4 Jenis Temperamen Manusia yang Perlu Anda Ketahui

4 Jenis jenis Temperamen Manusia yang Perlu Anda Ketahui
Karakter Setiap Orang berbeda dan Unik

Halo sobat Mibi, setiap orang pasti memiliki karakter dengan pembawaannya masing-masing. Ada yang tenang, ada yang meledak-ledak, ada yang puitis, periang dan sebagainya, oleh karenanya karakter manusia itu sangat unik. Kali ini kita bahas tentang 4 jenis temperamen manusia yang perlu diketahui

Ada satu teori yang ditemukan oleh seorang ilmuwan Yunani, Hippocrates (hidup di abad ke-4 SM). Kemudian teori ini dikembangkan oleh Claudius Galen (Abad ke-2). Teori ini membagi 4 temperamen manusia sebagai teori medisnya dalam konsep medis kuno berdasarkan empat cairan tubuh (yang disebut elemen atau humor: darah, empedu kuning, empedu hitam dan lendir) yang dapat mempengaruhi perilaku manusia.

Galen kemudian membuat sistematis gagasan tentang cairan ini dan merumuskannya sebagai teori kepribadian umum. Dimana phlegmatic dipengaruhi karena kelebihan lendir, choleric karena kelebihan cairan empedu kuning, melancholic karena kelebihan cairan empedu hitam dan sanguine karena kelebihan darah.

4 Jenis Temperamen Manusia

Nah, untuk lebih jelasnya baiknya kita simak tentang keempat jenis karakter atau temperamen ini ya sobat Mibi.

1. Sanguine

Banyak juga yang menyebutnya Sanguinis. Jenis karakter ini memiliki ciri-ciri kepribadian yang periang, mudah bergaul, gampang disukai teman-teman sekitar, tidak pemalu, cenderung ekstrovert, impulsif, aktif, optimis, suka hal-hal yang berbau petualangan atau hal baru, biasanya suka membuat orang sekitar tertawa, fleksibel terhadap kondisi.

Walaupun kelihatannya nampak menarik kepribadian sanguine ini. Namun tentunya ada beberapa kelemahan yang dimiliki, yaitu si sanguinis biasanya orang yang mudah bosan, mudah lupa, tidak terlalu tertata, tidak suka dikekang, terlalu banyak mengambil resiko.

Memang banyak kelebihan dari orang sanguine karena sifat yang impulsif, aktif dan optimis akan mendorong untuk melahirkan kreativitas-kreativitas baru.

Baca juga  Penyanderaan Mapenduma, Keputusan Kasfh-e Hijab Dikeluarkan

Suka mengambil resiko kadang juga bisa positif misalnya dapat mengambil keputusan cepat jika dirasa menguntungkan. Namun juga bisa negatif jika resiko itu terlalu besar dan berdampak pada kerugian yang besar.

Orang yang cepat bosan juga bisa disimpulkan baik jika mampu untuk membuat suasana menjadi lebih fresh. Namun juga bisa dipandang negatif karena sikap mudah bosan dalam hubungan asmara tentunya merugikan orang lain.

Dimanapun berada orang sanguine akan menjadi penghibur ditengah-tengah komunitasnya dan tidak suka berlarut-larut dalam kesedihan.

Kehidupan pribadinya kadang juga bisa jadi konsumsi publik karena sikap keterbukaannya, yang bisa menjadi permasalahan bagi dirinya.

Sanguinis sangat cocok jika bekerja yang sifatnya penuh resiko. Seperti bagian marketing, public relations, wartawan, pembawa acara outdoor, bekerja di industri kreatif seperti penjualan online, game, video, dunia hiburan dan sebagainya.

2. Choleric

Kadang juga disebut Koleris, yang mana tipe orang ini jauh berbeda dengan karakter sanguine yaitu mereka adalah orang-orang yang memiliki ambisi yang tinggi, karena selalu ingin tampil kompetitif di segala hal yang dilakukan.

Si Koleris juga sangat analitis dan menyandarkan keputusannya pada pertimbangan yang logis, dan tidak suka berbasa-basi.

Karena sifatnya yang berambisi, maka selalu fokus dan konsisten pada tujuan dan akan mencapainya dengan segala cara, dan tegas dalam bersikap.

Dalam hal pergaulan, percaya diri menjadi identitasnya. Dan biasanya suka menonjolkan diri dengan tidak keberatan jika ditunjuk sebagai pemimpin atau dimintai pendapatnya.

Sifatnya yang meledak-ledak membuat dirinya tumpul terhadap perasaan orang lain. Sehingga membuat orang lain terluka oleh karena ucapan dan tindakan tanpa disadarinya.

Orang yang fokus dan logis memiliki perhitungan yang sangat matang. Walaupun demikian bukan berarti keputusannya tepat 100 %, sehingga jika dirasa salah, si Koleris tidak mau mendengar saran dari orang lain, alias keras kepala.

Baca juga  Perang Dunia I, Uang Kertas Rp 100.000 Diterbitkan

Dunia bisnis sangat cocok untuk orang berkarakter ini  karena penuh tantangan dan perubahan, begitu juga di bidang hukum, statistik, pemrograman dan sebagainya.

3. Phlegmatic

Orang yang memiliki jenis karakter ini bisa dikatakan berkebalikan dengan koleris, yaitu cenderung lambat dan pasif sehingga tidak terlalu ambisius.

Karakter lainnya adalah introvert (cenderung tertutup), tidak emosional dan jika mendapat masalah tidak bersedih terlalu dalam, juga ketika senang tidak terlalu gembira sekali.

Orang tipe ini sangat tenang dan penuh perhitungan, walaupun kadang juga ragu-ragu dalam membuat keputusan

Si Plegmatis akan berusaha sebaik-baiknya untuk menjaga hubungan dengan orang lain dan cenderung setia pada pasangannya. 

Karena suka menjaga hubungan baik, maka karakteristiknya tidak suka konflik dan akan menghindarinya sebisa mungkin.

Dalam komunitas dan pergaulan, jarang menonjolkan diri dan memiliki tendensi untuk menyetujui apapun keputusan yang dibuat.

Orangnya hangat dan penuh pengertian, kadang suka mengalah demi orang lain, namun jika disakiti agak lama pulih dari kondisinya semula.

Dalam banyak kesempatan orang plegmatis suka bekerja dalam hal sosial, pelayanan kepada sesama, menjadi pendidik, menjadi tokoh masyarakat yang mengayomi dan sebagainya

4. Melancholic

Orang yang bertemperamen melankolik adalah orang yang sangat berhati-hati dan penuh pertimbangan, dan kadang malah dikonotasikan sebagai pribadi yang selalu sedih dan tertekan, padahal kenyataannya bukan begitu.

Karena sangat berhati-hati, maka memiliki sifat memperhatikan detail dan cenderung perfeksionis yaitu segala sesuatu harus sempurna menurut pandangannya.

Orang yang perfeksionis tentunya menjunjung tinggi kualitas, sehingga sesuatu yang tidak sesuai targetnya akan dieliminasi.

Dalam hal perencanaan, karakter ini memiliki kelebihan dalam hal keteraturan, faktual, logis dan analitis dalam berpikir dan mengambil keputusan. Selalu tampil rapi dan sopan, tidak suka mencari masalah, tepat waktu dan teliti.

Baca juga  Definisi E Money : Pengertian dan Manfaatnya

Memang kelemahan dari orang dengan karakter ini adalah tidak terlalu nyaman dengan lingkungan baru karena sulit menjalin relasi dengan orang baru dan cenderung untuk bersikap curiga terlebih dahulu.

Banyak yang mengatakan bahwa melakolis adalah orang yaang puitis dan romantis, sehingga tidak jarang banyak melakukan pekerjaan sebagai seniman, penulis dan komposer lagu.

Pekerjaan lain yang cocok adalah terkait administrasi yang menuntut ketelitian seperti bendahara, keuangan, resepsionis, pemimpin dan sebagainya.

Info lain: Cara Membentuk Karakter Anak dengan 4 Prinsip Parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *