5 Tips untuk Penulis Freelance Pemula

Menulis lepas telah muncul sebagai bidang lepas yang cenderung dan menjanjikan. Penulis yang ingin keluar dari siklus 9 sampai 5 dan menjadi bos sendiri memilih cara ini untuk mendapatkan penghasilan. Beberapa hanya menghasilkan uang ekstra melalui itu di waktu luang mereka.

Bagaimanapun, menjadi pemula dalam penulisan lepas bisa sedikit membuat frustrasi. Anda telah membuat akun di situs web freelance dan berusaha membuatnya, tetapi masih belum memberikan hasil.

Ini melelahkan orang-orang dan kebanyakan dari mereka keluar dari gagasan itu. Tapi Anda tidak perlu melakukannya. Itu karena, dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui lima tips yang dapat Anda gunakan sebagai pemula untuk memulai karir menulis lepas yang sukses.

Jadi, mari kita mulai.

5 Tips Menulis Freelance Terbukti untuk Sukses Pemula:

Berikut ini adalah tips yang dijelaskan secara komprehensif yang dapat Anda gunakan untuk meraih kesuksesan sebagai penulis lepas pemula.

1. Identifikasi Ceruk Anda:

Mengidentifikasi ceruk yang akan Anda tulis terdengar seperti hal yang jelas. “ Saya seorang penulis bisnis, jelas itu ceruk saya ,” Anda mungkin berpikir. Tetapi Anda harus memahami bahwa menulis lepas sangat berbeda dengan menulis yang Anda lakukan di kantor (atau dalam pekerjaan fisik apa pun).

Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengidentifikasi niche Anda dan menambahkannya ke portofolio Anda. Pertimbangkan hal-hal berikut sebelum Anda memilih niche tulisan Anda:

  • Klien seperti apa yang akan disediakan ceruk untuk Anda?
  • Apakah itu membuat konten yang sedang tren atau selalu hijau?
  • Apakah cukup baik untuk memenuhi tujuan freelance Anda?
  • Apa pencipta top lain yang telah dibuat di ceruk ini?
Baca juga  Ide Bisnis dengan Modal Kecil yang Bisa Dilakukan

Meneliti topik ini akan membantu Anda mengidentifikasi ceruk yang tepat untuk Anda. Setelah selesai, Anda akan dapat mengembangkan merek Anda di pasar dengan cepat. Itu karena ceruk yang tepat untuk Anda akan memungkinkan Anda membuat konten berkualitas tinggi, yang merupakan hal penting untuk kesuksesan.

2. Bangun Portofolio Kemenangan:

Portofolio bisa menjadi alasan Anda menang atau kalah (mungkin tidak mendapatkan sama sekali) klien potensial untuk karier menulis lepas Anda. Dan itu hal yang paling penting. Tidak ada klien, tidak ada bisnis.

Untuk mendapatkan pertunjukan yang bagus, Anda harus membuat portofolio Anda menarik. Ini akan memungkinkan Anda menunjukkan keahlian Anda dengan cara yang menjanjikan yang akan menarik klien dan membuat Anda menonjol dari penulis lain.

Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk membuat portofolio Anda terlihat profesional dan menarik:

  • Sebagian besar klien melihat paket layanan yang akan Anda berikan terlebih dahulu. Jadi, tulislah detail yang komprehensif, ringkas, dan transparan tentang penulis seperti apa Anda dan layanan apa yang akan didapatkan klien dari Anda.
  • Tambahkan sampel dari tulisan Anda sebelumnya (baik dari pekerjaan fisik atau pekerjaan lepas). Ini akan membantu klien mempelajari penulis seperti apa Anda dan kualitas pekerjaan Anda.
  • Menulis tentang diri Anda. Anda harus menunjukkan sisi “penulis” dari kepribadian Anda dan berbicara tentang orang-orang yang pernah bekerja dengan Anda.
  • Beberapa platform freelance memungkinkan Anda memberikan tautan ke akun sosial Anda, yaitu LinkedIn. Anda dapat menambahkannya ke portofolio Anda untuk menunjukkan kualitas pekerjaan yang Anda lakukan di luar platform freelance tertentu.

3. Tingkatkan Keterampilan Pitching Anda:

Pitching mengacu pada komunikasi yang efektif untuk menjual ide tulisan Anda kepada orang-orang. Saat Anda mempromosikan sebagai penulis, Anda benar-benar menjelaskan kepada orang-orang mengapa mereka harus mempekerjakan Anda atau keuntungan apa yang akan mereka dapatkan jika mempekerjakan Anda.

Baca juga  Cara Sukses Trading Forex
5 Tips untuk Penulis Freelance Pemula

Meningkatkan pitch Anda cukup sederhana. Anda hanya perlu memperkenalkan diri, dan proyek Anda dengan cara yang sederhana, ringkas, dan persuasif.

Dengan menggunakan kata-kata sederhana, pelanggan dapat lebih memahami apa yang ingin Anda sampaikan kepada mereka. Komunikasi adalah kunci di sini. Jika ketidaksepakatan tetap ada antara Anda dan klien, itu tidak hanya akan menurunkan kualitas kerja Anda tetapi juga menimbulkan risiko kehilangan klien.

Melakukan ini mungkin lebih sulit daripada kelihatannya. Terkadang, menjelaskan sesuatu kepada klien yang memiliki pola pikir berbeda melalui email atau sebaliknya bisa sedikit sulit.

Padahal, menggunakan teknologi dalam hal ini bisa sangat membantu. Untuk meningkatkan keterampilan pitching Anda, Anda dapat mengambil bantuan alat parafrase AI online untuk menyederhanakan konten Anda. Alat-alat ini Parafrase konten Anda dengan cara yang menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami oleh pelanggan. Itu karena alat ini dikembangkan untuk mengubah kata-kata sulit dengan sinonimnya yang mudah untuk meningkatkan keefektifannya.

4. Membangun Jaringan dengan Menghubungkan dengan Orang:

Kadang-kadang orang mengambil ” freelance ” sedikit terlalu didefinisikan. Ini adalah istilah yang lebih luas daripada yang dipikirkan kebanyakan orang. Ini lebih dari beberapa platform terkenal seperti Fiverr, Freelancer, dll. Pada intinya, pekerjaan apa pun yang Anda lakukan sendiri untuk klien adalah pekerjaan lepas.

Karena istilahnya lebih luas dari yang Anda kira, jaringan Anda juga harus luas. Dengan membangun jaringan, Anda bisa bertemu dengan sesama penulis, klien baru, dan agensi yang memberi Anda lebih banyak pertunjukan.

Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan wawasan dan taktik berharga yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis lepas Anda ke tingkat yang langka.

5. Luangkan Waktu, Kerja, dan Pastikan Keunikan:

Persaingan sengit di bidang penulisan lepas. 52,6 % pekerja lepas di Amerika Serikat adalah penulis lepas. Butuh waktu untuk menonjol dari kompetisi besar ini.

Baca juga  7 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Uang dari Rumah
Penulis Freelance Pemula

Kamu harus bersabar. Terkadang mendapatkan pertunjukan yang bagus bisa memakan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Hal penting yang harus dipahami di sini adalah meskipun persaingan sangat ketat dan perlu waktu lama sebelum Anda mendapatkan klien pertama, menghasilkan konten berkualitas tinggi dapat bertindak sebagai katalisator dalam proses ini.

Artinya, jika Anda membuat konten yang bagus, dapat dipercaya, dan berkualitas tinggi, akan lebih mudah untuk melakukan pertunjukan dan waktu tunggu dapat dikurangi.

Yang harus Anda lakukan adalah memberikan konten yang sederhana, otentik, kreatif, dan bebas plagiarisme kepada mereka. Ini bisa membutuhkan banyak usaha. Terutama bagian plagiarisme. Semoga berhasil dalam menyediakan konten yang 100% unik dan mengharapkan klien untuk kembali kepada Anda atau memberi Anda ulasan yang bagus.

Tapi bagaimana Anda bisa menentukan apakah konten yang Anda berikan itu unik? Itu mudah. Anda dapat menggunakan alat online untuk cek plagiarisme dalam konten Anda. Alat pendeteksi plagiarisme online ini membandingkan konten dengan jutaan database online dan membantu Anda mengidentifikasi bagian yang cocok dengan milik orang lain.

Pastikan untuk menghapus atau mengulang bagian itu untuk membuatnya unik. Jika tidak, Anda akan kehilangan kredibilitas sebagai penulis lepas.

Kesimpulan:

Menjadi penulis lepas bisa membuat frustasi. Terutama ketika Anda baru saja memulai karir Anda. Anda membuat profil dan tidak dapat mendapatkan klien. Bahkan berbulan-bulan. Ada beberapa hal yang mungkin Anda lakukan salah (atau perlu perbaikan.)

Kami telah menjelaskan lima tips paling mendasar namun penting yang dapat Anda ikuti untuk memulai bisnis penulis lepas yang sukses sebagai penulis lepas.

x

Leave a Comment