Tujuan Pengembangan Diri Dan Alasan Kenapa Sangat Berguna Untuk Menunjang Karir

Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan Pengembangan Diri Dan Alasan Kenapa Sangat Berguna Untuk Menunjang Karir

Tujuan pengembangan diri- Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwasanya persaingan di dunia kerja seperti sekarang ini semakin hari terbilang semakin ketat dan kompetitif.

Bahkan dengan perkembangan teknologi yang ada, kita disini tidak hanya dituntut untuk bersaing dengan manusia saja, akan tetapi juga turut bersaing dengan mesin teknologi yang semakin canggih.

Oleh karena itulah, dalam menghadapi hal ini diperlukan adanya pengembangan diri untuk bisa meraih karir yang diimpikan selama ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, di pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai tujuan pengembangan diri dan alasan kenapa penting dalam menunjang karir seseorang.

Pengertian pengembangan diri?

Sebelum kita mengulas lebih lengkap mengenai tujuan dari pengembangan diri pada karir fair, Anda perlu tahu bahwa pengembangan diri umumnya merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang dalam membentuk potensi, bakat, sikap, perilaku dan kepribadian seseorang.

Yang mana semua hal yang terbentuk ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan aktualisasi diri agar dapat berkompetisi dan memiliki kualitas yang lebih baik dalam dirinya sendiri.

Perlu Anda ketahui, bahwa pengembangan diri ini umumnya tidak bisa seseorang dapatkan di bangku sekolah, akan tetapi bisa diperoleh dari berbagai kegiatan yang bisa mengasah bakat dan keterampilan orang tersebut maupun dengan kegiatan lainnya.

Terlepas dari hal tersebut, pengembangan diri sendiri memiliki tujuan utama yakni untuk menjadikan seseorang bisa menyesuaikan diri mengikuti perkembangan di lingkungan kerja.

Adapun beberapa tujuan penting dari adanya pengembangan diri dalam karir career antara lain sebagai berikut :

  • Memberikan peluang kesempatan bagi diri sendiri untuk bisa mengembangkan dan mengekspresikan potensi yang dimiliki dalam diri sendiri.
  • Membantu seseorang untuk melakukan perubahan dalam diri sendiri dari mulai sisi kemampuan, keahlian dan juga pengetahuan yang dimiliki sesuai dengan perkembangan yang ada.
  • Dapat membantu meningkatkan produktivitas diri sendiri dalam melakukan pekerjaannya di lingkungan tempatnya bekerja.
  • Mampu membantu seseorang untuk bisa menghadapi segala macam perubahan yang terjadi dalam dunia kerja di situasi dan kondisi yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.
  • Dapat membentuk seseorang menjadi individu yang lebih profesional dalam bekerja.
Baca juga  Memiliki Prospek Yang Sangat Gemilang! Supply Chain Karir: Pengertian, Manfaat, Tugas, Lowongan

Mengapa pengembangan diri sangat berguna untuk menunjang karir seseorang?

Mungkin bagi sebagian orang masih ada yang menganggap jika pengembangan diri dalam dunia kerja saat melamar job karir 2020 tidaklah penting untuk dilakukan seseorang.

Padahal pada kenyataannya, pengembangan diri ini sangat penting dilakukan sebagai bekal awal seseorang untuk bisa bersaing dengan orang lain. Ini berpeluang untuk menunjang jenjang karir yang lebih baik di tempat kerja nantinya.

Bahkan adanya pengembangan diri ini sering dikatakan sebagai sarana untuk memperoleh pekerjaan yang diimpikan bagi seseorang. Baik itu sarana untuk naik jabatan dan berbagai manfaat penting lainnya bagi individu itu sendiri.

Bukan hanya itu saja, dengan pengembangan diri juga bisa menjadikan kemampuan diri seseorang menjadi bertambah. Sehingga bisa memperkaya CV ketika akan mendaftarkan diri di lowongan kerja career di perusahaan tertentu.

Dan yang tidak kalah penting, pengembangan diri juga membantu seseorang untuk memperbaiki kualitas seseorang dalam bekerja.

Terlepas dari hal tersebut, berikut ini ada beberapa alasan penting yang melatarbelakangi seseorang perlu melakukan pengembangan diri dalam upaya menunjang jenjang karir yang lebih baik ke depannya.

1. Membantu seseorang keluar dari comfort zone 

Dalam menjalani kehidupan sehari – hari, pasti seseorang pernah merasakan bahwa hidup yang dijalaninya terasa monoton alias itu – itu saja tanpa adanya perubahan. Seperti misalnya setiap hari bangun pagi, kerja, pulang dan tidur lagi.

Apabila Anda mengalami kondisi seperti ini, maka dikatakan Anda sedang terjebak di comfort zone / zona nyaman.

Zona nyaman inilah yang terkadang menjadikan seseorang tidak bisa kemana – mana dan hanya berfokus mengerjakan hal – hal yang sama setiap harinya.

Oleh karena itulah, diperlukan adanya pengembangan diri untuk bisa keluar dari comfort zone tersebut. Ketika Anda nantinya sudah melakukan pengembangan diri, maka secara perlahan Anda nantinya akan keluar dari kebiasaan yang itu – itu saja dan akhirnya bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih potensial dan pastinya berguna dalam menunjang karir ketika melamar pekerjaan di job karir 2021.

Baca juga  Sejumlah Alasan Penting Pembuatan Laporan Keuangan UMKM Bagi Bisnis Anda

2. Menjadikan seseorang lebih percaya diri

Tahukah Anda, bahwa pengembangan diri yang sudah dilakukan sehari – hari umumnya akan membawa dampak positif yang besar dan bahkan akan mempengaruhi kegiatan sehari – hari yang dilakukan seseorang.

Tentu saja, hal inilah yang menjadikan orang tersebut akan lebih percaya diri lantaran mereka merasa lebih jauh berkembang dari hari – hari sebelumnya.

Bahkan dengan melakukan pengembangan diri tersebut, seseorang juga akan tumbuh menjadi individu yang dapat menguasai bidang pekerjaan di career kerja.

Karena itulah, mereka tidak akan lagi merasa takut dicecar oleh atasan lantaran tidak mampu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Dan pada akhirnya, orang tersebut menjadi pekerja yang memiliki nilai lebih di mata atasan bahkan bisa berpeluang untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih baik.

3. Dapat mengetahui skala prioritas yang dimiliki

Alasan lain yang menjadikan seseorang perlu melakukan pengembangan diri yakni karena akan menjadikan orang tersebut bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam diri sendiri.

Selain itu, adanya pengembangan diri juga dapat memudahkan seseorang untuk mengatur waktu dalam mengerjakan semua tugas dengan baik.

Sebab, disini mereka akan lebih mudah dalam mengklasifikasi mana pekerjaan yang menjadi prioritas dan mana pekerjaan yang bisa dikerjakan nanti.

Bahkan, tujuan pengembangan diri sendiri juga akan meminimalisir terjadinya resiko lembur kerja di kantor karena pekerjaan yang menumpuk.

Sehingga dengan waktu luang yang ada, seseorang bisa memanfaatkannya untuk melakukan berbagai kegiatan yang disenangi seperti melakukan hobi.

Bagaimana cara mengembangkan potensi dalam diri sendiri?

Melihat pentingnya melakukan pengembangan diri di atas, tentu saja Anda disini tertarik untuk mengembangkan potensi dalam diri sendiri, bukan?

Dalam melakukan pengembangan diri ini, Anda bisa menerapkan beberapa cara diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Mengenali diri sendiri

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan potensi dalam diri yakni dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu.

Baca juga  Wanita Karir adalah Pekerja Hebat yang Seharusnya Dihormati dan Dihargai

Dalam hal ini, Anda bisa menuliskan dua atau lebih hal – hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam diri Anda sendiri.

Dengan mengenali diri sendiri, maka Anda akan memiliki penilaian atas apa yang menjadi keterampilan dan kinerja Anda sendiri nantinya. 

2. Temukan bakat dan minat

Selanjutnya, Anda coba dengan menemukan bakat dan minat yang dimiliki dalam diri sendiri. Umumnya, banyak sekali orang yang tidak tahu bakat dan minat yang dimiliki karena terlalu fokus mendengarkan omongan orang sekitarnya.

Ketika kita tahu bakat dan minat dalam diri sendiri, maka akan membantu Anda untuk tahu bidang pekerjaan / career loker yang sebaiknya ditekuni.

3. Hentikan kebiasaan buruk diri sendiri

Sebagai upaya untuk menghindari terjadinya hal – hal buruk yang menimpa pekerjaan. Alangkah lebih baiknya bagi Anda untuk mulai menghentikan kebiasaan – kebiasan buruk secara perlahan.

Seperti misalnya yakni kebiasaan menunda – nunda pekerjaan yang akhirnya menjadikan pekerjaan semakin menumpuk.

Dalam hal ini, cobalah Anda mulai menghilangkan kebiasaan buruk tersebut secara perlahan dengan kebiasaan baru yang lebih produktif.

4. Jangan berhenti belajar

Terkadang ada sebagian orang yang menganggap bahwa belajar merupakan hal yang tidak penting untuk dilakukan karena sudah mendapatkan ijazah sekolah.

Padahal, sejatinya belajar penting untuk terus dilakukan demi menambah pengetahuan dan kemampuan dalam diri sendiri.

Dengan belajar, maka Anda sudah berupaya untuk meningkatkan skill sesuai yang dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini. Sehingga ini akan memudahkan Anda dalam mencari career lowongan di perusahaan tertentu.

5. Mempelajari hal – hal yang baru

Meskipun Anda memiliki keterampilan yang sudah dikatakan menunjang pekerjaan yang dilakukan selama ini.

Akan tetapi sebaiknya Anda jangan pernah mudah merasa puas dengan keterampilan yang dimiliki tersebut.

Sebab melihat perkembangan zaman yang semakin pesat seperti sekarang ini, keterampilan dalam diri sendiri perlu ditingkatkan kembali.

Hal ini tentu saja bertujuan agar memudahkan Anda untuk bisa bersaing dengan pihak lain dalam dunia kerja nantinya.

Oleh karena itulah, Anda disini perlu meningkatkan keterampilan dengan mencoba mempelajari hal – hal yang baru.

Itulah tadi beberapa tujuan pengembangan diri dan juga alasan kenapa pengembangan diri sangat penting dalam menunjang karir seseorang di dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *