Health  

Makanan Penambah Imun Diabetes

Makanan Penambah Imun Diabetes yang Dibutuhkan Tubuh
Bawang bombay

Makanan penambah imun- Sistem kekebalan atau imun tubuh yang kuat sangat diperlukan dan menjadi hal penting di tengah wabah Corona seperti sekarang, khususnya bagi penderita diabetes.

Diabetes sendiri adalah suatu kondisi kronis menyerang imun tubuh. Sehingga makanan penambah imun diabetes pun dibutuhkan.

Makanan penambah imun ini adalah cara lain dari booster sistem imun. Gaya hidup sehat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dibutuhkan, misalnya seperti tidur cukup, olahraga rutin, serta mengurangi stres. Memperhatikan asupan makanan perlu dilakukan supaya badan tetap sehat & fit.

Daftar Makanan Penambah Imun Diabetes

Adapun beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh khususnya bagi penderita diabetes saat pandemi di antaranya:

1. Bawang Bombay dan Bawang Putih

Bawang bombay dan bawang putih ternyata kaya akan antioksidan yang dapat melawan bakteri & virus, selain menambah cita rasa pada makanan.

Selain itu, kedua bawang ini juga memiliki kandungan senyawa untuk mendukung sistem detoksifikasi tubuh secara alami.

Jadi bawang bombay dan bawang putih  dapat dikatakan sangat baik untuk dijadikan pilihan makanan penambah sistem kekebalan tubuh bagi penderita diabetes.

2. Berbagai Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi terdapat banyak macamnya, misalnya seperti tempe, kimchi, dan yogurt. Makanan fermentasi tersebut mengandung bakteri-bakteri baik yang aktif. Bakteri tersebut pun dapat melindungi tubuh dari terkena infeksi.

Bakteri baik bahkan mendukung sistem imun tubuh hingga 75%. Oleh karena itu, makanan fermentasi menjadi salah satu makanan penambah imun yang bagus untuk tubuh. Cobalah membiasakan diri mengkonsumsi makanan fermentasi ini setiap hari.

Baca juga  Makanan yang Dapat Membantu Tumbuh Kembang Otak Anak, Ini Daftarnya!

3. Paprika

Paprika adalah makanan sumber vitamin C lainnya yang dapat membantu dalam hal membasmi radikal bebas dari tubuh. Secangkir potongan paprika saja ternyata mengandung 130% dari rekomendasi asupan harian vitamin C.

Paprika memiliki dampak cukup minim untuk gula darah, karena termasuk jenis sayuran non tepung. Jadi paprika pun bisa dijadikan pilihan yang baik bagi penderita diabetes sebagai penambah imun.

4. Sup Ayam

Ayam memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi, yang penting untuk memproduksi sistem imun serta reaksi kimia lainnya di dalam tubuh dalam meningkatkan respon terhadap imun.

Pastikan untuk memakai kaldu ayam buatan sendiri ketika hendak membuat sup ayam.

Kaldu ayam buatan sendiri tersebut dapat dibuat dari rebusan tulang ayam dengan kandungan nutrisi peningkat sistem imun serta meningkatkan kesehatan usus.

5. Buah Jeruk

Vitamin C dikenal banyak orang dengan khasiat untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini diperlukan tubuh dalam melawan infeksi.

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk bali adalah sumber vitamin C yang baik bagi tubuh.

Jadi jeruk dapat dikonsumsi sebagai sumber makanan penambah imun diabetes. Tapi perlu diingat bahwa hindari mengkonsumsi jeruk dalam bentuk berupa jus. Hal ini karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

6. Teh

Teh juga mengandung nutrisi yang banyak untuk meningkatkan sistem imun, selain enak dikonsumsi ketika sedang sakit tenggorokan.

Semua teh mengandung flavonoid (antioksidan kuat bisa untuk melawan radikal bebas dalam tubuh), baik teh hijau, teh hitam, atau teh jenis lainnya.

Teh jahe pun dapat menjadi pilihan tepat, karena jahe memiliki manfaat berupa menurunkan kadar gula darah dan menurunkan inflamasi. 

7. Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Vitamin E adalah nutrisi lainnya yang penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Biji-bijian maupun kacang seperti kacang merah, dan lainnya merupakan sumber vitamin E.

Baca juga  Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Imunitas Anda

Selain itu juga terdapat kandungan lemak sehat di dalamnya. Sehingga sangat baik untuk gula darah tubuh.

Berbagai makanan penambah imun diabetes yang sudah disebutkan di atas dapat dijadikan sebagai referensi untuk pemilihan makanan tepat.

Jangan sampai memilih makanan secara sembarangan, agar gula darah tidak naik maupun memperparah kondisi kesehatan bagi penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *