Bisnis  

Cara Menemukan Ide Bisnis dan Peluang Usaha yang Kreatif dan Inovatif

Cara Menemukan Ide Bisnis dan Peluang Usaha yang Kreatif dan Inovatif
Cara Menemukan Ide Bisnis dan Peluang Usaha yang Kreatif dan Inovatif

Mikaylabinar.com Cara Menemukan Ide Bisnis dan Peluang Usaha yang Kreatif dan Inovatif dengan ide out of the box. Saya yakin bahwa setiap orang pasti ingin memiliki bisnis, namun kebanyakan mereka tidak tau bisnis apa yang ingin dijalankannya.

Memiliki bisnis adalah salah satu cara untuk menjadi kaya namun menjalankan bisnis tidak semudah yang dibayangkan, butuh ‘kesenangan’ untuk menjalankannya.

Ide Bisnis dan Peluang

Bisnis yang dijalankan dengan kesenangan, ibarat air yang mengalir menuju muara kesuksesan. Untuk memulai bisnis harus punya ide, ide bisnis apa yang ingin anda jalankan ? ide bisnis dan peluang usaha yang ideal adalah yang sesuai dengan kesenangan anda

Jika anda melakukan sesuatu dengan kesenangan maka tidak akan merasa berat semua rintangan akan dijalani dengan sepenuh hati karena anda bisa enjoy pada setiap proses yang dilakukan.

Bisnis yang ideal adalah yang seperti itu, enjoy dalam melakukan sesuatu dan sesuatu itu akan menjadi sumber pemasukan sekaligus hoby anda.  Untuk menemukan ide bisnis ideal yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Apa yang anda sukai ?
  2. Apa yang dibutuhkan orang lain?
  3. Apa kemampuan yang anda miliki ?

Pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui apa yang menjadi kesukaan dan membuat anda terobsesi dengannya atau paling tidak anda melakukan apa yang disukai dengan senang hati.

Bisa juga dengan cara mengingat-ingat apa yang menjadi kesenangan sewaktu kecil dan coba kembali eksplor lagi kesenangan tersebut hingga anda menikmatinya.

Selain itu, bisa juga dengan cara melihat apa yang paling membuatmu penasaran untuk mencobanya dan anda tanpa beban untuk melakukannya.

Setiap orang pasti punya bakat dan kelebihan masing-masing begitupun dengan anda pasti ada yang menonjol pada diri anda dengan memahami yang paling dominan akan membantu menemukan bakat dan kesukaan anda.

Baca juga  Ide Bisnis Startup Dan Cara Memulainya

Selanjutnya, apa yang dibutuhkan orang lain. Setelah mengetahui apa yang anda sukai lalu kaitkan dengan apa yang orang lain butuhkan.

Baca juga: Mendirikan bisnis sendiri, inilah waktunya yang tepat

Prinsip Uang

Sebagaimana prinsip dari uang yang merupakan alat pertukaran dimana uang sebagai pengganti apa yang anda berikan dan orang lain butuhkan.

Semakin banyak orang lain membutuhkan dan anda semakin banyak memberikan apa yang dibutuhkan orang lain maka uang akan semakin banyak mengalir kepada anda, bagitulah prinsip dan cara kerja dari uang

Langkah selanjutnya adalah mengetahui kemampuan diri. Apa kemampuan dan sumberdaya yang dimiliki dan bagaimana cara memanfaatkan sumberdaya dan kemampuan tersebut untuk menunjang bisnis yang dijalankan.

Mengukur kemampuan dan sumberdaya yang ada akan memudahkan dalam melakukan perencanaan bisnis kedepannya. Buatlah bisnis yang scale-up yakni bisnis yang bisa diperbesar dan dapat dikembangkan menjadi lebih besar.

Mulailah bisnis dengan mengerjakan sendiri, jika sudah kelihatan untungnya maka anda bisa menarik karyawan untuk mempermudah mengembangkan bisnis, jika anda memulai bisnis dengan cara langsung merekrut karyawan dan menyewa kantor padahal bisnis anda belum menunjukkan hasil maka risiko kerugian akan lebih besar.

Sebagai contoh:

Anda bingung dengan diri anda sendiri bahkan tidak tahu apa kelebihan yang anda punya, secara akademis anda biasa-biasa saja dan andapun tidak suka bergaul dengan kebanyakan orang bahkan dibilang introvert.

Namun anda tahu bahwa anda suka membaca buku dan suka membikin kalimat status yang lumayan panjang. banyak buku berjejer di rak karena anda suka membaca buku.

Nah, point pertama adalah anda suka membaca buku. Dari kegemaran anda membaca buku, kenapa tidak dijadikan bisnis ? memangnya ada orang membaca buku kemudian dibayar !…berpikirlah dengan cara kreatif yakni mengaitkan kegemaran dengan kebutuhan orang lain.

Baca juga  Tips Sukses Berbisnis bagi Calon Pengusaha Muda

Nah, disinilah intinya. Apa yang anda baca, kemudian tulis. Tulisan facebook anda yang panjang copy ke word lalu perbaiki kalimatnya dan gunakan gaya tulisan anda sendiri karena itulah ciri khas anda.        

Lalu, apa yang dibutuhkan orang lain ? disinilah anda harus jeli melihat peluang, saat ini banyak media massa dan blog yang membutuhkan tulisan agar medianya terupdate dan ratingnya tetap terjaga.

Anda bisa mengambil peluang ini dengan menjadi freelance writer, lakukan sendiri terlebih dahulu jika sudah ada pemasukan dan modal, anda bisa membuat komunitas dengan merekrut penulis-penulis baru disekitar anda sebagai sumberdaya untuk memulai bisnis yang lebih besar. Selanjutnya anda fokus kepada klien dengan membangun jaringan klien yang bersedia membayar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *