Bisnis  

8 Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil

8 Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil
8 Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Tidak hanya modal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat sebuah usaha, namun juga tips mengelola keuangan usaha kecil. Hal ini, penting, agar Anda tahu bagaimana cara mengelola keuangan usaha dengan baik, dan membuat usaha Anda mampu bertahan, bahkan terus berkembang.

Buat rencana pengembangan bisnis

Buat rencana pengembangan bisnis adalah cara mengelola keuangan usaha kecil penting yang harus diperhatikan pertama kali. Dalam hal ini susun rencana pengembangan pada bisnis yang sedang dijalankan, untuk beberapa tahun ke depan, misalnya tahun ini Anda akan menggunakan 1 buah toko, dan tahun berikutnya jadi 2 toko / outlet, dll.   

Susun rencana pendapatan dan pengeluaran  

Adapun tips mengelola keuangan usaha kecil berikutnya adalah menyusun anggaran pendapatan dan juga pengeluaran guna mewujudkan rencana bulanan atau tahunan Anda. Misalnya saja rencana target penjualan per bulan, berapa biaya yang dibutuhkan, untuk apa saja uang tersebut, dan yang lainnya.

Alokasikan budget sesuai pos pengeluaran

Dalam cara mengatur keuangan usaha kecil, Anda juga harus membuat pos pengeluaran rutin, bulanan, misalnya saja belanja bahan baku, gaji para pegawai, membayar listrik, air, gas,membayar pajak, dan aneka pembayaran wajib lainnya.  

Sebaiknya alokasikan aneka pengeluaran tersebut sejak awal, agar tidak menghambat usaha, dan mengeluarkan biaya yang terbilang tidak terlalu perlu.

Buat catatan arus kas

Membuat catatan arus kas adalah hal lain yang juga harus Anda lakukan. Catatan seperti tidak hanya baik untuk mengatur keuangan usaha Anda, namun juga mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta. Pastikan Anda akan mencatat setiap pemasukan dan juga pengeluaran dalam bisnis secara rapi dan terstruktur.  

Cara mengatur keuangan usaha kecil dan pisahkan uang toko

Tips mengelola keuangan usaha kecil yang penting untuk dilakukan adalah, jangan pernah menggabungkan keuangan usaha Anda dengan keuangan pribadi. Jika memang Anda menggunakan uang kas dari bisnis, maka catat sebagai sebuah piutang yang harus Anda bayar di kemudian hari.

Pemilik toko mendapatkan gaji

Dalam cara mengelola keuangan bisnis kecil yang benar, pemilik bisnis akan memperoleh gaji, layaknya para karyawan umumnya. Adapun besaran gaji yang akan diperoleh, tentunya tergantung dari besaran keuntungan dari bisnis yang sedang dijalankan tersebut.

Investasi pada pengembangan bisnis

Keuntungan dari bisnis, sebaiknya jangan Anda ambil sebagian keuntungan untuk pribadi semata, namun sisihkan juga untuk pengembangan bisnis Anda. Misalnya saja untuk upgrade kapasitas produk, upgrade fasilitas toko, dan yang lainnya.

Memanfaatkan teknologi digital

Untuk membantu Anda dalam bidang usaha, tidak ada salahnya jika mulai memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Misalnya saja untuk promosi, menggunakan sosial media menggunakan aplikasi akuntansi dan yang lainnya.

Tentunya dengan adanya tips mengelola keuangan usaha kecil yang ada, secara tidak langsung, Anda jadi tahu, bagaimana cara mengelola keuangan dalam usaha secara baik, agar kelak usaha atau bisnis yang sedang dikembangkan, dapat  berkembang dengan baik.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.