Bisnis  

Contoh dan Ide Bisnis UMKM yang Terbaik

Contoh dan Ide Bisnis UMKM yang Terbaik
Contoh dan Ide Bisnis UMKM yang Terbaik

Semakin banyak orang yang menjalankan bisnis atau usaha saat ini, seperti misalnya UMKM. Dalam mengawali bisnis, UMKM memang bisa menjadi langkah awal yang tepat. Ada banyak juga ide bisnis UMKM yang bisa dicoba, dan memiliki potensi keuntungan besar.

Selain itu, banyak juga orang yang ragu memulai usaha UMKM tersebut karena kendala modal. Modal yang minim membuat masyarakat tidak percaya diri untuk memulai suatu bisnis. Padahal ada banyak sekali pilihan dan ide bisnis untuk usaha mikro yang menjanjikan.

Contoh serta Ide Bisnis UMKM Terbaik dan Menguntungkan

Apa saja ide bisnis yang bisa menjadi contoh atau setidaknya menjadi inspirasi bagi para pebisnis pemula? Simak penuturan lengkapnya di bawah ini:

1. Usaha di Bidang Kuliner

Kuliner selalu menjadi salah satu bidang dalam usaha/bisnis yang paling banyak dicari dan dipilih. Pasalnya, usaha ini memang tidak pernah surut dan keuntungannya sangat menjanjikan. Banyak juga masyarakat di Indonesia yang memilih bisnis UMKM di bidang kuliner saat ini.

Bisnis kuliner yang diawali dengan bisnis kecil-kecilan bahkan bisa berkembang menjadi besar. Jenis usaha kuliner yang bisa dipilih misalnya berjualan makanan tradisional, olahan makanan sayuran atau lauk pauk, camilan, makanan kekinian dan sebagainya.

2. Kosmetik atau Make Up

Kosmetik ataupun make up dan sederet peralatannya adalah peralatan yang paling disukai oleh wanita. Cara untuk memulai bisnis UMKM adalah dengan berjualan kosmetik atau make up tersebut.

Apalagi jika memang paham dengan seluk beluk kosmetik, maka hal itu akan memudahkan usaha masyarakat yang menjalankannya. Terbukti dengan banyaknya pengusaha kosmetik atau make up yang berhasil memperoleh penghasilan hingga ratusan juta rupiah.

Baca juga  Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Ketika Memulai Usaha Bubur Ayam 

Disinilah setiap orang bisa memanfaatkan bidang kosmetik tersebut sebagai salah satu jenis UMKM atau usaha kecil, yang terus dikembangkan menjadi besar.

3. Usaha di Bidang Gadget/Teknologi

Ide bisnis UMKM lainnya yang juga bisa menguntungkan adalah usaha dalam bidang teknologi misalnya gadget. Banyak anak muda zaman sekarang yang menjadi pengguna setia gadget untuk segala macam brand.

Tidak hanya gadget yang berupa ponsel saja tapi pada jenis gadget lainnya dan juga aksesorisnya. Manusia yang hidup di era modern saat ini tidak bisa terlepas dari canggihnya teknologi. Sehingga hal itu bisa menjadi cara paling tepat dalam memulai bisnis UMKM.

Kebutuhan akan penggunaan gadget juga akan membuat para pengusaha UMKM meraup banyak keuntungan yang melimpah. Selain itu, masih banyak orang yang belum peka akan peluang ini. Disinilah kesempatan masyarakat yang ingin berbisnis.

4. Usaha di Bidang Fashion/Pakaian

Usaha dalam bidang fashion juga sama pesatnya dengan usaha di bidang kuliner atau gadget. Menggunakan pakaian bagi kebanyakan orang saat ini bisa menjadi karakter saat dipakai, dan juga menonjolkan kepribadian melalui penampilan tersebut.

Usaha di bidang fashion pun selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Maka usaha ini selalu menguntungkan dengan keuntungan yang melimpah. Inilah peluang yang harus dimanfaatkan setiap orang yang memiliki skill di bisnis ini.

Apalagi jika yang menjalankan bidang ini bisa memasarkan produk fashion yang selalu update dan berjualan di momen tertentu seperti misalnya natal dan lebaran. Kapan lagi bisa mendapatkan untung besar seperti ini? Peluang besar karena fashion adalah sebuah kebutuhan penting.

Masih banyak lagi pilihan jenis dan bidang usaha untuk ide bisnis UMKM yang bisa di coba jalankan saat ini. Meskipun situasi pandemi bukan berarti masyarakat tidak bisa menghasilkan uang dan untung besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *