhadap adanya peningkatan risiko kanker adalah pengaruh langsung pada jaringan tenggorokan melalui peradangan yang konsisten. Hal ini berdasarkan keterangan dari Dr. Dirk Lachenmeier yang merupakan seorang ahli kimia dan toksikologi dari Chemical and Veterinary Investigation Agency, Karlsruhe, Jerman.

Mengenal Penyakit Kanker Kerongkongan

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa jenis kanker ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan beberapa penyebab. Mulai dari asap rokok, refluk asam, alkohol hingga cairan panas. Kanker kerongkongan adalah salah satu jenis kanker yang mungkin penderitanya tidak terlalu banyak.

Baca juga  Cara Diet yang Sehat Mampu Memberikan Kemudahan dalam Diet Anda

Akan tetapi, penyakit ini termasuk signifikan sebagai penyakit kanker paling berbahaya no delapan sedunia. Bahkan berdasarkan Badan Internasional Pelatihan Kanker, efek kanker ini juga sangat berbahaya. Pasalnya, kanker ini mampu membunuh kurang lebih 400.000 orang per tahun. Dengan perkiraan kasus baru terjadi pada para pria.

Berkat adanya korelasi positif dari minuman panasnya, asupan alkohol yang teratur. Lalu merokok, akan menyebabkan risiko kanker kerongkongan yang lebih tinggi.

Seseorang yang melakukan tiga kebiasaan tersebut. Memperlihatkan peningkatan lima kali lipat terkena kanker kerongkongan. Apabila kita bandingkan dengan orang yang tidak melakukan tiga kebiasaan tersebut. Dengan demikian, faktor risiko utama pada penyakit kanker kerongkongan akan meningkat akibat efek terpadu dari tiga perilaku tersebut

Jikalau seseorang merasa kesulitan untuk minum alkohol atau merokok. Maka para penelitinya menyarankan untuk menghindari minum teh dengan suhu yang cukup tinggi.

Efek Samping Mengkonsumsi Teh Secara Berlebihan

Selain bahaya minum teh panas dengan suhu yang tinggi, ternyata mengkonsumsi teh secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Efek samping tersebut antara lain dapat mengurangi penyerapan zat besi pada tubuh. Teh mengandung kelompok senyawa yang bernama tanin. Senyawa ini berisiko berikatan dengan zat besi, memicu adanya gangguan penyerapan mineral penting pada saluran pencernaan.

Jika hal ini terjadi, maka dapat mengakibatkan bahaya yang berupa defisiensi zat besi. Ternyata terlalu berlebihan mengkonsumsi teh juga dapat memicu rasa cemas dan gelisah bahkan juga susah tidur. Hal ini karena dalam teh terkandung kafein yang dapat menghambat produksi hormon melatonin.

Demikianlah bahaya minum teh panas untuk kesehatan yang perlu kita waspadai. Dengan demikian, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya saat minum teh kita tunggu minuman tersebut menjadi hangat sebelum menyeruputnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *