Memahami pengertian Strategic Leadership

Memahami pengertian Strategic Leadership
Memahami pengertian Strategic Leadership

Membicarakan tentang kepemimpinan memang tidak ada habisnya. Apalagi membahas tentang strategi yang harus dilakukan pemimpin dalam mengelola perusahaan dan karyawan.  

Seorang pemimpin yang baik harus memiliki sistem kerja yang bermutu. Untuk itu, sebelum menjadi seorang pemimpin, pahami secara detail mengenai pengertian Strategic Leadership. 

Apa Itu Strategic Leadership? 

Strategis pemimpin atau strategic leadership adalah  sebuah kegiatan yang dilakukan oleh para pemimpin usaha untuk mempengaruhi orang-orang sekitar menjalankan visi demi keberhasilan usaha yang sedang dijalankan. 

Seorang pemimpin harus bekerja dengan keras dan percaya diri untuk mengembangkan usaha dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, pemimpin harus mendekati karyawan dengan kreatif dan memfokuskan diri pada kesuksesan. 

Mencapai kesuksesan itu membutuhkan waktu yang lama.  Pemimpin yang mampu mengarahkan tim untuk berkolaborasi demi mencapai tujuan bersama, bisa dibilang pemimpin yang kompeten. Pasalnya, mereka tahu bagaimana mengendalikan seseorang untuk berinovasi. 

Keterampilan dalam Strategic Leadership

Menjadi pemimpin yang strategis harus memiliki keterampilan yang unik. Lebih baik, jika pemimpin tersebut memiliki cara sendiri dalam mengkoordinasi timnya. Berikut beberapa keterampilan yang harus dimiliki. 

1. Mampu mendengarkan dengan aktif

Mendengarkan dengan aktif berarti secara Anda mampu menerima kontribusi dari orang lain. Lebih jelasnya, setiap usaha tidak mungkin dilakukan dengan satu cara. Pasti ada cara lain untuk mencapai kesuksesan. Untuk itu menerima  pendapat orang lain harus didengarkan dengan teliti. 

Mendengarkan secara aktif mungkin bisa diartikan keliru oleh orang lain. Padahal dalam kondisi itu Anda sedang memperhatikan dengan seksama lawan bicara dan mencerna kata-kata mereka. Dengan begitu Anda bisa merespons dengan baik. 

Baca juga  Belajar Di Rumah Selama Pandemi Ala John Dewey

2. Pemimpin yang berkolaborasi

Menurut pengertian strategic leadership, melakukan kolaborasi akan terlihat transparansi oleh tim dan sikap itu sangat dihargai. 

Memberikan kepercayaan pada tim akan membuka komunikasi yang baik.  Apalagi kalau ide-ide yang mereka tuangkan dihargai,  hal tersebut menjadi kesuksesan sebuah usaha. 

3. Memiliki dedikasi yang tinggi

Pemimpin yang strategis harus memiliki rasa antusiasme yang tinggi. Selain itu, rasa tersebut juga harus tulus supaya mendorong anggota  bertindak sesuai dengan pikiran Anda. 

Dari sini Anda bisa membayangkan bahwa menjadi pemimpin tidak semudah itu. Kalau Anda ingin membangun usaha, ada baiknya menjalani pelatihan leadership untuk manager

Tujuan pembelajaran itu supaya Anda bersiap menghadapi kejamnya dunia bisnis. 

4. Memahami diplomasi

Menyeimbangkan kondisi dalam kejujuran dan kebijaksanaan adalah sebuah keterampilan yang biasa digunakan pemimpin untuk menjaga keharmonisan departemen dan anggota. 

Sebagai pemimpin memiliki keterampilan dalam menyusun strategis sangatlah penting. 

Dari penjelasan ini bisa Anda pahami bahwa pengertian strategic leadership sangatlah penting. Jiwa kepemimpinan ini tidak hanya datang dari lahir, namun harus diasah dan dilatih supaya bisa berkembang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *