Ini Dia Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Gaji 2 Juta

mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta
mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta

Saat ini cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta itu memang agak sulit dan terlihat tidak mungkin cukup. Namun, tentunya setiap pasangan suami istri bisa membantu mengoptimalkan penghasilan bulanan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Gaji 2 Juta

Untuk keluarga sederhana yang sudah memiliki anak tentunya harus berusaha ekstra untuk mengatur gaji kecil. Intinya semakin banyak anggota keluarga, maka akan semakin banyak pengeluaran yang dibutuhkan. 

Jika hanya kepala rumah tangga yang mencari nafkah, maka Anda harus mengatur keuangan lebih ekstra karena harga kebutuhan pokok semakin meningkat. Pastikan pasangan suami istri bisa atur gaji bulanan secara optimal.

Jika tidak, maka jangan sampai malah terjebak untuk meminjam uang dari rentenir atau lembaga lainnya. Hutang yang menumpuk akan merusak pengelolaan keuangan Anda, oleh sebab itu usahakan selektif dalam mengatur keuangan. 

Buat Alokasi Gaji Secara Efektif

Cara pertama mengatur gaji 2 juta yaitu mengenali kondisi finansial Anda dan juga pasangan. Cara mengatur keuangan untuk masa depan harus tepat untuk memenuhi segala kebutuhan rumah tangga. Metode alokasi gaji bisa dibuat 80/20 yaitu 80% untuk mengatur penghasilan dalam kebutuhan pokok dan 20% untuk investasi, menabung atau membeli barang sekunder sehingga bisa mempersiapkan dana secara darurat. 

Cara satu ini bisa menjadi kunci untuk membiasakan diri untuk mengatur keuangan dengan baik. Anda yang berpenghasilan 2 juta bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan pokok seperti alat kebersihan diri, biaya makan, pulsa, dan tagihan listrik. Ketika pasanganmu berpenghasilan 1 juta, maka bisa 20% sebagai investasi dan tabungan. Dengan kata lain, pasangan suami istri perlu berpikir kreatif untuk bisa menjamin kebutuhan saat ini dan dana darurat kedepannya. 

Membayar Semua Tagihan Dengan Tepat Waktu

Seperti yang Anda ketahui, pembayaran tagihan yang lambat akan membuat Anda harus membayar denda dengan nominal tertentu. Untuk itu, Anda bisa langsung membayar tagihan untuk keperluan pokok dengan tepat langsung setelah gajian sehingga bisa meminimalisir risiko denda. Disamping itu, seiring perkembangan teknologi akan memudahkan Anda untuk membayar tagihan secara otomatis supaya pengelolaan keuangan bisa lebih efektif. 

Membuat Prioritas Pos Pengeluaran Keuangan

Cara mengelola uang gaji 3 juta mungkin lebih mudah dibandingkan dengan gaji 2 juta. Suami istri perlu bekerja sama untuk mengatur keuangan tiap bulannya dengan menentukan prioritas pos pengeluaran. Dengan gaji sebesar 2 juta, maka Anda bisa mengesampingkan kebutuhan sekunder dan optimalkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan transportasi, biaya makan, biaya listrik, dan kebutuhan pokok lainnya. 

Membuat Daftar Belanja Bulanan

Setiap belanja, Anda harus menyiapkan daftar belanja bulanan secara detail dan rutin tiap bulannya. Menghemat pengeluaran rumah tangga tentunya akan lebih mudah dilakukan dengan laporan keuangan Anda. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk bisa berbelanja secara prioritas sesuai dengan pengeluaran. Anda cukup mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan dalam daftar belanja bulanan sehingga pengeluaran luar rencana tidak terjadi. 

Silahkan Bedakan Keinginan Dengan Kebutuhan

Cara mengatur uang dalam rumah tangga akan lebih mudah lagi dengan membedakan kebutuhan dengan keinginan. Anda bisa menggunakan metode 30 hari untuk berusaha menunda beli barang dalam waktu selama 30 hari. Jika dalam waktu 30 hari tidak ingin barang tersebut, maka barang ini hanya menjadi sebuah keinginan saja. Metode satu ini akan memudahkan Anda untuk membeli kebutuhan dengan mengoptimalkan gaji yang kecil. 

Mencatat Segala Bentuk Pengeluaran

Cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta memang agak sulit dilakukan. Oleh sebab itu, pastikan untuk berusaha mencatat segala bentuk pengeluaran dengan baik. Kegiatan pencatatan bisa membuat Anda dan pasangan lebih terbuka mengenai keuangan rumah tangga. Kiat menabung dengan gaji kecil akan lebih berhasil dengan suami istri saling mengetahui kondisi finansial masing-masing. Pencatatan seperti ini merupakan metode untuk mengatur pengeluaran agar sinkron dengan daftar belanja bulanan. 

Melakukan Evaluasi Laporan Pengeluaran

Mencatat laporan pengeluaran memang sangat penting untuk evaluasi setiap bulannya. Cara mengatur manajemen keuangan usaha kecil juga bisa dilakukan dengan evaluasi laporan pengeluaran secara rutin. Silahkan tinjau kembali daftar belanja bulanan yang mulai membengkak agar bisa mengurangi biaya pengeluaran. Walaupun dengan gaji 2 juta, Anda masih tetap bisa memenuhi segala kebutuhan pokok. Selain itu, Anda juga perlu mengupayakan usaha lain untuk memenuhi segala kebutuhan rumah tangga. 

Memanfaatkan Banyak Promo Menarik

Ketika berbelanja, maka Anda bisa memanfaatkan promo menarik untuk membeli kebutuhan pokok.  Jika dipikir-pikir, cara mengatur keuangan gaji 10 juta memang lebih mudah. Namun siapa sangka dengan gaji yang pas-pasan bisa membuat Anda lebih disiplin dan bisa memanfaatkan keadaan dengan baik. Sudah banyak sekali toko swalayan atau aplikasi belanja online yang sering menawarkan promo atau potongan harga menarik. Dengan memanfaatkan momen tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan budget belanja terlalu besar. 

Berusaha Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika Anda merasa gaji 2 juta masih belum mencukupi kebutuhan keluarga, maka bisa mencoba untuk mencari pekerjaan sampingan. Misalnya pasangan Anda membagi waktu untuk berdagang online yang bisa dilakukan dari rumah. Cara mengatur keuangan berdagang sebenarnya tidak ribet kalau masih bisa di handle sendiri. Penghasilan dari pekerjaan sampingan nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder sampai hiburan. 

Saat ini semua orang memiliki kesempatan besar untuk melakukan pekerjaan sampingan secara online. Ibu rumah tangga bisa mencoba untuk membuka bisnis sendiri atau berjualan keliling. Menariknya lagi, saat ini sudah banyak perusahaan besar yang membuka lowongan kerja freelance secara online. Ini kesempatan besar untuk Anda, karena tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah walaupun sambil bekerja sekalipun. 

Konsisten Menabung dan Ikut Berinvestasi

Perlu Anda ketahui, tips mengelola keuangan usaha kecil bisa dimanfaatkan dengan konsisten untuk menabung dan berinvestasi. Nabung dan investasi merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan gaji bulanan. Dengan metode seperti itu, Anda bisa memenuhi segala kebutuhan sekunder sampai kebutuhan hiburan. Tidak hanya itu, pasangan suami istri juga bisa mempersiapkan dana darurat untuk masa depan yang lebih cerah. 

Jika misalnya ada kebutuhan dana yang sifatnya mendesak, maka Anda tidak perlu bergantung pada pinjaman karena sudah terdapat dana darurat dalam rekening. Sudah banyak sekali orang yang mengalokasikan dana darurat dengan memilih instrumen investasi yang resikonya rendah. Dengan jaminan likuiditas yang terjamin, maka uang simpanan Anda juga akan lebih optimal. Jenis investasi risiko rendah yaitu Reksadana yang sifatnya aman, mudah, dan praktis. 

Cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta dengan efektif dan efisien sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja. Anda bisa mengoptimalkan penghasilan dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Coba untuk menetapkan prioritas, mencatat segala jenis pengeluaran, alokasikan gaji dengan tepat, berusaha untuk menabung dan berinvestasi. Semua orang kini sudah mulai investasi dengan hanya mengandalkan modal terjangkau. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.