Bisnis  

Inilah Peluang Bisnis Masa Pandemi

Menilik Peluang Bisnis Dalam Masa Pandemi, Anda juga Pasti Bisa Melakukannya
Menilik Peluang Bisnis Dalam Masa Pandemi, Anda juga Pasti Bisa Melakukannya

Peluang bisnis masa pandemi- Tidak bisa ditampik jika pandemi Covid-19 menjadi permasalahan global yang dirasakan semua orang karena mengharuskan semua orang memiliki keterbatasan kontak fisik dengan orang lain.

Adanya physical distancing atau pembatasan kontak fisik membuat hampir semua jenis usaha terdampak tak terkecuali bagi pelaku usaha UMKM.

Tentunya kondisi ini harus dipikirkan untuk dicari jalan keluarnya agar para pelaku usaha ini tetap bisa bertahan.

Usaha rumahan bisa dijadikan alternatif dengan tetap menjalankan usaha sembari mematuhi peraturan physical distancing. Karenanya harus bisa memanfaatkan teknologi terutama dalam hal pemasaran dan pengantaran.

Yuk, sobat Mibi simak apa saja peluang bisnis masa pandemi melalui usaha rumahan yang bisa dilakukan di masa pandemi.

1. Usaha Masker, Hand Sanitizer dan Multivitamin

Masker sudah menjadi kebutuhan pokok di kala pandemi, utamanya untuk melindungi agar setiap orang tidak menularkan droplet ketika sedang batuk atau bersin. Masker juga bisa dijadikan penutup mulut dan hidung dari debu dan kotoran lainnya.

Begitu juga hand sanitizer dipakai untuk membersihkan tangan yang mudah dibawa kemana-mana, dikalau tidak mudah mencari air bersih dan sabun.

Usaha ini tentunya bisa dilakukan dirumah dengan memasarkan di beberapa portal media sosial, WhatsApp dan lainnya.

Bisa juga diberikan layanan antar sampai ke tempat dengan menggunakan jasa transportasi online seperti Gojek, Grab dan lainnya.

2. Usaha Jasa Pengantaran

Pandemi membuat banyak orang lebih memilih didalam rumah ketimbang harus keluar kalau tidak benar-benar darurat, jadi bisnis pengantaran bisa jadi pilihan yang cerdas.

Baca juga  5 Waralaba Non Kuliner untuk Tambahan Penghasilan Anda

Jasa pengantaran bisa menggunakan laman Facebook, Instagram, Line, WhatsApp dan aplikasi lainnya supaya banyak dikenal dan diketahui tanpa repot-repot membuat pamflet, spanduk atau selebaran.

Tentunya harus punya motor sendiri yang bisa dimodifikasi dengan menaruhkan box atau kotak di bagian belakang untuk dijadikan tempat penyimpanan.

Selain jasa pengantaran barang, bisa juga pengantaran orang, utamanya mengantar anak-anak sekolah mengingat untuk saat ini level PPKM sudah turun sampai level 1-2 yang sudah memperbolehkan pembelajaran tatap muka.

3. Usaha Catering

Usaha makanan atau catering juga bisa dipertimbangkan sebagai peluang. Targetnya kepada keluarga-keluarga yang enggan atau membatasi keluar rumah untuk berbelanja harian, sehingga untuk memenuhi kebutuhan makanan bisa pesan makanan jadi.

Catering bisa dilakukan dirumah dengan membuat aneka menu bermacam-macam setiap harinya, agar pelanggan merasa tidak jenuh. Apalagi menu yang ditawarkan bernilai gizi tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Blogging dan Content Writing

Jadikanlah hobi anda sebagai penghasilan anda. Pernyataan ini mengandung arti jika anda memang mempunyai hobi untuk membuat konten apapun, entah dalam bentuk video atau tulisan bisa dijadikan sumber penghasilan baru.

Bisa membuat video tentang makanan, tips tentang membetulkan motor, atau video travelling yang sudah lama dilakukan atau sebagainya.

Untuk menulis juga bisa menulis tentang catatan perjalanan/travelling, pekerjaan sehari-hari, catatan pengalaman, menulis cerpen dan sebagainya.

Jika tulisan-tulisan dirasa bagus semisal cerpen, maka bisa dikirimkan ke beberapa portal berita Kompas, Detik, Geotimes, Mojok.

Disediakan honorarirum yang layak untuk setiap esai yang ditampilkan sesuai dengan tarifnya masing-masing.

5. Usaha Makanan beku

Dengan semakin sedikitnya orang keluar rumah, maka anda bisa berjualan untuk menjual makanan beku dirumah atau frozen food.

Frozen food bisa dipilih karena praktis, tidak harus membeli banyak bahan makanan, cukup hanya digoreng atau dikukus sudah siap untuk dimakan. Pengantaran juga bisa dilakukan dengan jada pengantaran barang online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *