Bingung Cari Kerja? Ini Sejumlah Pilihan Karir Lulusan SMK

Bingung Cari Kerja? Ini Sejumlah Pilihan Karir Lulusan SMK
Bingung Cari Kerja? Ini Sejumlah Pilihan Karir Lulusan SMK

Banyak orang tua mendaftarkan anaknya ke SMK agar bisa cepat dapat pekerjaan setelah lulus. Sayangnya, tidak sedikit anak yang mengalami kesulitan dalam menemukan karir lulusan SMK yang sesuai.

Terlebih lagi jika harus menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. Selain itu, lulusan SMK tidak hanya bisa mengandalkan pendidikan serta keterampilan yang telah diberikan di sekolah. Mereka tetap harus melakukan perencanaan karir dengan matang.

Nah, jika kamu seorang lulusan SMK dan sedang kebingungan untuk mendapatkan pekerjaan, disini akan diulas mengenai pilihan karir untuk lulusan SMK yang bisa kamu pertimbangkan.

Namun sebelum membahasnya lebih jauh, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa langkah perencanaan karir yang bisa kamu lakukan setelah lulus. 

5 Langkah Melakukan Perencanaan Karir

Melakukan perencanaan karir setelah lulus merupakan hal yang sering terlewatkan, termasuk pada lulusan SMK. Alasannya tentu karena terlalu sibuk melamar kerja ke beberapa tempat agar cepat dapat kerja. Padahal hal tersebut dapat memberikan dampak negatif di masa depan. 

Kamu mungkin saja tidak betul-betul mencintai pekerjaan yang dijalani atau merasa tidak mampu mengembangkan karir meski telah bekerja selama bertahun-tahun.

Untuk itu penting sekali melakukan perencanaan setelah lulus agar kamu bisa mendapatkan job dan karir yang tepat. Sebagai informasi, berikut beberapa langkah perencanaan karir yang perlu kamu ketahui. 

1. Menentukan Visi dan Misi

Langkah pertama yaitu menentukan visi dan misi. Dalam tahap ini kamu bisa bertanya pada diri sendiri, apa yang kamu inginkan dan kehidupan seperti apa yang kamu harapkan di masa depan. Kamu juga bisa menggambarkan bagaimana karirmu kira-kira 5 sampai 10 tahun yang akan datang. 

Baca juga  Wanita Karir adalah Pekerja Hebat yang Seharusnya Dihormati dan Dihargai

Apabila merasa jangka waktu 5 tahun terlalu lama, kamu bisa membayangkan karirmu dalam jangka waktu 2 sampai 3 tahun ke depan.

Setelah memiliki gambaran karir yang diinginkan, kamu bisa segera menentukan strategi yang paling tepat untuk mewujudkan keinginanmu. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah memilih jenis job karir yang sesuai. 

2. Mengenal Kelebihan dan Kekurang Diri Sendiri

Selanjutnya kenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Ingat, kamu tidak boleh terlalu fokus pada kekuranganmu.

Sebaliknya terus beri semangat dan pacu diri sendiri agar bisa memaksimalkan kelebihan yang dimiliki. Sebab, dengan usaha yang sungguh-sungguh, kamu pasti bisa mengatasi segala kekurangan yang ada. 

Agar objektif, kamu bisa meminta pendapat dari orang-orang terdekat seperti anggota keluarga dan sahabat. Setelah itu kamu bisa merenungkan apakah pendapat orang-orang disekitarmu sesuai keyakinanmu atau tidak.

Lalu tentukan apa yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki kekurangan dan langkah apa yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan kelebihan yang dimiliki.

Karena pada akhirnya kamulah yang seharusnya lebih mengenal kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirimu. 

3. Mengevaluasi Pencapaian Yang Telah Diraih

Setelah mengenal kelebihan dan kekurangan diri, kamu perlu melakukan evaluasi pada semua pencapaian yang berhasil kamu raih.

Kamu bisa mengingat usaha apa saja yang telah kamu lakukan untuk bisa meraih prestasi di sekolah dan bisa mengulanginya di masa depan. 

Lebih baik lagi jika kamu mencatat setiap prestasimu dan memasukkannya ke dalam resume ketika akan mencari career lowongan kerja untuk lulusan SMK. 

4. Menganalisis Peluang Karir Di Masa Depan

Kamu juga perlu mencari informasi tentang peluang karir di masa depan. Tujuannya agar kamu bisa mempertimbangkan profesi apa yang memiliki prospek karir menjanjikan dan sesuai dengan latar belakang pendidikanmu.

Jika sudah memiliki data yang memadai, kamu bisa menganalisis peluang karir tersebut dan menentukan strategi yang akan kamu terapkan. 

5. Merancang Career Path

Langkah perencanaan karir yang terakhir adalah dengan merancang career path. Pada tahap ini kamu harus mulai memetakan strategi untuk meraih jenjang karir yang diinginkan.

Kamu bisa membuat career path dengan menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-bound)

Baca juga  Tips Sukses Dapat Pekerjaan Di Career Fair

Metode SMART ini dipercaya dapat menentukan jenjang karir secara lebih terukur, realistis spesifik, dan memiliki batas waktu dalam mencapai tujuan. Setelah membuat career path tersebut, kamu harus berusaha untuk merealisasikannya secara konsisten. 

8 Pilihan Pekerjaan dan Karir Bagi Lulusan SMK

Terdapat banyak pilihan karir lulusan SMK yang bisa kamu pertimbangkan, diantaranya:

1. Pengusaha

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa persaingan kerja yang semakin ketat membuat banyak orang kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki modal yang cukup serta menguasai bidang tertentu, tidak ada salahnya jika kamu  mencoba  untuk membangun bisnis.

Apabila kamu mengambil jurusan tata busana, mulailah dari bisnis skala kecil seperti merintis usaha jasa jahit di rumah. Kamu juga bisa memanfaatkan platform online dengan menjadi reseller di bidang fashion.  

2. Customer Service

Jenis pekerjaan lain untuk lulusan SMK adalah customer service. Kamu bisa dengan mudah menemukan perusahaan alih daya yang membuka lowongan kerja customer service untuk partner mereka.

Biasanya kamu harus mengikuti beberapa tahap interview hingga sampai diterima kerja di perusahaan yang membutuhkan agen customer service tersebut. 

3. Karyawan Swasta

Lulusan SMK umumnya memiliki peluang yang cukup besar untuk bekerja sebagai karyawan swasta. Bekerja sebagai karyawan swasta juga menjanjikan penghasilan yang cukup tinggi.

Di era digital saat ini banyak perusahaan ternama yang membuka lowongan kerja career untuk lulusan SMK, khususnya dari jurusan teknologi. 

4. Staff Akuntansi

Apabila kamu mengambil jurusan akuntansi jangan ragu untuk bekerja sebagai staff akuntansi di sebuah perusahaan. Prospek pekerjaan yang satu ini juga terbilang cukup menjanjikan. 

5. Staf Marketing

Bagi kamu yang lulus SMK dari jurusan pemasaran, kamu bisa memilih bekerja sebagai staff marketing. Ahli digital marketing biasanya sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan untuk memperluas pasar mereka. 

6. Resepsionis Hotel

Profesi yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang lulus SMK dari jurusan perhotelan. Dengan pendidikan dasar perhotelan serta keterampilan yang telah kamu miliki, peluang kamu diterima sebagai resepsionis di hotel tentu akan semakin besar. 

Baca juga  6 Peluang Karir di Indofood

7. Anak Buah Kapal (ABK)

Bagi lulusan SMK jurusan perkapalan, kamu bisa mempertimbangkan bekerja sebagai anak buah kapal. Meski kamu harus menghabiskan banyak waktu berlayar di atas kapal namun pekerjaan ini menawarkan penghasilan yang sangat menggiurkan.

8. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pilihan career lulusan SMK yang terakhir adalah menjadi pegawai negeri sipil atau PNS. Jika melihat seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil yang digelar beberapa tahun ke belakang, cukup banyak posisi PNS yang dibuka untuk lulusan SMK.

Namun perlu dicatat, untuk menjadi seorang PNS kamu harus menghadapi jutaan pesaing dari berbagai daerah di Indonesia. 

Tips Aman Mencari Kerja Bagi Lulusan SMK 

Untuk memudahkan kamu dalam mendapatkan pekerjaan yang tepat, berikut beberapa tips aman mencari kerja bagi lulusan SMK 

  • Bertanya Pada Senior Yang Sudah Bekerja

Kamu bisa bertanya pada senior atau alumni dari sekolahmu yang kini sudah bekerja. Mereka tentu memiliki informasi yang lebih lengkap mengenai lowongan di tempat mereka bekerja. Oleh karena itu, sebisa mungkin  jagalah hubungan baik dengan seniormu di sekolah.

  • Memanfaatkan Situs Pencarian Kerja Online Terpercaya

Agar bisa menemukan lebih banyak jenis lowongan pekerjaan, kamu bisa mencarinya dengan mudah di situs pencarian kerja online yang terpercaya, seperti situs jobsdb karir.

Salah satu situs pencarian kerja terbaik di Indonesia ini dikenal memiliki sistem keamanan khusus yang dapat melindungi informasi atau data pribadi para penggunanya. 

  • Mengikuti Walk Interview

Walk interview adalah salah satu jenis interview yang digunakan oleh perusahaan ketika membuka lowongan pekerjaan dalam jumlah banyak.

Pelamar umumnya akan langsung masuk ke tahap wawancara pada hari itu juga. Agar bisa lolos ke tahap selanjutnya, usahakan untuk datang tepat waktu dan membawa semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan. 

  • Mengikuti Bursa Kerja Resmi

Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi sering membuka bursa kerja untuk para lulusan SMK. Bursa kerja resmi dari Pemerintah ini jelas aman dan terpercaya.

Kamu bisa terhindar dari berbagai bentuk penipuan lowongan pekerjaan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah karir lulusan SMK yang bisa kamu pilih. Jangan lupa untuk melakukan perencanaan karir dengan matang agar kamu bisa dengan mudah memutuskan jenis pekerjaan yang diinginkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *