Bukan Hanya Menguntungkan, Inilah Jenis Investasi Yang Paling Populer

  • Share
Bukan Hanya Menguntungkan, Inilah Jenis Investasi Yang Paling Populer
Image by eko pramono from Pixabay

Memilih jenis investasi yang tepat bisa dijadikan sebagai cara terbaik untuk melindungi atau meningkatkan kekayaan maupun untuk mempersiapkan keuangan di masa mendatang. Terdapat beberapa instrumen investasi yang bisa dipilih.

Setiap produk investasi memiliki keunggulan, syarat serta ketentuannya masing-masing. Untuk itu, perhatikan berbagai ketentuannya sebelum memilih investasi agar bisa mendapatkan produk yang paling tepat dan sesuai kebutuhan.

Pilihan Jenis Investasi Yang Menguntungkan

Saat ini investasi bukan hanya bisa dilakukan oleh masyarakat berpenghasilan tinggi saja. Siapa saja bisa melakukan investasi dengan mudah, karena telah hadir banyak sekali produk yang bisa dipilih.

Bahkan di zaman digitalisasi seperti sekarang ini, investasi bisa diakses secara lebih mudah melalui sistem online.

Investasi terdiri dari dua jenis, yaitu jangka panjang dan pendek. Keduanya memiliki kekurangan dan keunggulannya masing-masing. Inilah instrumen investasi populer yang bisa dipilih.

1.Reksadana

Instrumen investasi yang satu ini sedang populer di era digitalisasi seperti sekarang ini. Reksa dana bisa dengan mudah diakses melalui berbagai platform online sehingga memudahkan para masyarakat untuk memulai investasi.

Reksa dana terdiri dari beberapa jenis yang memiliki keunggulan berbeda. Instrumen investasi yang satu ini memiliki risiko yang kecil dan mampu memberikan potensi keuntungan yang besar.

Investasi ini bisa dimulai dengan modal berapa saja sesuai keinginan, sehingga sangat cocok bagi para pemula yang baru mencoba berinvestasi. Lakukan peninjauan produk reksa dana terlebih dahulu untuk dapat memilih produk yang tepat.

2. Deposito

Sistem kerja investasi berupa deposito tidak berbeda jauh dengan tabungan. Risiko investasi ini cukup rendah sehingga cocok dipilih oleh para pemula.

Namun jika dibandingkan dengan tabungan, deposito mampu memberikan keuntungan yang lebih besar.

Deposito memiliki tingkat suku bunga serta jangka waktu tempo yang beragam. Saat jatuh tempo telah selesai, maka deposito yang dimiliki akan dicairkan ke rekening pemilik.

Banyak sekali bank yang menawarkan produk deposito dengan jumlah suku bunga dan tenor yang beragam.

3. Saham

Investasi ini memiliki risiko yang bisa dibilang cukup tinggi namun bisa memberikan keuntungan yang besar. Saat membeli saham, artinya sebagian kepemilikan perusahaan sudah dialihkan kepada pihak lain.

Semakin banyak saham yang dibeli, maka akan semakin besar persentase kepemilikan perusahaan yang didapatkan.

Return investasi saham umumnya berasal dari pertumbuhan nilai saham tersebut dan dividen. Dibutuhkan pemahaman serta analisa yang baik untuk dapat menjalankan investasi yang satu ini.

4. Properti

Nilai investasi yang satu ini terus mengalami peningkatan tanpa banyak fluktuasi. Selain itu, risiko dari investasi ini terbilang cukup rendah.

Terdapat beberapa model investasi properti yang bisa dilakukan seperti membeli tanah, kemudian membangun properti di atasnya.  Setelah properti selesai, bisa langsung dijual atau disewakan.

Namun untuk menjalankan investasi ini tidaklah mudah, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti kerusakan bangunan, biaya perawatan dan lain sebagainya. Untuk menjaga nilainya tetap stabil, perawatan harus terus dilakukan secara rutin.

5. Emas

Emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan. Nilai dari investasi ini cenderung stabil dan terus mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.

Saat ini banyak sekali produk emas yang bisa dijadikan sebagai investasi seperti emas batangan, perhiasan emas, tabungan emas dan lain sebagainya.

Namun dibutuhkan tempat khusus yang aman untuk dapat menyimpan emas, karena ini merupakan investasi fisik dengan nilai intrinsik yang jelas.

Selain membelinya secara langsung di toko, saat ini sudah tersedia beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memulai investasi emas.

Memilih jenis investasi yang tepat dapat mendukung rencana finansial di masa mendatang agar lebih terjamin. Meskipun tidak bisa memberikan hasil yang instan, namun ini merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekayaan yang dimiliki.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *