Health  

Cara Meningkatkan Imun Yang Efektif Dan Mudah

Cara Meningkatkan Imun Yang Efektif Dan Mudah
Cara Meningkatkan Imun Yang Efektif Dan Mudah

Daya tahan tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga agar bisa beraktivitas dengan lebih nyaman dan optimal. Untuk itu memahami cara meningkatkan imun yang tepat perlu diketahui dengan baik.

Sistem imunitas menjadi benteng pertahan pertama untuk melindungi diri dari serangan virus dan kuman.

Bila kemampuan daya tahan tubuh semakin kuat, kuman yang berusaha menyerang bisa dikalahkan sehingga tubuh dapat terhindari berbagai infeksi maupun penyakit.

Beberapa upaya meningkatkan sistem pertahanan tubuh harus dilakukan secara konsisten agar bisa memberikan manfaat terbaik.

Berikut Cara Meningkatkan Imun Yang Harus Dilakukan

Kondisi mental yang kurang stabil juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya sistem imun. Untuk itu, mental dan fisik harus dijaga dengan baik agar bisa bekerja dengan lebih selaras dan seimbang.

Serangkaian upaya harus dijadikan sebagai rutinitas dan dilakukan secara berkelanjutan agar mampu mendukung sistem perkembangan imun agar semakin kuat. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Istirahat cukup

Menjaga kualitas tidur merupakan hal yang penting dilakukan untuk dapat menjaga daya tahan tubuh. Kurangnya waktu tidur bisa membuat tubuh menjadi rentan terkena berbagai jenis penyakit.

Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki kualitas tidur yang baik sesuai dengan usia. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari, sedangkan remaja membutuhkan waktu tidur selama 8-10 jam per hari.

2. Berolahraga secara rutin

Olahraga secara teratur dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Pilihlah olahraga yang sederhana dan sesuai kemampuan seperti berjalan kaki, lari, bersepeda dan lain sebagainya.

Baca juga  Apa Itu Clean Eating ! dan Bagaimana Penerapannya

Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari atau minimal 3x dalam seminggu. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, olahraga rutin membantu tubuh tetap bugar secara fisik dan juga mental.

3. Mengonsumsi suplemen

Untuk menambah asupan vitamin dalam tubuh, hal yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi suplemen tambahan. Hal ini membantu sistem kekebalan tubuh agar mampu bekerja secara lebih optimal untuk menangkal serangan virus dan kuman.

Mungkin saja makanan yang dikonsumsi memiliki nutrisi yang masih kurang, sehingga membutuhkan suplemen untuk melengkapinya. Beberapa suplemen yang mengandung vitamin D, C dan Echinacea merupakan yang paling tepat untuk meningkatkan sistem imun.

4. Makan makanan bergizi

Cara utama yang harus dilakukan untuk menjaga imunitas adalah mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin, protein, antioksidan dan mineral agar dapat memenuhi nutrisi harian secara optimal.

Beberapa makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah sayur, ikan, susu, buah, biji-bijian, telur dan lain sebagainya.

5. Kelola stres

Pikiran stres dapat menjadi salah satu sumber penyakit jika tidak bisa dikontrol dengan baik. Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat menurunkan sistem daya tahan tubuh. Stres berat mampu menyebabkan berbagai gangguan seperti kecemasan atau depresi.

Untuk itu cobalah mengelola stres dengan baik agar suasana hati menjadi lebih tenang dan pikiran pun menjadi lebih positif. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres adalah bercerita dengan orang lain, berolahraga, menjalani hobi dan lainnya.

6. Berjemur

Sinar matahari bisa membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang sesuai sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan secara lebih optimal. Tak heran jika salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas adalah berjemur.

Baca juga  Manfaat Terapkan Budaya Hidup Sehat

Berjemurlah di pagi hari sekitar pukul 09.00 – 10.00 untuk mendapatkan sinar matahari terbaik. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin selama 3x dalam seminggu.

Cara meningkatkan imun sebenarnya cukup sederhana untuk dilakukan. Melakukannya secara rutin dapat memberikan efek jangka panjang untuk tubuh.

Selain kondisi fisik dapat terpelihara dengan baik, kondisi mental pun akan terasa lebih fresh untuk mendukung peningkatan produktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *