Cara Membangun Kekayaan Generasi Bagi Anak dan Cucu

  • Share
Cara Membangun Kekayaan Generasi Bagi anak dan Cucu
Ilustrasi keluarga bahagia

Anda mungkin pernah mendengar istilah ‘kekayaan generasi’ dan berpikir, “Wow, kedengarannya penting.” Tetapi pada saat yang sama, Anda mungkin masih disibukkan dengan masalah yang lebih mendesak. Misalnya, Anda mungkin fokus untuk keluar dari utang, menabung, atau mengejar tujuan keuangan lainnya.

Mungkin menciptakan kekayaan generasi tidak ada dalam daftar prioritas langsung Anda saat saat ini. Tetapi dengan itu, Anda masih dapat membangunnya ke dalam tujuan keuangan jangka panjang Anda.

A. Jadi, apa itu kekayaan generasi?

Ini pada dasarnya adalah kekayaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Anda mungkin juga mendengar ini disebut kekayaan keluarga atau kekayaan warisan. Jika Anda dapat meninggalkan sesuatu untuk anak atau cucu Anda, maka Anda berkontribusi pada pertumbuhan kekayaan generasi dalam keluarga Anda.

Tentu saja, Anda mungkin meninggalkan banyak hal seperti kenangan indah dan genetika yang sehat untuk keluarga Anda. Namun, artikel ini secara khusus mengacu pada sumber daya keuangan yang dapat Anda wariskan.

Kekayaan ini bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti aset real estat, investasi pasar saham, atau pendidikan keuangan untuk dibawa ke masa depan.

B. Mengapa kekayaan generasi itu penting?

Jika Anda memulai dari awal dengan keuangan Anda atau memulai dengan beban utang yang besar, maka Anda harus menyadari pentingnya kekayaan generasi. Semakin Anda memikirkan kehidupan finansial Anda sendiri, semakin Anda menyadari betapa pentingnya kekayaan generasi.

Jika Anda memiliki anak atau berencana untuk memiliki anak, maka Anda mungkin mulai memikirkan bagaimana masa depan keuangan mereka. Bayangkan betapa berbedanya keadaan jika Anda meluangkan waktu untuk mendidik mereka tentang keuangan pribadi dan menyiapkan kendaraan untuk menambah keamanan bagi masa depan keuangan mereka sekarang.

C. Bagaimana membangun kekayaan generasi

Konsep membangun kekayaan generasi itu mudah. Anda hanya perlu memperoleh aset atau menyimpan uang tunai yang tidak ingin Anda belanjakan di masa pensiun. Kemudian Anda mewariskan aset-aset itu kepada anak-anak Anda ketika Anda meninggal.

Ini terdengar mudah dalam konsep tetapi bisa sulit untuk dipraktekkan. Jika Anda berjuang untuk membangun tabungan Anda, maka menabung untuk generasi berikutnya bisa terdengar luar biasa. Dan itu sepenuhnya bisa dimengerti!

Sangat penting untuk menentukan rencana tabungan pensiun Anda sendiri dan tujuan keuangan lainnya sebelum Anda mulai menabung untuk kekayaan generasi. Setelah Anda memiliki pegangan pada keuangan Anda saat ini untuk mendanai tahun-tahun emas Anda, maka inilah saatnya untuk mulai menabung lebih dari itu.

D. Jadi bagaimana Anda harus mulai menabung untuk kekayaan generasi?

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mulai bersiap meninggalkan warisan kekayaan untuk anak dan cucu Anda.

1. Berinvestasi di pasar saham

Pasar saham adalah bagaimana menciptakan kekayaan generasi dalam jangka panjang. Jika Anda bertujuan untuk membangun kekayaan generasi, maka itu adalah pilihan yang bagus karena memiliki potensi untuk terus tumbuh selama beberapa dekade.

Berinvestasi di pasar saham mungkin terdengar menakutkan jika Anda belum pernah mencobanya. Namun, ini adalah cara penting untuk membangun kekayaan dalam hidup Anda dan seterusnya.

Baca juga  Investasi Leher ke Atas dan Cara Mewujudkan Pengetahuan Menjadi Uang

2. Berinvestasi dalam real estat

Real estat adalah cara utama lain untuk membangun kekayaan untuk jangka panjang. Dengan potensi arus kas yang stabil selain meningkatkan nilai dari waktu ke waktu, real estat dapat menjadi jalan yang andal menuju kekayaan.

Gagasan membangun kerajaan real estat bisa jadi menakutkan. Tapi itu tidak harus! Anda mungkin sudah mengarungi dunia real estat melalui pembelian rumah pertama Anda. Jika Anda terus membeli properti satu per satu sepanjang hidup Anda, Anda mungkin akan terkejut melihat seberapa cepat portofolio real estat Anda dapat berkembang.

Pertimbangkan ini sebagai pilihan untuk membangun kekayaan bagi anak-anak Anda. Sebagai wawasan anda bisa baca di laman Menemukan Properti Untuk Investasi

3. Bangun bisnis untuk diwariskan

Bisnis keluarga memiliki potensi untuk sukses besar—lebih dari 30% bisnis milik keluarga beralih ke generasi kedua. Bayangkan bisa menyerahkan kunci bisnis yang sukses kepada anak-anak Anda.

Meskipun tidak semua bisnis keluarga berhasil sampai ke generasi kedua, mungkin saja bisnis Anda bisa. Jika minat dan kemampuan Anda sejalan dengan anak Anda, maka sangat mungkin mereka ingin mengambil alih bisnis yang Anda bangun.

Untuk peluang besar transisi yang sukses, Anda harus menyertakan anak Anda dalam bisnis sejak usia muda. Mereka perlu tahu bagaimana bisnis beroperasi dan bagaimana berhasil melanjutkan bisnis ini.

Jangan berharap mereka mengambil alih jika mereka tidak menunjukkan minat pada bisnis yang Anda bangun. Jika mereka tidak mampu atau tidak mau mengambil alih operasi, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual bisnis untuk mendanai kekayaan generasi dalam bentuk lain.

4. Manfaatkan asuransi jiwa

Asuransi jiwa memberikan kesempatan untuk melindungi keluarga Anda jika Anda meninggal sebelum waktunya. Tanpa penghasilan Anda, anak-anak Anda mungkin terpaksa berada dalam keadaan keuangan yang kurang ideal.

Jika Anda berusaha untuk berinvestasi dalam asuransi jiwa sekarang, maka hal itu dapat mencegah tragedi keuangan bagi anak-anak Anda. Plus, mereka sudah cukup untuk mengatasi jika mereka kehilangan Anda.

5. Investasikan dalam pendidikan anak Anda

Dalam banyak kasus, pendidikan dapat memberikan cara bagi anak-anak Anda untuk menghidupi diri mereka sendiri. Dengan gelar sarjana, banyak yang sering memiliki kesempatan untuk mengejar pekerjaan bergaji tinggi yang dapat membantu mereka menavigasi keuangan mereka sendiri.

Siapapun yang memiliki pendidikan akan selalu memiliki pendidikan itu. Meskipun hal-hal lain dalam hidup bisa datang dan pergi, tidak ada yang bisa mengambil pendidikan Anda.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membantu anak-anak Anda lulus kuliah tanpa hutang, maka Anda membantu menyiapkan mereka untuk masa depan keuangan yang lebih cerah daripada banyak teman sebaya mereka.

Berinvestasi dalam pendidikan anak Anda adalah cara menciptakan kekayaan generasi yang akan menyiapkan mereka untuk kesuksesan finansial!

6. Ajari anak Anda tentang keuangan pribadi

Diperkirakan 70% keluarga kehilangan kekayaan mereka pada generasi kedua. Dan 90% kehilangannya di yang ketiga! Dengan statistik seperti itu, tampaknya tidak ada gunanya menabung untuk warisan kekayaan. Namun, dalam banyak kasus, hilangnya kekayaan generasi dapat dicegah melalui pendidikan finansial.

Baca juga  Jalan Kaya yang Ditempuh Orang Terkaya di Dunia dan Inilah Rahasianya

Lagi pula, sangat mudah untuk kehilangan kekayaan generasi jika anak-anak Anda tidak memiliki pengetahuan keuangan pribadi. Itu seperti meminta anak Anda untuk memelihara mobil antik klasik setelah Anda meninggal tanpa mengajari mereka keterampilan mekanik apa pun. Kemungkinan mobil itu akhirnya akan mogok.

Dengan cara yang sama, jika Anda tidak mengajari anak-anak Anda tentang keuangan pribadi, kemungkinan kekayaan yang Anda tinggalkan untuk mereka akan berkurang sepanjang hidup mereka. Karena Anda tertarik untuk mewariskan kekayaan keluarga, kemungkinan besar Anda memiliki pemahaman yang cukup baik tentang keuangan pribadi.

Jadikan prioritas untuk mewariskan pengetahuan ini kepada anak-anak Anda. Pengetahuan ini akan menjadi cara terbaik untuk membangun dan melindungi kekayaan generasi.

Ada banyak cara untuk membicarakan topik uang dengan anak-anak Anda. Anda dapat membeli buku anak-anak tentang uang, mengajari mereka melalui permainan, atau menunjukkan kepada mereka dengan membiarkan mereka mendengarkan saat Anda membicarakan keputusan keuangan.

Anda bahkan dapat membantu mereka untuk membuat rekening bank sendiri sejak usia muda untuk menanamkan pentingnya menabung untuk masa depan.

7. Buat banyak aliran pendapatan

Ketika berbicara tentang bagaimana membangun kekayaan generasi, menciptakan banyak aliran pendapatan dapat membuatnya lebih mudah. Faktanya, rata-rata jutawan memiliki tujuh aliran pendapatan! Ada berbagai aliran pendapatan, tetapi salah satu yang terbaik dikenal sebagai pendapatan pasif.

Penghasilan aktif adalah saat Anda menukar waktu dengan uang, seperti pekerjaan atau pertunjukan sampingan. Penghasilan pasif adalah ketika Anda memperoleh dari aset Anda setelah set-up awal tanpa banyak waktu. Misalnya, properti sewaan, royalti buku, pinjaman peer-to-peer, dll.

Jadi, Anda memang harus bekerja di awal, tetapi begitu fondasi awal diletakkan, Anda terus mendapat penghasilan dari usaha Anda.

Jadi Anda bisa menulis buku dan terus mendapatkan penghasilan dari royalti bertahun-tahun kemudian atau membeli rumah untuk disewakan dan menghasilkan pendapatan sewa. Mulailah menyiapkan aliran pendapatan pasif untuk membangun kekayaan generasi!

8. Bayar diri sendiri dulu

Menyimpan uang untuk masa depan adalah kunci bagaimana menciptakan kekayaan generasi. Cara termudah untuk menghemat lebih banyak uang adalah dengan membayar diri sendiri terlebih dahulu. Misalnya, segera setelah Anda mendapatkan gaji, Anda menyetor uang ke tabungan dan investasi Anda sebelum hal lain.

Dengan cara ini, Anda tidak menghabiskan uang hasil jerih payah Anda, dan Anda dapat mengumpulkan tabungan Anda lebih cepat. Tentu saja, yang terbaik adalah mendapatkan uang dari uang Anda, jadi pastikan untuk menemukan rekening tabungan yang membayar bunga.

Anda harus secara serius mempertimbangkan untuk menginvestasikan sebagian dari tabungan Anda sehingga Anda dapat memperoleh pengembalian yang lebih tinggi dan pada gilirannya membangun kekayaan jangka panjang.

E. Bagaimana mewariskan kekayaan generasi

Sekarang Anda tahu cara membangun kekayaan generasi, tetapi Anda juga perlu membuat rencana untuk meneruskannya. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk memastikan kelancaran aset Anda saat beralih ke generasi berikutnya.

Baca juga  Penggunaan Kartu Kredit yang Bijak

a. Buat rencana Real Estate

Rencana real estate sangat penting untuk mengamankan transisi aset Anda dengan mudah. Semakin besar harta milik Anda, semakin rumit rencana ini.

Rencana real estate akan sangat bervariasi berdasarkan tujuan dan aset Anda. Dengan keahlian seorang profesional hukum, Anda dapat menyusun rencana yang memungkinkan aset Anda berpindah ke anak-anak Anda dengan sedikit sakit kepala.

b. Tulis surat wasiat

Surat wasiat mungkin disertakan dalam rencana warisan Anda, tetapi penting untuk membuatnya bahkan jika Anda tidak memiliki rencana warisan. Surat wasiat harus mencakup keinginan Anda yang sebenarnya. Semakin spesifik Anda tentang rencana Anda untuk setiap aset yang telah Anda kumpulkan, semakin baik.

Tanpa wasiat, tidak jarang hal-hal menjadi buruk di antara anggota keluarga yang masih hidup. Emosi tinggi karena mereka sudah kehilangan Anda. Anda dapat mencegah banyak keburukan dan trauma finansial dengan pedoman yang jelas dalam wasiat Anda.

c. Siapkan akun kustodian

Rekening kustodian adalah kendaraan penting untuk warisan keuangan apa pun yang ingin Anda bangun. Rekening kustodian adalah rekening investasi yang dapat Anda kendalikan untuk anak-anak Anda sampai mereka tidak lagi di bawah umur.

Anda dapat mendanai akun ini untuk anak-anak Anda untuk tujuan keuangan masa depan, seperti membayar biaya kuliah atau membeli rumah pertama mereka. Namun, mereka mungkin harus membayar pajak atas uang ini saat mereka menariknya.

Ada pro dan kontra untuk setiap opsi, tetapi Anda harus menentukan mana yang terbaik untuk Anda dan keluarga Anda.

d. Sebutkan penerima manfaat untuk akun Anda

Cara sederhana untuk memastikan bahwa akun Anda dengan mudah diteruskan ke generasi berikutnya adalah dengan memberi nama mereka sebagai penerima manfaat di akun Anda. Di sebagian besar akun, Anda dapat menyebutkan penerima.

Jika Anda meninggal, penerima akan menerima dana dengan sedikit usaha. Mungkin hanya perlu beberapa menit untuk menambahkan penerima manfaat yang Anda tuju ke akun Anda, tetapi ini dapat menghemat banyak waktu untuk keluarga Anda di kemudian hari.

F. Bangun kekayaan generasi untuk kesuksesan finansial Anda dan orang yang Anda cintai

Jadi begitulah cara membangun kekayaan generasi! Membangun kekayaan untuk bertahan selama beberapa generasi bukanlah hal yang mudah, tetapi ini adalah tugas mulia. Setelah Anda mengendalikan situasi keuangan Anda sendiri, menjaga masa depan keluarga Anda adalah langkah selanjutnya.

Luangkan waktu untuk menerapkan strategi membangun kekayaan yang berhasil untuk keluarga Anda. Tidak semua orang ingin berinvestasi di real estat atau membangun bisnis, jadi temukan sesuatu yang sesuai dengan situasi Anda.

Apa pun strategi yang Anda pilih, pastikan untuk mewariskan pengetahuan keuangan Anda kepada anak-anak Anda. Berbekal pengetahuan keuangan pribadi yang dapat Anda berikan, anak-anak Anda akan selangkah lebih maju dari permainan saat mereka memasuki dunia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *