Health  

5 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Terbaik

aplikasi konsultasi kesehatan mental terbaik
Ilustrasi

Aplikasi konsultasi kesehatan mental sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena berbagai macam faktor. Tentu tujuannya untuk mengontrol stress yang dialaminya akibat lingkungan yang toxic atau lainnya.

Terlebih lagi Aplikasi ini juga diperlukan supaya orang-orang tidak mudah mendiagnosa penyakit mental yang dialaminya tanda dasar pengetahuan yang cukup

Menurut riset kesehatan mental Indonesia (RISKESDAS) 2013, dari 250 juta populasi masayarakat Indonesia 3,7 persen atau 9 juta populasi mengalami depresi

Lalu Sekitar 6% (14 juta) orang berusia 15 tahuan ke atas menderita gangguan mood (suasana hati) seperti depresi dan kecemasan. Sekitar 1,7 per 1000 orang menderita gangguan psikologis kronis, seperti skizofrenia.

Dengan merujuk data tersebut, konsultasi kesehatan menjadi penting. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan aplikasi konsultasi kesehatan mental terbaik

Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Terbaik

Berikut ini 5 aplikasi konsultasi kesehatan mental terbaik yang bisa Anda jadikan referensi untuk konsultasi tentang kesehatan:

1. Psikologimu

Aplikasi kesehatan mental pertama yang bisa Anda coba adalah Psikologimu. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mewadahi tempat konsultasi kesehatan mental.

Hal ini karena menurut berbagai data, kesehatan mental menjadi salah satu masalah krusial akhir-akhir ini khususnya di kalangan pemuda.

Dengan aplikasi ini, Anda akan menemukan orang yang tepat untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan mental yang Anda alami.

Fitru yang tersedia dalam aplikasi ini berupa artikel dan video yang bisa dijadikan tempat belajar mengenai kesehatan mental.

Selain itu, ada fitur penting dari aplikasi yaitu fitur konsultasi dengan psikologi professional melalui chating.

Sayangnya konsultasi kesehatan mental di aplikasi Psikologimu tidak gratis. Anda harus membayar Rp 75 ribu untuk konsultasi dengan durasi 1 jam.

2. Bicarakan.id

Aplikasi kedua uang bisa Anda gunakan adalah Bicarakan.id. Aplikasi ini mengusung konsep storytelling kepada konselor yang ramah, punya pengetahuan luas dan tidak akan menyalahkan Anda.

Melalui fitur tersebut, Anda bisa bercurhat menyampaikan keluh kesah yang sedang Anda rasakan. Tenang saja, pihak aplikasi akan menjaga privasi data diri Anda.

Tetapi untuk melakukan konsultasi di aplikasi Bicarakan.id Anda akan dikenai biaya yang bermacam-macam.

Tarif umumnya adalah Rp 189 ribu untuk satu kali konsultasi disertai garansi uang kembali 100% apabila Anda merasa tidak nyaman saat sesi konseling.

Selain itu, ada fitur gratis dari aplikasi Bicarakan.id yaitu podcast tentang kesehatan mental yang diisi oleh eks klien Bicarakan.id dengan membuat status mereka anonym.

3. Riliv

Aplikasi kesehatan mental berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah Riliv. Aplikasi ini menawarkan berbagai layanan kesehatan mental.

Dari konseling dan meditasi hingga artikel untuk membantu Anda memahami kesehatan mental Anda secara lebih mendetail.

Di dalam aplikasi Riliv juga terdapat beberapa jurnal yang sangat praktis dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mental.

Beberapa jurnal tersebut seperti Sleep Journal, Know Yourself Today, Wake Up From Anxiety and Fear, dan masih banyak lagi.

Harga konsultasi yang ditawarkan oleh Riliv juga sangat bervariasi. Salah satu paket yang tersedia adalah paket perkenalan seharga Rp 100.000 untuk satu sesi dengan durasi konsultasi teks 60 menit per sesi.

4. Sahabatku

Aplikasi Sahabatku juga menyediakan layanan konsultasi kesehatan mental. Di dalamnya berisi fitur berupa artikel, video, kuis dan konsultasi online.

Aplikasi yang memiliki ukuran 31 MB mempunyai slogan ‘A Friend in Need is a Friend Indeed’ menyediakan jasa konsultasi kesehatan mental secara gratis tetapi Anda harus menunggu giliran konsultasi karena banyak pendaftar.

5. Halodoc

Rekomendasi aplikasi kesehatan mental terakhir adalah Halodoc. Sepertinya aplikasi ini  sudah tidak asing di telinga pembaca.

Aplikasi ini bisa dibilang sebagai aplikasi yang lengkap karena tidak hanya menyediakan layanan konsultasi kesehatan fisik melainkan juga menyedikan untuk kesehatan mental.

Halodoc menyediakan kuis online untuk mengukur sejauh mana Anda mengalami kesehatan mental atau kesehatan mental apa yang Anda alami.

Setelah mengisi kuis yang diminta Anda akan menerima terapi online dan diagnosa penyakit kesehatan oleh psikologi klinis.

Aplikasi sangat direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan konsultasi karena aplikasi ini memiliki kerjasama dengan pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Selain itu, Anda bisa membaca artikel kesehatan mental untuk menambah pengetahuan. Dan perlu juga diketahui bahwa konsultasi di Halodoc kecuali konsultasi kesehatan yang dikenai biaya minimal Rp 50 ribu.

Semoga rekomendasi aplikasi konsultasi kesehatan mental diatas dapat membantu Anda menjadi lebih baik dan tidak terlalu terbebani dalam menjalankan kehidupan. Semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *