Family Office Adalah : Pengertian dan Jenisnya

Family Office Adalah : Pengertian dan Jenisnya
Family Office Adalah : Pengertian dan Jenisnya (Photo by pixabay)

Di negara maju seperti Singapura, Hongkong, Abu Dabhi dan lainnya banyak individu yang memiliki tingkat kekayaan tinggi. Orang-orang kaya ini menyewa layanan jasa keuangan agar lebih praktis dalam urusan anggaran, pertumbuhan, pajak pada konsultan keuangan. Untuk mengetahui lebih lanjut simak Family Office Adalah : Pengertian dan Jenisnya

Apa itu Family Office ? 

Family Office adalah Perusahaan/firma manajemen kekayaan independen yang menawarkan solusi portofolio khusus dalam beragam alternatif bagi individu yang memiliki kekayaan bersih sangat tinggi seperti ekuitas swasta, utang swasta, real estat, dan lainnya termasuk warisan, merencanakan masa pensiun, atau mendiversifikasi investasi

Firma Family Office cocok untuk individu atau keluarga yang memiliki asset yang dapat diinvestasikan setidaknya $50 juta dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mentransfer kekayaan secara efektif antar generasi.

Family Office telah menjadi entitas yang semakin penting dalam dunia pengelolaan kekayaan, melayani kebutuhan unik individu dan keluarga dengan kekayaan bersih sangat tinggi. Firma Family Office menyediakan serangkaian layanan komprehensif, mulai dari manajemen investasi dan perencanaan properti hingga layanan pramutamu dan koordinasi filantropi, semuanya dengan tujuan melestarikan dan meningkatkan kekayaan generasi keluarga dari generasi ke generasi.

Jenis Family Office

Ada beberapa jenis Family Office, sebagaimana dikutip dari Investopedia berikut ini:

Traditional Family Office

Jenis Family Office Tradisional untuk mengelola kekayaan individu keluarga kaya. Biasanya jenis family office ini mempunyai staf ahli untuk melindungi dan mengembangkan kekayaan. Staf ahlinya bisa berupa penasihat keuangan, spesialis pajak, perencana properti, akuntan, dan lainnya.

Baca juga  Quick Time Versi Pertama Diluncurkan, Aksi 212 Desember dan Hari Penghapusan Perbudakan Internasional

Semuanya dipekerjakan oleh keluarga, sehingga tidak ada konflik kepentingan dengan produk dan layanan yang mungkin ditemukan jika mereka bekerja di lembaga keuangan lain. Tujuan utamanya adalah untuk melayani kebutuhan finansial keluarga yang berkepentingan.

Multi-Family Office

Multi Family Office adalah perusahaan yang mengelola kekayaan lebih dari satu keluarga. Ia menawarkan jenis layanan yang sama dengan yang ditawarkan family office tradisional. Berbagai pakarnya menyesuaikan solusi terkait kekayaan untuk kebutuhan keuangan dan rumah tangga setiap keluarga.

Selain manajemen investasi, hal ini mungkin melibatkan pembayaran tagihan, rencana transfer kekayaan, nasihat filantropis, pendidikan kekayaan, dan banyak lagi. Multi Family Office biasanya mengenakan persentase dari aset portofolio investasi yang dikelola untuk layanan mereka.

Biayanya lebih murah dibandingkan family office tradisional karena bekerja untuk lebih dari satu keluarga. Namun, sebagai akibatnya, sebuah keluarga mempunyai kendali yang lebih kecil terhadap penyedia layanan ini.

Outsourced Family Office

Family Office yang dialihdayakan adalah jaringan penyedia layanan yang berkolaborasi atas nama klien. Mereka diberi wewenang untuk berkonsultasi satu sama lain mengenai bisnis keuangan satu keluarga inilah yang membedakan mereka dari profesional lain yang memberikan layanan yang sama

Family Office yang dialihdayakan dapat menangani banyak masalah yang sama seperti yang ditangani oleh family office tradisional dan multi-family office. Ini mungkin termasuk perencanaan dana amal keluarga dan pendidikan. Family office jenis ini biasanya lebih murah dibandingkan family office tradisional. Namun, kendali keluarga terhadap para profesional juga jauh lebih kecil.

Kapan Anda Perlu Menggunakan Family Office ?

Perlu tidaknya seseorang memiliki family office bergantung pada tingkat dan kompleksitas kekayaannya, serta tuntutan kekayaan yang dibebankan pada keluarganya. Situasi tertentu mungkin memerlukan beragam, atau tim, spesialis yang memiliki akses terhadap sumber daya bernilai tinggi yang dapat mengatasi daftar panjang permasalahan penting.

Baca juga  Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN), Permainan Monopoli Pertama Kali Diperkenalkan, Hari Jadi Minahasa

Secara umum, mereka yang memiliki kekayaan bersih $200 juta mungkin mempertimbangkan untuk mendirikan family office tradisional

Family Office dan Penasihat Keuangan

Perusahaan penasihat kekayaan dapat menawarkan beberapa layanan yang ditawarkan oleh family office, seperti manajemen portofolio dan manajemen investasi. Namun, firma penasihat kekayaan biasanya memiliki banyak klien yang berbeda sementara family office berfokus pada satu klien (atau beberapa jika itu adalah multi-family office). Terlebih lagi, family office menawarkan layanan yang lebih luas untuk memenuhi seluruh kebutuhan terkait kekayaan yang dimiliki keluarga dengan kekayaan bersih sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *