6 Langkah Mengatur Keuangan di Usia 20-an

6 Langkah Cara Mengatur Uang di Usia 20-an

Cara mengatur keuangan di usia 20-an tahun. Ketika Kamu berusia dua puluhan, inilah saatnya untuk membangun fondasi yang kuat untuk urusan finansialmu dimasa depan sehingga bisa mewujudkan kekayaan di usia muda.

Tindakan yang Kamu buat sekarang akan memengaruhi kehidupan finansialmu dimasa yang akan datang .

Oleh karena itu, perlu mengambil langkah mulai dari sekarang untuk membangun masa depan finansial yang kokoh bagi diri sendiri dan keluarga.

Ada 6 tips yang bisa kamu lakukan dalam mengelola keuangan untuk menjadi sukses di tahun-tahun mendatang.

Dan, kamu tetap bisa menikmati usia dua puluhan sambil tetap merencanakan masa depan.

1. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk keuanganmu adalah berhenti menggunakan kartu kredit.

Terlalu mudah untuk terjerat hutang kartu kredit dan butuh waktu bertahun-tahun untuk keluar darinya.

Hilangkan kebiasaan itu sekarang. Berhenti menggunakan kartu kredit, bahkan untuk keadaan darurat.

Sebagai gantinya siapkan dana darurat yang baik. Ini akan mencegahmu dari keharusan melunasi hutang dalam jumlah besar, dan membuang-buang uang untuk membayar bunga.

2. Mulai Menabung untuk Pensiun

Kamu mungkin masih muda, tetapi kamu harus mulai menabung untuk masa pensiun sekarang.

Semakin cepat kamu memulai, semakin cepat bisa pensiun kalau perlu kamu bisa pensiun dini di usia muda dengan finansial yang kuat dan menikmati kehidupan kamu tanpa direpotkan lagi dengan urusan pekerjaan yang membuat stress pikiran.

3. Buat Rencana Keuangan yang Solid

Penting untuk memiliki rencana keuangan yang solid sehingga tahu target kamu secara finansial. Kemudian kamu dapat mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk sampai ke sana.

Rencana keuangan harus mencakup segala sesuatu mulai dari membeli rumah hingga pensiun. Saat kamu menikah dan memiliki anak, Kamu perlu menyesuaikan rencana.

Jangan menunda membuat rencana keuangan hanya karena kamu lajang. Kamu masih perlu memiliki tujuan tabungan dan pensiun khusus yang sedang Kamu upayakan.

4. Simpan untuk Uang Muka Rumah

Segera setelah kamu melunasi hutang kartu kredit, kamu harus mulai menyisihkan uang untuk digunakan sebagai uang muka rumah (DP rumah).

Tidak harus rumah besar atau rumah impian kalian. Tetapi membeli rumah dapat membantumu membangun ekuitas, yang akan berguna di kemudian hari.

DP (Down payment /uang muka) yang besar sebagai uang muka kredit rumah akan lebih baik daripada DP kecil karena akan berpengaruh pada besar atau kecilnya cicilan bulanan kredit rumah kalian.

Semakin besar DP yang dibayarkan maka semakin kecil cicilan bulanan kredit rumah yang kamu bayar

5. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah polis asuransi, untuk keuangan. Ini dapat memberi Kalian ketenangan pikiran bahwa kamu akan ditanggung jika terjadi pengeluaran besar yang tidak terduga, seperti kecelakaan mobil atau sakit.

Jika kamu bekerja untuk melunasi utang, dana daruratmu mungkin lebih kecil. Tetapi saat kamu melunasi hutang, kamu akan terus menambah dana itu, sampai kamu memiliki 6 bulan biaya hidup yang dihemat.

Kamu dapat menempatkan dana daruratmu di reksadana pasar uang yang menawarkan tingkat bunga yang sedikit lebih tinggi.

6. Anggaran Setiap Bulan

Langkah terpenting yang dapat kamu ambil di usia dua puluhan adalah mulai membuat anggaran.

Terlepas dari situasi keuanganmu, selalu bijaksana untuk tetap berpegang pada anggaran. Tetapi di usia 20-an, semakin cepat kamu mulai menganggarkan, semakin baik secara finansial.

Anggaran memberi kamu kemampuan untuk memutuskan bagaimana kamu ingin membelanjakan uang. Ini membantumu untuk melacak pengeluaran dan dapat mencegah dari pengeluaran berlebihan

Kamu bisa membuat anggaran bulanan dengan aturan 50/30/20 atau mengatur alokasi gaji bulanan agar tidak cepat habis

Jika memiliki anggaran yang bisa diterapkan setiap bulan, kamu dapat yakin bahwa kamu menangani keuangan secara bertanggung jawab dan ini baik untuk masa depan finansialmu.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *