Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang

Mungkin Anda bertanya kenapa ada istilah Negara maju dan negara berkembang. Lalu apa perbedaan diantara keduanya? Artikel ini membahas tentang perbedaan Negara maju dan Negara berkembang. Mari kita selami lebih lanjut

Terdapat beberapa ciri Negara maju (developed country) diantaranya adalah memiliki ekonomi yang mapan dan infrastruktur berteknologi tinggi. Beberapa faktor yang menjadikan suatu Negara maju diantaranya adalah stabilitas politik, produk domestik bruto (PDB), tingkat industrialisasi, program kesejahteraan sosial, infrastruktur, dan kebebasan yang dinikmati warganya. Negara yang belum cukup maju disebut negara berkembang (developing country).

Ciri lainnya dari Negara maju adalah penduduknya memiliki tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tinggi. IPM atau Human Development Index (HDI) dikembangkan oleh PBB untuk mengukur pembangunan manusia di suatu Negara seperti pendidikan, kesehatan, dan harapan hidup.

HDI ditetapkan dalam skala dari 0 sampai 1, dan sebagian besar negara maju memiliki skor di atas 0,80. HDI dapat digunakan untuk menentukan negara terbaik untuk ditinggali, karena negara yang lebih maju biasanya menawarkan kualitas hidup yang lebih tinggi kepada penduduknya.

Karena ada begitu banyak faktor yang harus dipertimbangkan, menentukan negara mana yang sedang dikembangkan bisa menjadi sebuah tantangan. Selain itu, mungkin saja suatu negara maju menurut pandangan satu lembaga, tetapi tidak menurut pandangan lembaga lain.

Misalnya, PBB mengklasifikasikan Turki sebagai negara maju berkat HDI-nya sebesar 0,807. CIA World Factbook, G-20, dan beberapa organisasi internasional lainnya semuanya setuju. Namun, organisasi termasuk Dow Jones dan Financial Times Stock Exchange Group (FTSE) mengklasifikasikan Turki masih berkembang. Hal ini mungkin karena faktor-faktor seperti tingkat kematian bayi Turki yang sedikit lebih tinggi (12 per 1.000) dan harapan hidup warganya yang relatif rendah (75 tahun).

Baca juga  Teori Hierarki Maslow Ini Akan Membantu Anda Memahami Kebutuhan Manusia

A. Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah negara yang maju dalam hal ekonomi dan industrialisasi. Negara Maju juga dikenal sebagai negara dunia pertama, karena mereka adalah negara mandiri.

Statistik Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memeringkat negara berdasarkan perkembangannya. Negara yang memiliki standar hidup yang tinggi, PDB yang tinggi, kesejahteraan anak yang tinggi, perawatan kesehatan, fasilitas medis, transportasi, komunikasi dan pendidikan yang sangat baik, kondisi perumahan dan kehidupan yang lebih baik, kemajuan industri, infrastruktur dan teknologi, pendapatan per kapita yang lebih tinggi, meningkat dalam harapan hidup dll. dikenal sebagai Negara Maju. Negara-negara ini menghasilkan lebih banyak pendapatan dari sektor industri dibandingkan dengan sektor jasa karena mereka memiliki ekonomi pasca-industri.

Berikut nama beberapa negara maju: Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Norwegia, Swedia, Swiss, Amerika Serikat.

B. Pengertian Negara Berkembang

Negara-negara yang mengalami tingkat awal perkembangan industri bersama dengan pendapatan per kapita yang rendah dikenal sebagai Negara Berkembang. Negara-negara ini termasuk dalam kategori negara dunia ketiga. Mereka juga dikenal sebagai negara maju yang lebih rendah.

Negara Berkembang bergantung pada Negara Maju, untuk mendukung mereka dalam membangun industri di seluruh negeri. Negara tersebut memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang rendah yaitu negara tersebut memiliki Produk Domestik Bruto yang rendah, tingkat buta huruf yang tinggi, fasilitas pendidikan, transportasi, komunikasi dan kesehatan yang kurang baik, utang pemerintah yang tidak berkelanjutan, distribusi pendapatan yang tidak merata, tingkat kematian yang tinggi dan angka kelahiran, gizi buruk baik pada ibu maupun bayi yang mengakibatkan tingginya angka kematian bayi, tingginya tingkat pengangguran dan kemiskinan.

Berikut adalah nama beberapa negara berkembang: Kolombia, India, Kenya, Pakistan, Sri Lanka, Thailand, Turki.

Baca juga  Now You Know (23 November): Pembajakan Pesawat Egypt Air Penerbangan 648 dan Ethiopian Airlines Penerbangan 961

C. Kesimpulan

Ada perbedaan besar antara Negara Maju dan Negara Berkembang karena negara maju berkembang dengan mandiri sementara negara berkembang muncul sebagai negara maju. Negara Berkembang adalah negara yang pertama kali mengalami fase pembangunan. Jika kita berbicara tentang negara maju, mereka adalah ekonomi pasca-industri dan karena alasan ini, sebagian besar pendapatan mereka berasal dari sektor jasa.

Negara Maju memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang tinggi dibandingkan dengan Negara Berkembang. Yang pertama telah memantapkan dirinya di semua lini dan menjadikan dirinya berdaulat dengan usahanya sementara yang kedua masih berjuang untuk mencapai hal yang sama.

Info lain: Penyebab Krisis Ekonomi Suatu Negara

x

Leave a Comment