Kartu Kredit Adalah : Definisi dan Manfaat

Kartu Kredit: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakan
Ilustrasi Kartu Kredit (Photo by CardMapr on Unsplash)

Kartu kredit adalah suatu alat pembayaran non-tunai yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi di awal tanpa harus isi saldo terlebih dahulu. Tapi pengguna wajib membayar total tagihannya di awal bulan atau sesuai ketentuan penyedia kartu kredit.

Kartu ini bisa menjadi alternatif tepat bagi nasabah yang ingin berbelanja terlebih dahulu dan membayar belakangan. Apalagi, penyedia kartu kredit juga sering memberikan diskon spesial, sistem cicilan yang ringan, dan banyak kemudahan lain. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut.

Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran kredit untuk memperoleh berbagai kebutuhan. Mulai dari barang, jasa, hingga tarik tunai sesuai limit kredit yang telah ditentukan. Nantinya, pemegang kartu diwajibkan mengangsur total tagihannya disertai nilai bunga tertentu.

Umumnya, penyedia kartu kredit adalah lembaga perbankan atau perusahaan swasta. Masing-masing perusahaan punya kebijakan tersendiri untuk menentukan syarat pemegang kartu kredit, batas kredit, tingkat bunga, serta ketentuan lainnya yang berlaku.

Manfaat dan Kelebihan Kartu Kredit

Bisa dibilang, kartu kredit adalah solusi hutang secara lebih praktis, namun tetap sistematis dan bertanggung jawab. Kartu ini juga punya banyak manfaat dan kelebihan lainnya untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, diantaranya:

1. Memudahkan Anggaran Pengeluaran

Biasanya banyak orang yang malas atau sering terlupa mengelola anggaran belanja setiap bulannya. Tapi dengan menggunakan kartu kredit, maka pengguna bisa mendapatkan laporan pengeluaran bulanan secara otomatis dan terperinci. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk bahan evaluasi keuangan.

Baca juga  4 Tips dalam Mengambil Cicilan BNI Kartu Kredit

2. Memudahkan Pembayaran Berbagai Tagihan Bulanan

Kartu kredit biasanya juga dilengkapi fasilitas pembayaran berbagai jenis tagihan bulanan. Mulai dari tagihan air, listrik, telepon, hinga TV kabel. Nasabah juga akan terhindar dari keterlambatan membayar. Karena semua tagihan tersebut akan dikirim bersamaan dengan tagihan kartu kredit per bulannya.

3. Memudahkan Belanja Online

Bagi pengguna yang suka bertransaksi online juga akan lebih dimudahkan oleh hadirnya kartu kredit. Saat ingin check out barang tertentu, cukup pilih metode pembayaran dengan kartu kredit. Kemudian masukkan nama, nomor kartu, kode verifikasi (CVC/ CVV), serta masa kadaluarsanya.

4. Memudahkan Transaksi di Luar Negeri

Jika nasabah memiliki kartu kredit yang dilengkapi label visa dan mastercard, maka transaksi di luar negeri pun jadi lebih mudah. Pengguna juga tidak perlu lagi menukar uang ke mata uang negara tujuan. Cukup gunakan kartu kredit untuk berbelanja semua kebutuhan di luar negeri, lalu bayar tagihannya nanti.

5. Alternatif dalam Kondisi Darurat

Kadang ada kondisi darurat yang mengharuskan kita membayar tagihan tertentu, tapi saldo tabungan tidak cukup. Dengan kartu kredit, pengguna tidak perlu merisaukan hal itu. Karena pemegang kartu kredit bisa bertransaksi terlebih dahulu dan membayarnya di akhir. Bahkan, nasabah juga bisa tarik tunai melalui cash advance.

6. Sistem Angsuran yang Praktis

Sebenarnya kartu kredit ini hampir sama dengan kartu debit atau ATM. Akan tetapi, jika menggunakan kartu debit harus menabung terlebih dulu. Sementara jika kartu kredit tak perlu. Nasabah bisa belanja terlebih dahulu dan membayar tagihannya belakangan dengan sistem cicilan.

7. Banyak Promo Spesial

Beberapa kartu kredit biasanya juga memberikan berbagai diskon spesial untuk para penggunannya.  Baik diskon langsung atau melalui kerjasama dengan merchant-merchant tertentu. Sehingga pengguna bisa berbelanja dengan harga lebih hemat.

Baca juga  5 Contoh Kartu Kredit Bank Ternama di Indonesia

Cara Mendapatkan Kartu Kredit

Cara memperoleh kartu kredit sangatlah mudah. Calon nasabah bisa langsung mendaftar ke bank atau perusahaan terpercaya. Sebelumnya, simak syarat, kelengkapan administrasi, serta tata cara memperoleh kartu kredit berikut ini.

1. Syarat Umum

Setiap bank dan perusahaan kartu kredit menetapkan syarat yang berbeda-beda bagi nasabahnya. Tapi umumnya mereka memberlakukan beberapa syarat yang telah ditentukan Bank Indonesia sebagai berikut:

  • Minimal berusia 21 tahun dan telah menikah
  • Punya penghasilan sedikitnya Rp3 juta per bulan
  • Pengguna bergaji Rp3-10 juta maksimal mendaftar kartu kredit dari 2 penerbit dengan total plafon maksimal 3 kali penghasilan bulanan.

2. Kelengkapan Administrasi 

Umumnya, bank atau perusahaan kartu kredit mengharuskan pengguna melengkapi beberapa berkas administratif. Mulai dari fotokopi KTP, NPWP, hingga slip gaji atau surat keterangan penghasilan. Kemudian, pengguna juga akan diminta mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

3. Cara Mendaftar

Cara mendaftar kartu kredit sangatlah mudah. Nasabah bisa mendaftar secara online melalui website bank atau perusahaan kartu kredit yang ingin dituju. Atau langsung datang ke kantor cabangnya untuk mendaftar secara langsung.

Nantinya, nasabah akan diminta mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas administratif yang dibutuhkan.

Jika telah disetujui, tunggu kartu kreditnya jadi dan pengguna pun bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari belanja online, bayar tagihan bulanan, hingga tarik tunai.

Kartu kredit adalah adalah alternatif pembayaran non-tunai yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi tanpa harus menabung terlebih dahulu. Total tagihannya cukup dicicil secara bulanan dengan tingkat bunga yang berbeda-beda dari setiap bank atau perusahaan penerbitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *