Bebas Finansial di Usia Muda dengan FIRE (Financial Independence and Early Retirement)

  • Share
Bebas Finansial di Usia Muda dengan FIRE (Financial Independence and Early Retirement)
Photo by Gustavo Fring from Pexels

Bebas finansial di usia muda Apa yang terbayang ketika mendengar kata pensiun? Bayangan kebanyakan orang pasti terbayang orang yang telah berusia 58 tahun ke atas yang sudah tidak lagi menjadi karyawan atau pegawai di tempatnya bekerja

Banyak orang terjebak dalam pola pikir pensiun yang didasarkan pada usia. Pensiun bukanlah usia namun berkaitan dengan angka finansial

Tidak ada undang-undang yang mengharuskan anda bekerja sampai usia 58 tahun, kalau anda bisa pensiun pada usia 30-an atau 40-an tahun kenapa harus menunggu pensiun usia 58 tahun?

Tetapi apakah bisa pensiun pada usia 30-an atau 40-an tahun?

Kalau yang anda bayangkan pensiun dengan berhenti bekerja dan anda akan mendapatkan uang pensiun yang dibayar perbulan atau sekaligus dari tempat kantor atau instansi anda maka bukan itu yang dimaksud karena untuk seperti itu anda harus menunggu usia minimal 58 tahun

Tetapi, pensiun yang dimaksud disini adalah berhenti bekerja di usia muda dengan kondisi finansial yang mapan dan anda bebas melakukan apa yang anda sukai seperti mengembangkan hobi, menikmati hidup tanpa harus terikat dengan jam kantor kerja

Inilah yang dimaksud dengan gerakan FIRE

Jadi, Apa itu F.I.R.E?

FIRE. singkatan dari Financial Independence and Early Retirement. Tujuannya adalah untuk menabung dan berinvestasi secara agresif—antara 50–75% dari penghasilan Anda—sehingga Anda dapat pensiun di usia 30-an atau 40-an.

Anda harus menabung setidaknya setengah dari penghasilan Anda dan berinvestasi. Untuk mewujudkannya ada dua hal yang perlu dilakukan yaitu mengontrol pengeluaran dengan sangat rendah dan mencari cara untuk meningkatkan pendapatan

Ide umumnya adalah bahwa semakin tinggi pendapatan Anda dan semakin rendah pengeluaran Anda, semakin cepat Anda dapat mencapai kemandirian finansial.

Ketika telah mencapai tujuan FIRE, bukan berarti anda hanya duduk dipinggir pantai dan tidak bekerja sama sekali, anda bisa bekerja tetapi tidak harus bekerja penuh waktu jika Anda tidak mau.

Anda dapat mengurangi ke pekerjaan paruh waktu atau berhenti bekerja sama sekali. Tergantung pada pilihan anda.

Bagaimana mewujudkan FIRE?

Untuk mewujudkan FIRE ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, yaitu:

1. Buatlah rencana untuk masa pensiunmu

Mulailah buat rencana di usia berapa anda ingin pensiun? Jika saat ini berusia 30 tahun, anda bisa merencanakan 15 tahun lagi atau usia 45 tahun anda akan berhenti bekerja atau pensiu

Dengan rencana dan target yang jelas akan menjadikan anda lebih focus dan memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkan apa yang diinginkan

2. Temukan Cara untuk Menjaga Pengeluaran Anda Tetap Rendah

Pahami antara kebutuhan dan keinginan, catat semua pengeluaran dengan begitu anda akan mengetahui pengeluaran mana yang bisa ditekan atau bahkan dihilangkan

Menyimpan beberapa rupiah dari pengeluaran yang tidak begitu dibutuhkan akan meningkatkan tabungan atau investasi anda

Dan ini akan membantu anda mendapatkan kemajuan serius dari tujuan pensiun muda yang telah anda rencanakan

3. Cari Cara untuk Meningkatkan Penghasilan Anda

Tidak ada jalan lain. Jika Anda ingin pensiun dini—atau sangat dini—Anda harus kreatif menemukan cara untuk menghasilkan uang ekstra.

Anda bisa pindah karir yang menawarkan pendapatan tinggi. Atau bisa juga memiliki pekerjaan sampingan yang ingin Anda ubah menjadi bisnis kecil di malam hari dan akhir pekan.

4. Jadikan Menabung dan Berinvestasi sebagai Prioritas

Jika Anda ingin pensiun dini, Anda harus menabung dan berinvestasi. Menyisihkan 50%  dari pendapatan memang terlihat besar bagi kita. Namun itu tidak apa-apa.

Itulah mengapa disarankan dengan menginvestasikan 15% dari pendapatan Anda ke dalam tabungan pensiun setelah Anda melunasi semua utang konsumen Anda dan menghemat biaya 3–6 bulan dalam dana darurat yang didanai penuh.

Kuncinya adalah membiasakan diri menabung dan berinvestasi setiap bulan. Ketika Anda melakukan itu, multiple compound bekerja untuk Anda, bukan melawan Anda.

FIRE tidak cocok Untuk Semua Orang

Hambatan besar pertama untuk mengikuti F.I.R.E yakni anda harus memiliki pendapatan yang besar (dan kami maksudkan besar).

Tidak peduli berapa banyak Anda mengurangi gaya hidup Anda, itu akan membutuhkan penghasilan besar untuk memiliki kemampuan menabung yang cukup untuk pensiun sebelum ulang tahun ke-40 Anda.

Namun hal itu seharusnya tidak membuat Anda patah semangat untuk membangun kekayaan—siapa pun bisa melakukannya.

Dalam beberapa studi menemukan bahwa sepertiga jutawan tidak pernah memiliki pendapatan rumah tangga enam digit dalam satu tahun. Dan rata-rata jutawan bekerja, menabung, dan berinvestasi selama rata-rata 28 tahun sebelum mencapai angka $ 1 juta

Apa pun jenis karier atau gaji yang Anda miliki saat ini, jangan terkecoh dengan mitos bahwa Anda membutuhkan pekerjaan bergaji tinggi untuk membangun kekayaan yang Anda butuhkan untuk menikmati masa pensiun tanpa rasa khawatir. Siapapun bisa menjadi jutawan—hanya butuh sedikit waktu.

Peta Jalan Menuju Pensiun Dini

Apakah tujuan Anda adalah pensiun pada usia 65 atau 35 tahun, Anda memerlukan rencana. Anda harus tahu berapa banyak uang yang harus Anda simpan untuk pensiun saat Anda mau—dan berapa banyak yang harus Anda tabung setiap bulan untuk mencapainya.

Step by step ini akan membantu Anda menuju pensiun dini:

Langkah 1: Keluar dari Hutang dan Selesaikan Dana Darurat Anda

Hutang menjadi hambatan kebanyakan para pekerja muda dari berinvestasi untuk pensiun. Itu sebabnya Anda harus fokus. Potong kartu kredit itu dan serang hutang Anda dengan semua yang Anda miliki.

Setelah Anda terbebas dari utang dan sebelum Anda mulai berinvestasi untuk masa pensiun, inilah saatnya untuk membangun dana darurat.

Ketika Anda memiliki cukup uang di rekening tabungan untuk menutupi biaya 3–6 bulan, Anda tidak perlu khawatir tentang AC yang rusak atau ban kempes yang menggagalkan rencana investasi Anda.

Langkah 2: Investasikan 15% Ke Akun Pensiun

Inilah bagian yang menyenangkan! Sekarang Anda siap untuk mulai menabung untuk masa pensiun. Mulailah dengan menabung 15% dari pendapatan kotor Anda setiap bulan dalam rencana pensiun dan pastikan untuk menginvestasikan uang pensiun Anda di reksadana dengan rekam jejak yang bagus.

Langkah 3: Simpan untuk Perguruan Tinggi Anak Anda dan Bayar Hipotek Anda Lebih Awal

Memiliki anak-anak? Jika demikian, saatnya untuk mulai menabung untuk dana kuliah mereka. Ini penting karena akan membantu memberi mereka awal yang baik untuk menutupi biaya kuliah (dan menempatkan mereka di jalur menuju kelulusan tanpa hutang).

Saat Anda melakukan itu, lakukan intens untuk melunasi rumah Anda lebih awal. Ini adalah tujuan besar yang akan memberi Anda momentum menuju pensiun dini!

Langkah 4: Berinvestasi Lebih Dari 15%

Sekarang setelah Anda memiliki dana kuliah kesayangan kecil Anda dan rumah yang dibayar, Anda benar-benar dapat mulai membuat kemajuan pada tujuan pensiun dini Anda.

Saat Anda merencanakan impian pensiun Anda, tetapkan target usia pensiun dan cari tahu berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk hidup.

Seperti tujuan keuangan lainnya, hitung-hitungan itu mudah dan yang lainnya membutuhkan banyak akal, ketekunan, dan kesabaran.

Bebas finansial di usia muda dapat diwujudkan oleh mereka yang punya niat sungguh-sungguh Seperti yang dikatakan Thames, Anda dapat memulai tujuan Anda kapan saja dan kemudian bergerak maju.

Seberapa cepat Anda akan mencapai tujuan Anda akan bergantung pada tiga variabel dasar tersebut: pendapatan, pengeluaran, dan waktu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *