Bisnis  

Cara Mengatur Manajemen Keuangan Usaha Kecil

7 Cara Mengatur Manajemen Keuangan Usaha Kecil Secara Lebih Baik
7 Cara Mengatur Manajemen Keuangan Usaha Kecil Secara Lebih Baik

Salah satu tantangan yang terbilang cukup membingungkan, bagi para pebisnis pemula adalah bagaimana cara mengatur manajemen keuangan usaha kecil secara baik.

Informasi seperti ini dinilai penting, agar Anda dapat memanage keuangan dengan lebih baik, adapun hal hal yang sebaiknya diperhatikan antara lain :

Pisahkan keuangan pribadi dan usaha

Adapun cara mengatur manajemen keuangan usaha kecil yang pertama adalah memisahkan keuangan pribadi dengan usaha yang sedang dilakukan. Dalam hal ini Anda sebaiknya membuat 2 buah sistem keuangan, bahkan 2 buah rekening.

Fungsinya agar Anda mengetahui arus keluar masuk dari usaha yang sedang dijalankan dengan baik, tanpa harus terganggu oleh keuangan pribadi.

Selain itu, Anda juga tidak boleh mencampurkan keuangan pribadi dengan bisnis, atau bahkan mengambil uang dari usaha untuk kepentingan pribadi.  

Bayar semua tagihan secara tepat waktu

Sama halnya ketika Anda mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta. Dalam hal ini Anda akan melunasi dan membayar aneka macam tagihan pembayaran, mulai dari tagihan listrik, tagihan internet, gas, air, dan yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai macam denda, akibat membayar tagihan yang terlambat.  

Hitung keuntungan secara jelas

Adapun tips manajemen keuangan usaha kecil berikutnya adalah mencari tahu dan menghitung berapa keuntungan atau laba yang diperoleh dari bisnis tersebut.

Hal tersebut dilakukan untuk mencari tahu, sejauh mana bisnis yang sedang dijalankan tersebut, apakah dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Baca juga  Laporan Keuangan Perusahaan Startup

Perhatikan dengan baik kontrak perjanjian dengan pihak ketiga

Jika bisnis yang sedang dijakanan melibatkan pihak ketiga, maka sebelum melakukan kerjasama tersebut, ada baiknya jika Anda memperhatikan dengan baik, aneka macam perjanjian yang sudah dibuat sebelumnya. Bagaimana masalah pengeluaran, pembayaran dan aneka hal lainnya, agar kelak terjalin kerjasama yang lebih baik

Gunakan laba untuk mengembangkan usaha Anda

Ketika belajar manajemen keuangan usaha kecil, Anda perlu memperhatikan hasil laba atau keuntungan yang diperoleh, ada baiknya jika Anda kelola dengan baik.

Sebagian dapat Anda gunakan untuk menggaji diri sendiri, sedangkan sisanya dapat digunakan untuk modal dan juga mengembangkan bisnis itu sendiri.  

Bahkan tidak ada salahnya, jika Anda mengembangkan sayap, dengan menginvestasikan laba yang ada pada jaringan bisnis yang lain.

Merencanakan budget usaha

Merencanakan budget usaha secara tepat, akan jadi cara manajemen keuangan usaha kecil yang perlu diperhatikan. Hal ini penting, agar mampu mengukur sejauh mana kinerja dan efisiensi yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Misalnya saja perencanaan keuangan secara mingguan, bulanan atau bahkan tahunan. Hasilnya Anda dapat secara mudah melakukan evaluasi, akan sistem perencanan, dan aneka pengeluaran, dan yang lainnya secara lebih baik.

Mengawasi arus kas keuangan

Bagaimana cara mengatur manajemen keuangan usaha kecil, salah satunya dengan mengawasi dan menggunakan arus kas keuangan dengan baik. Ini penting, agar Anda mampu mengetahui arus keluar masuk dari keuangan bisnis yang dimiliki.

Dari ulasan di atas jelas sudah, bahwa cara mengatur manajemen keuangan usaha kecil ternyata tidak terlalu sulit. Selain itu dengan belajar dan mengatur keuangan dengan baik, yang secara tidak langsung, akan berimbas pada bisnis yang sedang dijalankan.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *