Apa itu Visioner Leadership? Berikut Ulasannya

Apa itu Visioner Leadership? Berikut Ulasannya
Apa itu Visioner Leadership? Berikut Ulasannya

Setiap pemimpin tentu memiliki gayanya masing-masing dalam memimpin. Dari sekian banyak gaya kepemimpinan ada satu yang dinilai efektif bila diterapkan. Visionary leadership adalah jawabannya. Lantas, apa itu gaya kepemimpinan visioner? Berikut penjelasan lengkapnya.

Seorang pemimpin memiliki gaya yang berbeda-beda. Salah satunya ada gaya visioner leadership. Gaya kepemimpinan ini cirinya yaitu pemimpin memiliki banyak sekali ide-ide cemerlang dan mampu melihat potensi yang tidak bisa dilihat orang lain. Selain itu, masih ada ciri-ciri lainnya lagi seputar gaya kepemimpinan visioner.

Kepemimpinan Visioner

Gaya kepemimpinan visioner mengedepankan visi kedepannya bagi sebuah perusahaan dan menentukan langkah-langkah yang harus diambil guna mewujudkan visi tersebut.

Seorang pemimpin visioner akan memberikan ide-ide cemerlangnya untuk menumbuhkan perusahaan menjadi lebih baik. Pemimpin tersebut bahkan mampu membaca potensi yang ada yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Namun, apakah gaya kepemimpinan ini sudah efektif? Jawabannya belum. Bila anda menjadi seorang pemimpin visioner saja, akan sedikit menyulitkan anggota anda.

Pasalnya, anggota-anggota anda akan bingung dengan ide-ide anda yang terus muncul dan menjadi tidak fokus pada target perusahaan. 

Seharusnya mengikuti track atau planning yang sudah disusun sebelumnya, bisa jadi malah keluar dari rencana itu sendiri karena banyaknya ide.

Akan lebih baik bila gaya visioner dipadukan dengan gaya demokratis. Dengan begitu, anda juga akan mendengarkan usulan-usulan dari anggota tim anda supaya tetap terarah.

Intinya, anda sebagai seorang pemimpin harus bisa menyeimbangkan gaya anda dengan para anggota tim anda. Jangan sampai tidak jalan sebelah atau timpang.

Itu justru akan menghambat pertumbuhan perusahaan. Jangan berhenti belajar menjadi pemimpin yang baik, apapun gaya pimpinan anda. Bisa anda lakukan dengan mengikuti pelatihan leadership untuk manager.

Baca juga  Wikipedia Diperkenalkan Pertama Kali  dan Gempa Sulawesi Barat

Karakteristik Visioner Leadership

Ada beberapa karakter yang mencerminkan sosok pemimpin dengan gaya visioner. Berikut adalah ciri-cirinya.

1. Keberanian dalam mengambil risiko

Seorang pemimpin visioner selalu diimbangi oleh sikap berani mengambil resiko. Ini terjadi karena setiap ide yang dilontarkan tentu membawa risikonya sendiri-sendiri.

Apabila tidak siap dengan risiko yang ada, maka tidak akan ada pula ide-ide baru tersebut. Hanya akan berakhir stug karena ketakutan dalam menghadapi risiko atau konsekuensi.

2. Optimis

Sikap optimis juga biasanya dimiliki oleh sosok pemimpin visioner. Ide-ide yang diucapkan dan dipaparkannya di depan seluruh anggota timnya akan dilakukannya dengan begitu optimis.

Dia percaya bahwa idenya adalah ide yang brilian dengan berbagai solusi yang disediakan pula. Dengan sifat optimisnya itu, biasanya para pemimpin visioner mampu menarik kepercayaan anggotanya.

3. Bertanggung jawab

Selain optimis dan berani mengambil risiko, ada satu hal lagi yang melekat pada diri seorang pemimpin visioner. Sikap yang berani bertanggung jawab atas semua keputusan yang telah dia ambil. Ini adalah sikap yang bagus dan bisa dicontoh oleh anggota tim yang lain.

Dengan sikap berani bertanggung jawab, para anggota tim tidak akan ragu-ragu atau takut ketika mengambil tugas baru atau menjalankan ide yang baru.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua pemimpin bisa bertanggung jawab. Ada juga pemimpin yang lari dari masalah bila ada kendala dalam proyek bisnisnya.

Itulah beberapa karakteristik mengenai visioner leadership. Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Entah itu pemimpin visioner, demokratis, atau yng lainnya.

Ada tantangan-tantangan dalam menjalankan tugas sebagai seorang pemimpin. Selain itu, sikap-sikap seperti optimis, bertanggung jawab, dan berani mengambil risiko adalah sikap yang baik yang bisa anda terapkan bila menjadi seorang pemimpin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *