Bisnis  

Ingin Terjun Kedunia Bisnis ! Inilah Contoh Bisnis Anak Muda yang Bisa Kamu Lakukan

Ingin Terjun Ke Dunia Bisnis? Inilah Contoh Bisnis Anak Muda yang Bisa Kamu Lakukan
Ingin Terjun Ke Dunia Bisnis? Inilah Contoh Bisnis Anak Muda yang Bisa Kamu Lakukan

Anak muda punya banyak ide yang bisa dituangkan dalam bidang bisnis. Ada banyak contoh bisnis anak muda yang bisa berhasil dijalankan dan menghasilkan banyak keuntungan.

Bisnis memang menjadi salah satu bidang yang banyak diminati. Apalagi oleh anak muda yang punya segudang ide kreatif yang sayang sekali jika tidak disalurkan. Bisnis apa saja yang cocok dijalankan oleh anak muda?

Contoh Bisnis Anak Muda

Meskipun sibuk sekolah, kuliah, ataupun bekerja. Kamu juga masih bisa menjalankan bisnis sebagai pekerjaan sampingan, berikut ini ada beberapa contoh bisnis yang bisa Kamu kerjakan,

1. Toko online

Tidak ada salahnya mencoba untuk membuka toko online. Apalagi untuk Kamu yang masih muda dan punya banyak ide kreatif yang segar.

Dengan menggunakan toko online. Kamu bisa menjual berbagai macam produk, seperti makanan ringan, pakaian, topi, sepatu, aksesoris, skincare, makeup, dan produk-produk lainnya.

Selain itu, ada tiga pilihan platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuka toko online. Dan sangat dekat dengan anak muda yaitu website, platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Tentunya platform media sosial seperti Instagram dan Facebook.

2. Reseller atau dropshipper

Masih berhubungan dengan ketiga platform yang bisa Kamu gunakan. Bedanya jika toko online mengharuskan Kamu setidaknya memiliki stok produk yang dijual. Sedangkan, menjadi seorang reseller atau dropshipper tidak mengharuskan Kamu memiliki produknya. 

Di bisnis ini, Kamu hanya perlu memasarkan produk orang lain menggunakan platform media sosial, website atau e-commerce. Saat ada orang yang tertarik dengan promosi yang Kamu lakukan dan membeli produk tersebut, maka Kamu akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan. Singkatnya Kamu berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Baca juga  Yang Bukan Salah Satu Alasan Kegagalan Pebisnis Saat Menjalankan Bisnis Adalah

Ternyata, meskipun cara kerjanya sama, namun reseller dan dropshipper ini cukup berbeda. Jika menjadi reseller Kamu masih menggunakan nama perusahaan produk tersebut, sedangkan sebagai dropshipper Kamu bisa menggunakan nama toko Kamu sendiri.

3. Kafe kecil-kecilan

Di tengah banyaknya kegiatan yang dilakukan, biasanya anak muda masih menyempatkan diri untuk nongkrong bersama teman-teman, entah di mall, sekolah, atau kafe. Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan membuka coffeeshop atau kafe kecil-kecilan dengan konsep kekinian, sehingga bisa menarik anak muda lainnya.

Buatlah kafe yang nyaman untuk ngobrol ataupun mengerjakan tugas, dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis, dan tentunya makanan dan minuman yang enak tapi tetap ramah di kantong pelajar.

4. Jasa les privat

Bisnis lain yang bisa dilakukan oleh anak muda adalah membuka jasa les privat tentunya buat Kamu yang memiliki kemampuan untuk mengajar. Bisa banget jadi tentor les privat yang mengajar anak SD, SMP, ataupun SMA di rumah.

5. Bisnis anak Muda diantaranya Fotografer

Apakah Kamu menyukai fotografi dan memiliki kamera yang spesifikasinya lumayan? Meskipun belum punya studio, Kamu masih bisa menawarkan jasa sebagai fotografer untuk berbagai event. Entah itu untuk foto buku tahunan sekolah, bahkan bisa juga menjadi fotografer prewedding.

Apapun jenis bisnis anak muda tersebut, yang bukan salah satu alasan kegagalan pebisnis saat menjalankan bisnis adalah memiliki semangat dan tekad yang kuat dalam berbisnis, sehingga pada akhirnya bisa mencapai kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *