Bisnis  

Bagaimana Cara dan Langkah-langkah Teknis Yang Dapat Dilakukan Untuk Memulai Bisnis

Bagaimana langkah-langkah teknis yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis
Bagaimana langkah-langkah teknis yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis

Apakah Anda ingin memulai bisnis tapi tidak tahu harus memulainya darimana? Memiliki bisnis sendiri punya banyak kelebihan disamping potensi keuntungan yang tidak terbatas juga flexibiltas dalam waktu kerja

Bisnis yang baik adalah bisnis berkelanjutan jangka panjang yang bisa dibesarkan (scaleup). Oleh karena itu, Anda butuh perencanaan yang baik dalam memulai bisnis. Berikut ini adalah pedoman dasar yang bisa dijadikan panduan dalam memulai bisnis

1. Mulailah dengan Sesuatu yang Anda Sukai

Bisnis adalah pekerjaan untuk jangka panjang dan mengisi sebagian besar hidup Anda. Apabila Anda melakukan pekerjaan yang Anda sukai maka hambatan apapun akan terasa ringan

Gairah adalah minyak yang menjadi pembakar dalam bisnis. Orang lain bisa mencuri ide atau kata-kata Anda bahkan bisa meniru produk yang Anda hasilkan tetapi orang lain tidak bisa mencuri gairah Anda

Oleh karena itu, gairah adalah penting dalam menjalankan bisnis dan gairah ini muncul apabila Anda melakukan suatu pekerjaan yang Anda sukai

Ada banyak bisnis yang bisa Anda mulai dari membuat suatu produk, mengoperasikan layanan taksi, bisnis fotografik headshot, cuci atau bersih sepatu, toko stiker online atau membuka jasa penitipan hewan peliharaan.

Jadi, Anda pikirkan apa yang menjadi hobi atau kesukaan Anda. Kemudian dari hobi tersebut lihat apakah ada potensi untuk dibisniskan. 

2. Teliti Pasar Anda

Selanjutnya adalah teliti potensi pasar bisnis Anda. Hobi yang Anda kembangkan apakah memiliki nilai pasar! Bagaimanakah menciptakan pasar ! Anda bisa mengeceknya dengan menjelajahi google. Apabila ada bisnis yang sejenis, lihat apa kelebihan dan kelemahan dari bisnis yang sudah ada tersebut

Anda dapat memilih sesuatu yang sudah dilakukan orang, tetapi Anda yakin bahwa Anda dapat meningkatkan model bisnis yang ada. Atau Anda dapat memilih sesuatu dan memulainya dari awal dengan beberapa inovasi baru.

3. Tetapkan Tujuan Keuangan

Tentu, Anda tidak memulai bisnis Anda semata-mata untuk uang, tetapi untuk menjaga bisnis Anda berkelanjutan, Anda perlu menetapkan tujuan yang realistis dan menggunakan dasbor untuk melacak metrik bisnis yang penting.

Mulailah dengan tujuan kecil dan tingkatkan terus. Mulailah dengan tujuan sehari-hari. Pastikan setiap tindakan yang Anda ambil melakukan sesuatu yang membawa Anda lebih dekat ke tujuan besar Anda.

4. Jadikan Konten Dapat Dibagikan

Buatlah situs untuk pemasaran bisnis Anda dan pastikan situs web yang Anda buat berupa konten yang bisa di share dengan mudah diberbagai macam media sosial

Situs web Anda adalah landasan strategi promosi dan pemasaran, jadi sekarang adalah saat yang tepat untuk membangunnya. Setelah Anda memiliki situs web, Anda dapat membuat konten dan mempromosikannya.

Anda kemudian perlu membuat konten itu tetap. Dengan konten itu, Anda perlu mengatasi kebutuhan pelanggan, atau membantu pelanggan menyadari bagaimana produk atau layanan Anda dapat memecahkan masalah mereka.

5. Pikirkan Tentang Pemasaran

Pemasaran adalah bagian penting dari keseluruhan proses menjalankan bisnis. Anda pasti harus memasukkannya ke dalam rencana bisnis Anda, karena ini akan bertanggung jawab untuk hampir semua komunikasi dengan pelanggan Anda: branding dan Public Relation

6. Bangun Follower

Ketika Anda memulai bisnis Anda, pastikan Anda mempengaruhi beberapa individu yang dapat menggunakan produk Anda dan mengatakan sesuatu yang baik tentang Anda. Ini bukan hanya tentang membuat produk dan menjualnya; ini adalah tentang menciptakan produk yang akan disukai orang untuk dibagikan kepada orang lain.

Anda bisa menggunakan email marketing atau media sosial. Berikan pembaruan tentang produk Anda dan lakukan posting yang mengedukasi tentang mengatasi masalah user/pelanggan Anda. Untuk saat ini, ini mungkin tampak sederhana, tetapi begitu Anda mulai, ini akan menjadi rumit. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu merencanakan sesuatu sebelum sesuatu terjadi.

7. Luncurkan Sesuatu yang Bisa Anda Jual

Tidak apa-apa untuk memulai dengan sesuatu yang Anda sukai. Tetapi Anda perlu belajar cara menjualnya dengan benar. Pelajari cara mempromosikan produk Anda kepada pelanggan. Ini adalah hal-hal sederhana yang menciptakan dampak besar pada penjualan.

Jika Anda ingin meluncurkan sesuatu yang benar-benar baru, pastikan Anda mengikuti tip pertama dan teliti target pasar Anda sebelum mulai menjual produk Anda. Menjadi baru dan unik bisa jadi menakutkan pada awalnya, tetapi yang perlu Anda lakukan hanyalah berpikir di luar kebiasaan!

Anda dapat membangun toko online yang berfokus pada hadiah untuk orang-orang yang kesulitan memilih hadiah untuk orang yang mereka cintai pada kesempatan tertentu. Baik itu hadiah pensiun, hadiah terima kasih, ide hadiah untuk karyawan — kemungkinannya tidak terbatas!

8. Mulailah dengan MENGAPA

Ketahui MENGAPA Anda berbisnis. Apa yang tidak dapat diberikan orang lain? Dan apa yang akan didapatkan pelanggan jika mereka membeli dari Anda?

Mengetahui MENGAPA Anda dalam bisnis adalah langkah penting ketika memulai bisnis Anda dari awal. Karena tidak peduli apakah Anda menyadarinya sekarang atau tidak, cepat atau lambat Anda akan mencari tahu MENGAPA bisnis Anda.

Sebagai penutup, banyak pengusaha berpikir bahwa menghasilkan banyak uang adalah bagian yang menyenangkan. Bagian yang menyenangkan adalah proses belajar. Proses yang membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik dan berkembang. Setelah Anda mendapatkan rasa transformasi diri itu, Anda tidak akan pernah melihat kewirausahaan dengan cara yang sama lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *