Bagaimana Cara Mengatur Uang Dalam Rumah Tangga ? Begini Tipsnya

Bagaimana Cara Mengatur Uang Dalam Rumah Tangga ? Begini Tipsnya
Bagaimana Cara Mengatur Uang Dalam Rumah Tangga ? Begini Tipsnya

Kehidupan rumah tangga memang tidak lepas dari yang namanya masalah keuangan. Oleh karena itu, untuk mengatur keuangan rumah tangga bukan perkara yang mudah. Perlu ada cara mengatur uang dalam rumah tangga yang benar supaya seluruh kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dengan baik dan optimal. Ada banyak sekali faktor yang tentunya mempengaruhi keuangan rumah tangga, oleh sebab itu Anda perlu menerapkan beberapa trik berikut ini. 

Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Ada banyak orang yang bingung cara mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta. Bisa dikatakan memang pas-pasan, apalagi jika memiliki anak dalam jumlah banyak. Namun tetap terapkan tips yang pertama ini yaitu membedakan antara keinginan dan juga kebutuhan. Saat Anda sudah berumah tangga, maka akan muncul banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Bedakan antara kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder setiap harinya. 

Kebutuhan primer yang dimaksud disini berkaitan dengan pendidikan anak, transportasi, cicilan rumah, dan makan. Sedangkan kebutuhan sekunder seperti membeli baju, liburan, membeli gadget terbaru, dan kebutuhan yang kurang penting lainnya. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya penting dulu, baru jika ada uang lebih bisa memenuhi kebutuhan sekundernya. 

Menghitung Seluruh Pendapatan

Untuk dapat mengatur keuangan dalam rumah tangga, maka Anda bisa menghitung seluruh pendapatan yang masuk selama 1 bulan. Pendapatan yang dimaksud disini tidak hanya dari gaji bulanan tetapi juga insentif yang diterima saat lembur. Hal ini penting sekali untuk dilakukan karena Anda akan lebih mudah dalam membagi alokasi penghasilan. Yang pertama, pastikan untuk memenuhi kebutuhan primer dan kedua baru kebutuhan sekunder. 

Membuat Daftar Pengeluaran Perbulannya

Cara mengatur uang dalam rumah tangga bisa dilakukan dengan mengatur daftar pengeluaran perbulannya. Daftar satu ini bisa membantu untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga agar lebih efektif. Dengan membuat daftar prioritas, pengeluaran dana, dan alokasi maka keuangan rumah tangga bisa tertata. Pengeluaran dalam rumah tangga yang biasanya masuk dalam daftar prioritas antara lain tagihan listrik, air, belanja dapur, pendidikan, dan transport kerja. 

Menyiapkan Dana Darurat

Dalam mengatur keuangan rumah tangga, menyiapkan dana darurat merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena dalam kehidupan rumah tangga biasanya tidak berjalan mulus sesuai keinginan. Banyak hal yang tiba-tiba saja terjadi yang membuat Anda mau tidak mau harus mengeluarkan uang. Misalnya ada anggota keluarga yang terkena PHK, mengalami kecelakaan, atau mengalami krisis ekonomi skala besar. 

Hal ini akan membuat keuangan dalam rumah tangga menjadi terganggu. Oleh sebab itu Anda membutuhkan dana darurat untuk berjaga-jaga. Gunakan dana tersebut untuk keperluan yang sifatnya urgent dan atur kembali keuangan yang masih ada dengan stabil. Beginilah cara mengatur uang dalam rumah tangga yang lebih mudah dan tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.