Pentingnya Mengikuti Pelatihan Leadership Untuk Manager Perusahaan

Pentingnya Mengikuti Pelatihan Leadership Untuk Manajer Perusahaan
Pentingnya Mengikuti Pelatihan Leadership Untuk Manajer Perusahaan

Tidak semua manajer perusahaan memiliki kemampuan leadership yang baik, oleh karena itu diperlukan pelatihan leadership untuk manager yang mampu menumbuhkan jika kepemimpinan yang bisa diteladani oleh bawahan atau karyawannya. 

Di dalam sebuah perusahaan, manajer bertanggung jawab terhadap kinerja karyawan yang tergabung dalam sebuah tim.

Manajer memiliki tugas pokok untuk memimpin dan mengarahkan karyawan agar bisa bekerja sama demi mencapai tujuan perusahaan.

Dengan kemampuan leadership yang dimiliki seorang manajer mampu membentuk sebuah tim kerja yang akan membantu dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan. 

Sekilas Tentang Leadership

Leadership atau kepemimpinan adalah keterampilan untuk memotivasi dan mempengaruhi lingkungan sosial dengan cara-cara tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Orang yang memiliki kemampuan leadership yang baik disebut dengan leader. 

Sedangkan untuk leadership dalam bisnis diartikan sebagai kemampuan dalam memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk meraih tujuan bisnis bersama-sama. 

Seorang pakar kepemimpinan, John C Maxwell membagi lima tingkatan kepemimpinan yang harus dilewati oleh seorang leader diantaranya :

1. Level Posisi

Kepemimpinan level ini merupakan tingkatan kepemimpinan terendah dimana karyawan mematuhi Anda hanya karena kedudukan atau posisi Anda sebagai atasan, Tidak ada motivasi kerja yang tinggi dan rasa kebersamaan

2. Level Hubungan

Pada tingkatan leadership ini, karyawan mulai mengikuti perintah Anda karena adanya keinginan untuk bekerja sama. Motivasi kerja pun semakin meningkat sehingga hubungan Anda dengan bawahan berjalan dengan baik.

3. Level Pencapaian 

Pada level selanjutnya, Anda telah memperoleh kepercayaan dari karyawan karena produktivitas, prestasi dan kredibilitas sebagai pemimpin. 

Baca juga  Pentingnya Kepemimpinan Agile Jiwa Leadership yang Efektif dan Adaptif

4. Level Mengembangkan Tim

Pada level ini, karyawan semakin percaya kepada Anda karena berhasil mengembangkan tim dan memberdayakan anggota tim dengan baik

5. Level Kepribadian 

Level tertinggi dalam kepemimpinan ini memang sulit untuk dicapai, dalam buku john c maxwell kepemimpinan pun telah dijelaskan bahwa pemimpin di level ini memiliki karyawan yang sangat menghormati pencapaian dan reputasinya baik sebagai individu maupun sebagai seorang pemimpin.

Gaya Kepemimpinan yang Cocok Untuk Seorang Manajer

Bagi Anda yang baru ditunjuk menjadi seorang manajer perusahaan, Anda bisa menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan karakter Anda asalkan tidak menyalahi aturan atau kebijakan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Berikut beberapa gaya kepemimpinan atau leadership yang cocok untuk seorang manajer :

1. Demokratis

Demokratis Leadership adalah jenis kepemimpinan yang mengusung konsep demokrasi dengan selalu mengedepankan masukan dari bawahan untuk mendapatkan keputusan yang terbaik

2. Visioner

Visioner leadership merupakan gaya kepemimpinan yang mampu untuk merancang ide-ide menarik untuk perusahaan. Pemimpin dengan karakter ini selalu berani mengambil resiko dan mau menerima kritikan dengan lapang dada. 

3. Suportif

Suportif Leadership menggunakan pendekatan personal untuk bisa berinteraksi dengan karyawannya dan melibatkan mereka dalam menyelesaikan sebuah masalah. Hal tersebut membuat hubungan antara pemimpin dan bawahan menjadi lebih sehat.

4. Otokratis

Otokratis Leadership memang merupakan salah satu jenis kepemimpinan yang kurang disukai oleh karyawan.

Meski menciptakan karakter pemimpin yang tegas dan berwibawa, gaya kepemimpinan otokratis juga terkadang menimbulkan hubungan kerja yang kaku antara bawahan dan atasan.

Pemimpin dengan karakter ini selalu mengambil keputusan sendiri tanpa menerima masukan dari karyawan.

5. Strategic

Pengertian strategic leadership adalah gaya kepemimpinan yang selalu mengedepankan hasil riset untuk mengambil sebuah keputusan. Pemimpin yang satu ini juga mampu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada sesuai dengan perkembangan pasar

Baca juga  5 Cara Pengembangan Diri Kepemimpinan

Pentingnya Pelatihan Leadership Untuk Manajer

Setelah mengetahui pengertian dan gaya kepemimpinan yang cocok untuk seorang manajer, saatnya Anda memahami secara detail tugas pokok manajer perusahaan.

Jika Anda terlalu fokus pada pengaplikasian gaya kepemimpinan saja, Anda tidak akan bisa memaksimalkan performa kerja tim untuk memajukan perusahaan.

Disinilah peran penting mengikuti training leadership khususnya bagi Anda yang baru dipercaya menjadi seorang manajer. 

Saat ini semakin banyak perusahaan yang mengikutsertakan karyawannya untuk mengikuti training leadership, tidak terkecuali bagi manajer divisi.

Dengan mengikuti pelatihan tersebut, manajer tentu dapat lebih menguasai cara membangun leadership serta membuat kebijakan terbaik bagi tim sekaligus perusahaan.  

Materi yang Dipelajari di Pelatihan Leadership Untuk Manajer

Umumnya terdapat beberapa materi leadership yang ditawarkan oleh banyak jasa konsultan manajemen bisnis yang mengadakan pelatihan leadership untuk manajer seperti :

  1. Definisi, konsep, peran, fungsi leadership
  2. Leadership style
  3. Leadership abilities, seperti handling people, cara memecahkan masalah, berdiskusi, manajemen waktu, cara mengevaluasi kerja tim, cara menjadi pemimpin organisasi yang baik dan masih banyak lagi
  4. Interpersonal Skill, yaitu cara meningkatkan kemampuan bernegosiasi, mengembangkan tim, manajemen prioritas, dan lain-lain
  5. Presentasi skill berupa kemampuan dalam interview dan analitik
  6. Self Confidence dan pengembangan diri. 

Metode Pelatihan Leadership Untuk Manajer

Metode pelatihan leadership untuk manager biasanya menggunakan teknik interaktif, baik secara online maupun tatap muka dalam bentuk :

  1. Persentasi
  2. Diskusi
  3. Studi Kasus
  4. Evaluasi
  5. Test
  6. Games

Manfaat Mengikuti Pelatihan Leadership Untuk Manajer

Dengan mengikuti pelatihan leadership, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat yang berguna bagi pekerjaan Anda sebagai seorang manajer diantaranya :

  1. Mengerti tentang peran dan tugas seorang manajer 
  2. Meningkatkan kemampuan dalam menjalin kemitraan dengan rekan kerja serta menjaga hubungan baik dengan bawahan
  3. Meningkatkan kemampuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan kondusif
  4. Menumbuhkan gaya kepemimpinan Agile yaitu seorang pemimpin yang mampu mengambil keputusan secara fleksibel, produktif, dan cepat beradaptasi dalam perubahan. 
  5. Meningkatkan keahlian untuk menjadi seorang manager yang kreatif dan inovatif
  6. Meningkatkan keterampilan untuk menghadapi masalah dan mampu mengelola emosi
  7. Meningkatkan kemampuan untuk membuat perencanaan kerja dengan baik. 
  8. Meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi, baik dengan atasan, rekan kerja hingga bawahan. 
Baca juga  Ketahui 3 Paham Pengantar Kepemimpinan!

Cara Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Dalam Diri

Selain dengan mengikuti training leadership untuk manajer Anda juga bisa belajar menjadi pemimpin yang baik melalui berbagai macam jenis buku pengantar kepemimpinan yang banyak tersedia, baik berupa e-book maupun buku cetak.

Selain itu terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam diri diantaranya:

  1. Selalu berpikir positif
  2. Memiliki motivasi untuk terus berkembang
  3. Mengenali kelebihan yang dimiliki
  4. Mengembangkan kemampuan sosial dan kognitif
  5. Mengembangkan karakter dan kemampuan emosional
  6. Tidak takut untuk mengambil resiko 
  7. Melatih leadership dengan selalu bersikap tegas dan bijaksana dalam menghadapi sebuah masalah
  8. Berusaha untuk selalu bertanggung jawab terhadap apa yang telah dilakukan
  9. Selalu menghargai pendapat orang lain
  10. Tidak gengsi untuk meminta pendapat orang lain 

Sebagai orang pilihan yang telah dipercaya oleh perusahaan manajer harus bisa menjalankan tugasnya dalam menentukan strategi dan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Dengan mengikuti pelatihan leadership untuk manager perusahaan, Anda diharapkan bisa menjadi seorang manajer yang memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu mengarahkan dan bekerja sama dengan anggota tim untuk mencapai tujuan perusahaan dengan efektif. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *