10 Cara Menemukan Ide Bisnis Serta peluang Usaha Bagi Pemula

Ingin membuka sebuah usaha dan belajar berbisnis, tapi bingung mencari ide bisnis yang tepat. Ada baiknya jika memperhatikan ulasan berikut ini.

Pada dasarnya untuk mencari ide bisnis sendiri tidak terlalu sulit. Sama halnya ketika Anda mencari lowongan kerja, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, untuk menemukan ide bisnis menarik, dan pastinya tepat untuk Anda.  

1. Ide Bisnis bisa diawali dari hal yang disukai atau hobby

Mencari ide bisnis yang tepat, maka langkah yang pertama adalah mencari berdasarkan hal yang Anda sukai, atau bisa jadi berdasarkan hobby. Misalnya saja Anda suka dengan membuat kreasi makanan. Tidak ada salahnya jika Anda mengembangkan ide tersebut, dan menjualnya ke pasaran.

Atau bisa juga ketika Anda suka mengoleksi sneakers. Bagi sebagian orang, hal tersebut, mungkin hanya sekedar fashion biasa saja. Namun akan berbeda halnya jika dilihat dari sisi bisnis. Anda dapat mengembangkan ide bisnis tersebut, untuk menjadi seorang reseller, membuka jasa pembelian dari luar negeri, atau bahkan menjual sepatu bekas yang layak pakai.  

Ini bisa menjadi salah satu ide bisnis yang pas untuk siapa saja baik itu career lulusan SMA, atau bahkan mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.

2. Berdasarkan masalah yang sering anda alami

Adapun cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mencari ide bisnis yaitu berdasarkan masalah yang sering Anda alami. Kebanyakan orang hanya terpaku pada masalah yang terjadi, bukan mencari penyebab dari masalah tersebut. Justru dari masalah itu pulalah, Anda akan memperoleh sebuah peluang bisnis.

Kali ini temukan solusi untuk hal yang dinilai benar benar menjengkelkan. Atau bisa juga dengan mencari solusi, yang lebih baik, untuk hal yang biasanya Anda lakukan, atau membuat prosesnya jadi lebih efisien. 

Baca juga  Tips Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan

Misalnya saja Anda sering kesulitan untuk mengikat tali sepatu, meskipun Anda menyukai sepatu yang dilengkapi dengan tali. Tidak ada salahnya jika menciptakan sebuah sepatu yang dilengkapi dengan tali, namun tali tersebut justru hanya sebagai hiasan saja, bukan sebagai tali pengikat yang sesungguhnya.

Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu fokus mencari lowongan pekerjaan, lantaran Anda dapat menciptakannya sendiri.

3. Mencari masalah yang dihadapi pasar

Sama halnya dengan Tokopedia yang menyediakan lowongan, berdasarkan kebutuhannya. Maka itu pulalah yang akan Anda lakukan, mencoba peka terhadap aneka permasalah yang dimiliki diri sendiri, atau juga orang lain di sekitar Anda.

Misalnya saja banyak sekali orang yang kesulitan untuk membeli air mineral, maka solusi yang paling pas adalah menyediakan tempat isi ulang air mineral yang dilengkapi dengan layanan delivery untuk pembelian air mineral. Secara tidak langsung, hal tersebut membuat Anda membuka lowongan pekerjaan, khususnya untuk petugas delivery atau pengantar air mineral.

4. Membantu menyelesaikan masalah calon pelanggan

Ide bisnis berikutnya, yaitu membantu menyelesaikan masalah untuk para pelanggan. Seperti halnya Grapari Telkomsel, yang banyak membutuhkan Customer service. Anda dalam hal ini, dapat mencari tahu, berbagai kesulitan yang dimiliki oleh masyarakat luas.

Misalnya saja ketika seseorang sedang mencari kerja di situs lowongan kerja, tapi karena banyaknya lowongan yang ada, pastinya membuat orang kesulitan mencari yang lebih spesifik. Dalam hal ini, Anda dapat membantunya dengan membuat sebuah aplikasi yang akan membantu seseorang atau bahkan orang banyak dalam menemukan pekerjaannya yang tepat sesuai kebutuhan, dan skill, melalui fitur yang ada pada aplikasi tersebut.

5. Cari tahu passion Anda

Banyak orang yang tertarik ketika melihat lowongan Google karir internship, tapi bagaimana jika lowongan tersebut tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Dibanding Anda merasa sedih. Ada baiknya jika Anda mencari pekerjaan yang lebih mudah, dan pastinya sesuai kemampuan, atau juga siapa saja, misalnya saja di PT. Pertamina retail karir. Jenis pekerjaan yang ditawarkan, biasanya terbilang umum, dan dapat diisi oleh orang pada umumnya.

Baca juga  Cara Menemukan Ide Bisnis dan Peluang Usaha yang Kreatif dan Inovatif

Secara tidak langsung, artinya Anda harus mengenali passion atau kemampuan dengan lebih baik. Jangan asal mengambil ide, namun ide tersebut tidak sanggup Anda jalankan, lantaran bukan bidangnya.

6. Belajar dari kisah sukses orang lain

Belajar dari kisah orang lain yang sukses dari bisnis yang dijalankan, sedikit banyak akan menjadi ide bisnis menarik yang dapat Anda copy, dan coba jalankan. Seperti halnya job karier dalam bidang manager, terbilang banyak namun hanya sedikit yang berhasil lolos jadi seorang manajer.

Dalam hal ini, Anda dapat mempelajari, berbagai syarat yang diajukan perusahaan, dan pastikan Anda pun mampu menyanggupinya. Jika demikian, Anda pun dapat mengikuti jejak mengisi lowongan kerja karir sebagai seorang manajer tersebut.

Tentunya ada hubungannya dengan ulasan job dan karir yang disebutkan di atas. Dengan Anda akan memulai usaha, coba cari usaha yang sesuai dengan kemampuan, dan belajarlah tentang usaha tersebut, dari orang yang sudah sukses dari usaha tersebut. Misalnya saja Anda ingin menjadi seorang influencer, maka belajarlah pada seorang influencer terbaik di bidangnya.  

7. Mencari ide bisnis menarik

Misalnya saja di sini Anda jalan jalan dan menghadiri karir fair, kemudian Anda melihat iklan lowongan supply chain karir. Dimana umumnya lowongan kerja career di bidang supply chain ini sendiri cukup beragam. Tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu tentang apa itu supply chain, kelengkapan supply chain dan bagaimana cara menjalankannya.  

Siapa tahu, dari informasi tersebut, Anda nantinya mempunyai ide bisnis menarik yang berhubungan dengan supply chain tersebut.  

8. Melakukan riset

Cara lain, untuk mencari ide bisnis lainnya, adalah dengan melakukan riset ide bisnis. Dalam hal ini ada cukup banyak cara, untuk melakukan riset tersebut, salah satunya adalah dengan mengunjungi job karir atau bursa lowongan kerja.

Walaupun terkesan sederhana, namun jika Anda jeli, secara tidak langsung, Anda akan menemukan aneka macam ide bisnis menarik di tempat Jobkarir. Misalnya saja menyediakan tempat untuk menyelenggarakan job karir secara berkala, membuka job karir secara online, membuat aplikasi job karir, membuat penyelenggara job karir dan yang lainnya.   

Baca juga  7 Rekomendasi Bisnis Sampingan yang tidak Menggangu Jadwal Daring Anak

9. Menyesuaikan dengan trend yang ada

Selain mencari ide dengan melakukan riset, mencari ide bisnis, berdasarkan trend yang sedang berlangsung saat ini juga tidak ada salahnya Anda lakukan.  Misalnya saja dahulu ketika orang mencari informasi tentang karir secara offline. Maka kini sudah banyak website yang menyediakan lowongan pekerjaan secara online, dan membuatnya  jauh lebih praktis, dan mudah dilakukan.

Demikian pula dengan Anda, saat ini ada cukup banyak orang yang menjajakan dagangannya secara online. Maka kali ini Anda juga akan mencari ide bisnis online yang akan dijalankan. Misalnya saja menjual aneka pernak pernik secara online, menjual aneka camilan unik secara online, dan yang lainnya. Atau jika Anda mempunyai kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya saja membuat desain animasi, atau membuat desain web, tidak ada salahnya jika menawarkan jasa tersebut secara online.

10. Ide bisnis berdasarkan pengalaman atau pekerjaan Anda

Jika Anda pernah bekerja sebagai seorang asisten produksi, melihat iklan production assistant karir, sedikit banyak Anda akan mengetahui program kerja yang harus Anda lakukan. Tapi apakah Anda pernah memikirkan hal tersebut, untuk menjadi sebuah ide bisnis. Misalnya saja menyediakan production assistant secara part time, membantu memanage aneka tugas yang dimiliki oleh seorang production assistant dan yang lainnya agar lebih efisien.

Walaupun terbilang sepele, namun tidak banyak orang yang berpikir akan ide career loker, tersebut. Tidak seperti career kasir yang terkesan monoton. Jika Anda jeli, Anda dapat mengembangkan ide bisnis menarik, berdasarkan pengalaman kerja, dari pekerjaan sebelumnya.

Demikianlah beberapa ide bisnis, menarik yang dapat Anda coba gunakan, untuk menemukan ide bisnis yang pas, dan tepat, sesuai kebutuhan Anda. Walaupun pada dasarnya, untuk menemukan ide bisnis yang tepat, tidak mudah, dan membutuhkan proses yang tidak bisa dibilang cepat.

Karena pada dasarnya, jika Anda jeli dan mampu menjalankan bisnis dengan baik, bukan tidak mungkin membuat bisnis Anda juga akan semakin maju. Secara tidak langsung sama halnya dengan meningkatkan career kerja Anda dalam bisnis tersebut.

x

Leave a Comment