Tips Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Tips Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda
Tips Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Tips Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda Masih ada anggapan kurang tepat di masyarakat terkait cara mencapai kebebasan finansial, yaitu menjadi kaya terlebih dahulu. Padahal apabila memahami pengertian kebebasan finansial itu sendiri mengacu pada kemampuan mendapatkan penghasilan.

Bebas secara finansial tersebut adalah kondisi ketika seseorang tidak perlu lagi bekerja, namun pemasukan tetap mengalir serta berbagai kebutuhan bisa terpenuhi. Mudahnya adalah dirinya tidak perlu bingung harus bekerja apa agar menghasilkan uang.

Salah mendefinisikan tentunya akan salah dalam melangkah atau mempersiapkan komponen penunjangnya. Contohnya ketika menganggap kekayaan menjadi tolok ukur finansialnya, maka mengambil kerja berlebihan bisa jadi salah satu caranya.

Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Mana yang harus di dahulukan, membayar hutang atau melunasi cicilan? Membeli mobil baru atau mencicil rumah? Dan berbagai pertanyaan lainnya kerap muncul ketika hendak mengambil keputusan finansial, baik untuk pribadi atau keluarga.

Agar setiap keputusannya selalu memberikan dampak positif, tentunya perlu sebuah acuan. Acuan tersebut nantinya selain dapat menentukan prioritas juga membantu melihat kesalahan alokasi dananya. Salah satu acuannya adalah perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan membicarakan keinginan – keinginan yang berhubungan dengan kemapanan ekonomi di masa depan, baik berjangka pendek maupun berjangka panjang. Contohnya keinginan untuk membeli mobil baru, mencicil rumah, dan lain sebagainya.

Keterhubungan dengan kebebasan finansialnya sendiri adalah perencanaan ini mampu mendefinisikan bagaimana kebebasan yang dimaksud. Karena dalam unsur perencanaan mengharuskan adanya kejelasan sebuah tujuan, semakin detail semakin baik.

Baca juga  Inilah Cara Memutus Rantai Kemiskinan

Sehingga kepastian mengenai kapan harus sudah mencapai financial freedom, bagaimana bentuknya, aset apa saja yang harus dimiliki, berapa nilai investasinya, dan berbagai komponen lainnya harus terukur. Tentunya penetapannya mempertimbangkan beberapa kondisi.

Seperti kondisi ekonomi saat ini, tanggungan atau hutang, potensi pendapatan di masa mendatang, dan berbagai pertimbangan lainnya. Nantinya baru bisa mengukur jangka waktu untuk mencapai target keuangan yang diinginkan.

Untuk membantu merencanakan keuangannya, piramida planner bisa menjadi salah satu referensinya. Yaitu memulai dengan menguatkan fondasi keuangannya terlebih dahulu. Seperti mengatur cashflow hingga mencapai kemapanan.

Tips dan Cara Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Berdasarkan pemahaman mengenai kebebasan finansial, yaitu mampu memenuhi berbagai kebutuhan tanpa harus bekerja, mendorong pada beberapa strategi tertentu. Strategi ini nantinya akan mengarahkan Anda untuk mendapatkan penghasilan pasif secara maksimal.

1.      Memperbaiki Kondisi Keuangan

Keuangan sehat adalah ketika pendapatan lebih besar daripada pengeluaran, caranya adalah dengan memangkas berbagai belanja non prioritas. Selain memangkas anggaran belanja juga perlu untuk menambah penghasilan dari sumber lainnya.

Penghasilannya tidak harus besar, terlebih apabila perbedaan antara pendapatan dengan pengeluaran masih cukup tinggi. Ada  beberapa keuntungan dengan mencari penghasilan baru, yaitu mengasah skill baru serta membangun relasi baru.

2.      Kebebasan Finansial di Usia Muda dengan Mengubah Gaya Hidup

Gaya hidup bermula dari pandangan tentang kesuksesan dan pengaruh dari lingkungan. Cobalah untuk mengontrol diri ketika lingkungan kurang mendukung budaya finansial yang sehat. Seperti mengondisikan untuk terus belanja.

Dari lingkungan tersebut Anda akan sering mengeluarkan uang bukan karena kebutuhan, tetapi untuk memenuhi gengsi. Cobalah untuk fokus terhadap perencanaan keuangan, serta mencoba mengomunikasikannya secara baik kepada lingkungan.

Baca juga  10 Tips Perencanaan Keuangan Wajib Untuk Anda

3.      Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat berguna apabila terdapat kondisi yang tidak terduga. Seperti ketika tiba – tiba mengalami krisis atau kondisi wabah berkepanjangan. Dana darurat memungkinkan Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan tanpa harus menyentuh dana masa depan.

Dana tersebut juga bisa digunakan untuk membangun modal kembali serta memperbaiki alur keuangannya. Dengan demikian jaminan masa depan masih aman, investasi tetap berjalan, dan kebutuhan jangka pendek bisa terpenuhi dengan baik.

4.      Berinvestasi Sedini Mungkin

Perkembangan teknologi memungkinkan seseorang untuk berinvestasi secara mudah dan murah. Sehingga berapa saja pendapatannya, mulailah untuk berinvestasi sedini mungkin. Pastikan memilih instrumen investasi yang menguntungkan dan legal.

5.      Berdonasi

Salah satu hambatan dalam mencapai kebebasan finansial adalah kurang mampu menahan godaan untuk membelanjakan uangnya demi mendapatkan kebahagiaan. Seperti refreshing, membeli makan, membeli baju baru, dan aktivitas belanja lainnya.

Namun sebenarnya kepuasan ini bisa dipenuhi dengan berbagai cara, seperti membeli pengalaman atau mencoba berdonasi. Ketika kebahagiaan ini sudah terpenuhi, potensi untuk membelanjakan uangnya juga semakin meredup.

Memiliki masa tua yang berkecukupan, tidak mengganggu ekonomi anak, adalah dambaan setiap orang. Salah satu caranya adalah mencapai kebebasan finansial, yaitu melalui perencanaan yang matang serta disiplin dalam melaksanakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *