John C Maxwell Kepemimpinan yang Memiliki 5 Tingkatan Level

John C Maxwell Kepemimpinan yang Memiliki 5 Tingkatan Level
John C Maxwell Kepemimpinan yang Memiliki 5 Tingkatan Level

John C Maxwell kepemimpinan– Seorang pakar kepemimpinan, John C. Maxwell menjelaskan tentang lima level tingkatan leadership dalam organisasi. Lima level ini dapat Anda pelajari untuk mengetahui di level manakah leadership seseorang berada.

Seorang pemimpin bukan hanya sekadar orang yang menempati posisi tinggi dan bisa mengatur bawahannya. Lebih dari itu, kepemimpinan menurut John C Maxwell dibedakan dalam lima tingkatan level.

Position (people follow because they have to)

Ini merupakan bagian awal dari seluruh tahapan yang diterangkan oleh Maxwell. Level ini merupakan bagian paling dasar yang bisa dicapai oleh siapapun.

Hal ini karena semua orang bisa naik ke jabatan (posisi) yang lebih tinggi meskipun tidak memiliki skill kepemimpinan.

Pada level ini, seseorang menjadi pemimpin karena berkaitan dengan jabatan dalam organisasi dan orang lain mengikuti Anda karena mereka harus dan tidak punya pilihan lain.

Umumnya seseorang pada level ini memanfaatkan jabatannya untuk bisa memerintah orang lain. Pengaruh jabatan tentu berlaku karena orang lain butuh tetap aman dalam posisinya.

Namun, untuk bisa sampai mengambil hati dan memotivasi orang lain butuh lebih dari sekadar jabatan.

Permission (people follow because they want to)

Pada level dua ini menjadi fondasi yang penting untuk bisa diterima menjadi seorang pemimpin. Anda akan belajar mengenal orang lain dan terhubung dengan mereka. Dengan begitu mereka bisa mulai menghargai anda. 

Baca juga  Pentingnya Kepemimpinan Agile Jiwa Leadership yang Efektif dan Adaptif

Tingkatan ini merupakan penentu seseorang akan memilih untuk mengikuti anda atau tidak. Mereka hanya mengikuti anda jika mereka ingin.

Maka dari itu, penting untuk membangun relasi yang baik dengan orang lain. Menciptakan lingkungan yang positif dan menghargai setiap nilai yang ada pada diri masing-masing orang.

Anda bisa menciptakan hubungan yang kuat dengan orang lain bila sukses melewati fase ini dengan baik. Memperbaiki diri, menghargai orang lain, dan memberikan rasa hormat terhadap orang lain adalah beberapa kuncinya. Untuk mencapai hal itu, anda bisa mengikuti pelatihan leadership untuk manager.

Production (people follow because of what you have done for the organization)

Pada tahapan ini, menurut John C Maxwell kepemimpinan akan berkembang dan anda akan dihadapkan pada tantangan yang lebih dari sekadar membangun hubungan. Menyelesaikan berbagai hal adalah poinnya di sini.

Dengan mengenali nilai diri dan nilai pada orang lain, berbekal kepercayaan mereka dan keinginan mereka untuk terus mengikuti anda sebagai seorang pemimpin. Banyak pekerjaan akan terselesaikan dengan baik.

Anda bisa masuk ke dalam pikiran mereka dengan memotivasi mereka. Menjadi seseorang yang produktif tanpa adanya paksaan dari pemimpin.

Kalian akan tumbuh bersama-sama dan menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan menyenangkan, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu, keuntungan pun naik, moral juga bagus, dan lingkungan kerja yang menyenangkan.

People Development (people follow because of what you have done for them)

Pengembangan yang diperlukan pada level ini yaitu pengembangan pada diri orang lain. Anda yang sudah tumbuh dan penuh dengan gagasan yang baik tentu belum cukup untuk berhenti sampai di situ.

Anda akan dapat menyelesaikan banyak pekerjaan bila anda semakin semangat dan aktif dalam mengamati setiap anggota dalam lingkup kepemimpinan anda.

Baca juga  Perang Dagang Adalah: Definisi dan Dampaknya

Memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk bisa memimpin setiap proyek akan membuat hubungan anda tumbuh lebih baik dan semakin kokoh.

Bisa saja hubungan tersebut akan bertahan seumur hidup karena peran anda terhadap kehidupan pribadi mereka.

Untuk bisa menyelesaikan tahap ini, anda perlu melakukan pengamatan lebih terhadap masing-masing individu dalam tim anda tersebut. Memang membutuhkan waktu yang lama, tetapi investasi ini akan sangat menguntungkan anda.

Pinnacle (people follow because of who you are and what you represent )

Kepemimpinan pada level ini merupakan anugerah. Di mana pada tingkatan ini, nilai dan filosofi yang dimiliki oleh seorang pemimpin masih terus tumbuh dan berkembang bahkan setelah ia meninggal.

Level ini berkaitan dengan orang-orang suci seperti nabi dan rasul yang mendapat anugerah untuk menyebarkan ajarannya

level puncak ini merupakan sebuah level yang paling sulit. Banyak pemimpin yang tidak mampu mencapai level ini.

Anda bisa berada pada tingkatan ini apabila anda rajin untuk mengembangkan diri anda terus menerus serta tidak berhenti untuk menciptakan pemimpin-pemimpin baru seperti yang dilakukan oleh Mahatma Ghandi.

Memang membutuhkan waktu yang sangat panjang dan anda harus menginvestasikan diri anda pada kehidupan orang lain. Masuk ke dalam kehidupan mereka dan memperkuat relasi kalian sehingga menjadi sangat kokoh.

Sampai akhirnya mereka juga mampu menciptakan pemimpin-pemimpin baru yang lain. Bila bisa seperti itu, anda sukses dan berhasil menempati puncak kelima dari level kepemimpinan ini.

Kepemimpinan merupakan tentang tumbuh kembang diri anda, produktivitas anda, orang-orang dalam tim anda, dan hubungan anda.

John C Maxwell kepemimpinan mengajarkan tentang lima level tingkatan untuk menciptakan sosok seorang pemimpin yang benar-benar bisa merangkul anggotanya dan mampu menciptakan pemimpin-pemimpin yang baru.

Baca juga  Now You Know – 1 Desember: Hari AIDS Sedunia, Wakil Presiden Moh. Hatta Mengundurkan Diri, Bandara Polonia Terbakar dan Iddris Deby Menggulingkan Pemerintahan Sebelumnya

Artikel ini bisa Anda lihat dalam channel mikaylabinar.com 5 Level Kepemimpinan John C Maxwell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *