Menjadi Trader Saham Bagi Pemula

Wajib Tahu! Ini Trik Jitu Menjadi Trader Saham Bagi Pemula
Wajib Tahu! Ini Trik Jitu Menjadi Trader Saham Bagi Pemula

Untuk menjadi trader saham yang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, semua orang punya kesempatan asalkan mengetahui trik jitu dan mempunyai niat yang kuat.

Biasanya pencari uang di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode waktu singkat, bisa harian atau mingguan disebut trader. Lalu, apa saja trik jitu untuk menjadi trader sukses?

Cara menjadi trader saham yang sukses menurut seorang Senior Analyst Creative Trading System yaitu Joseph Gabetua, yakni harus memiliki saham di sebuah perusahaan untuk mendatangkan keuntungan besar.

Bagi Anda yang mencoba menjadi seorang trader, makan sangat penting mengetahui beberapa trik jitu berikut ini:

1. Mengenal dan Pahami Prinsip Trading

Langkah pertama, Anda harus mengenal jenis trading yang dipilih untuk menghasilkan uang. Sebab, keuntungan yang Anda dapat dari sini berasal dari perubahan harga dan kegiatan trading, seperti sedang transaksi dagang saja.

Anda perlu ingat, trading saham berbeda dengan investasi saham. Investasi saham itu fokus untuk jangka panjang, sedangkan trading lebih mengarah untuk mencari keuntungan dalam waktu dekat.

Dalam sebuah trading, pergerakan harga sama pada perusahaan juga berubah dalam waktu singkat. Ini bisa dimanfaatkan oleh trader profesional untuk mencari keuntungan dengan menganalisa teknikal.

2. Mengenal Pergerakan Candlestick

Trik selanjutnya adalah memahami candlestick, yang merupakan perwujudan dari harga pembukaan dan harga penutupan.

Ada empat cara mengenal pergerakan candlestick, yakni ukuran badan, panjang sumbu, rasio antara panjang badan dan sumbu, serta posisi badan candlestick

Sebagai contoh, melalui ukuran badan candlestick, Anda bisa mendapatkan informasi soal kekuatan masing-masing perusahaan.

Jika badannya memanjang, berarti momentum meraih cuan sedang menguat, jika mengeceil maka momentumnya menjadi pelan.

Untuk lebih mengetahuinya, Anda boleh membaca referensi mengenai macam-macam pola candlestick.

3. Mencari Broker yang Tepat

Mencari broker atau perusahaan yang tepat juga faktor utama dalam menjadi trader sukses. Untuk mencari broker yang tepat, Anda harus memilih sesuai kebutuhan.

Untuk diketahui, trading saham memiliki berbagai macam jenis broker. Kendati beragam, Anda harus mencari broker yang cepat menghasilkan uang.

4. Memahami Strategi Branding

Dalam trading saham, Anda harus mengetahui sebuah strategi agar tidak membuat kesalahan. Sebagai seorang trader, Anda harus fokus dengan kondisi TA alias Technical Analysis dan pasar saham.

Naik turunnya harga pasar saham dipengaruhi dari pergerakan politik hingga ekonomi sebuah negara maupun secara global.

Guncangan politik dan ekonomi di sebuah negara besar, biasanya sangat berpengaruh pada stabilitas pasar saham.

Dari sejumlah cara menjadi trader sukses di atas, hal yang paling utama dibutuhkan adalah kesabaran. Jika Anda dipenuhi kesabaran, maka bisa berbuah keuntungan besar di kala meraih titik kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *