7 Jenis Karir Lulusan SMA Terbaik Yang Dapat Kamu Pilih

7 Jenis Karir Lulusan SMA Terbaik Yang Dapat Kamu Pilih
7 Jenis Karir Lulusan SMA Terbaik Yang Dapat Kamu Pilih

Anak-anak muda harus produktif karena itu menjadi kunci sukses di masa depan. Meskipun kamu hanya lulusan SMA jangan menjadikan diri sendiri pesimis untuk berkarir. Ketahuilah bahwa karir lulusan sma juga memiliki banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi terbaik.

Keahlian Yang Harus Dimiliki Bagi Lulusan SMA

Jobkarir yang gemilang tidak dapat diperoleh secara instan. Sebagai lulusan SMA, kamu harus memiliki keahlian sebagai bekal di dunia kerja. Berikut ini beberapa keahlian yang dapat kamu pilih:

1. Keahlian Sebagai Desain Grafis

Teknologi yang semakin berkembang harus dapat menjadi peluang kamu dalam mendapatkan pekerjaan career loker terbaik. Kamu dapat mengikuti pelatihan desain grafis yang banyak ditawarkan, terutama oleh Balai Latihan Kerja untuk daerah tertentu. Ilmu desain grafis dapat membawa kamu sebagai layouter, desainer, dan illustrator.

Tempat bekerja bagi kamu yang memiliki keahlian desain grafis pun sangat luas. Setiap perusahaan memerlukan desain grafis. Penawaran lowongan job karir untuk seorang desain grafis terbuka lebar dan ini merupakan peluang emas yang harus kamu miliki.

2. Keahlian Sebagai Digital Marketing

Untuk kamu yang pintar dalam berkomunikasi, tentunya keahlian sebagai digital marketing perlu diasah lebih dalam. Belajar memasarkan produk kini tidak lagi dilakukan dari mulut ke mulut.

Baca juga  5 Cara membuat CV Lamaran Kerja yang baik dan Benar Agar dilirik HRD

Seiring perkembangan zaman, kamu dapat memasarkan lewat digital. Ilmu pemasaran melalui marketplace tokopedia karir internship atau lainnya akan kamu peroleh dari digital marketing ini.

3. Keahlian Sebagai Welder

Bagi laki-laki lulusan SMA keahlian yang harus dimiliki adalah pengelasan. Sebagai welder, kamu akan memiliki banyak peluang di dunia kerja.

Untuk belajar menjadi welder, kamu dapat mengikuti pelatihan job karier yang ditawarkan oleh Balai Latihan Kerja seperti pelatihan untuk desain grafis.

Keuntungan Lulusan SMA Yang Memilih Untuk Bekerja

Bagi kamu yang lebih memilih untuk bekerja setelah lulus SMA, tentu tidak masalah. Dengan bekerja, kamu akan memperoleh keuntungan-keuntungan seperti berikut ini:

1. Pengalaman Baru Menghadapi Dunia Kerja

Kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang berharga untuk daftar loker career. Mental kamu lebih siap menghadapi dunia kerja. Sebagai lulusan SMA, tentunya banyak perusahaan yang akan membimbing pekerjanya dari awal.

2. Menjadi Produktif Sehingga Mengurangi Angka Pengangguran

Kamu yang bekerja setelah lulus SMA adalah orang yang produktif. Hal tersebut patut diapresiasi karena kamu telah mengurangi angka pengangguran yang terus bertambah di Indonesia.

Pada usia-usia produktif, kamu menempa diri untuk memiliki kegiatan yang produktif dengan bekerja dari career lowongan yang ada.

3. Menjadi Pribadi Mandiri Secara Finansial

Jika orang-orang seusia kamu masih bergantung hidupnya pada orang tua, berbanggalah untuk kamu yang sudah bekerja. Alasannya sederhana, karena kamu sudah mandiri secara finansial. Ketika kamu perlu membeli sesuatu, tidak lagi meminta orang tua, cukup mengambil uang dari gaji.

4. Memiliki Kesempatan Untuk Lebih Awal Memperoleh Posisi Gemilang

Keuntungan ini harus menjadi semangat kamu memilih career lowongan kerja setelah lulus SMA. Berkarir sejak muda akan membuat kamu lebih awal mendapat posisi lebih tinggi dibanding lulusan mahasiswa yang baru saja memulai karir.

Sebab waktu bekerja kamu sudah lebih lama, pengalaman sudah lebih ekspert, dan lebih siap menghadapi berbagai keadaan di kantor.

5. Membentuk Mental Yang Lebih Tangguh

Dalam berkarir tidak menutup kemungkinan dari masalah. Sebagai lulusan SMA yang langsung terjun bekerja, mental kamu akan lebih tangguh menghadapi masalah dan berbagai karakter teman kerja. Kamu juga akan menjadi sosok yang bertanggung jawab sebagai career lulusan smk maupun SMA.

Baca juga  Kenali Program Internship Dan Keuntungannya

6. Bekal Untuk Melanjutkan Kuliah

Jika kamu terbentur biaya sehingga memutuskan untuk bekerja dahulu sebelum kuliah, maka ini pilihan bijak. Dengan bekerja, kamu dapat menyisihkan sebagian gaji sebagai tabungan untuk kuliah. Kemudian setelah tabungan kuliah cukup, kamu dapat memutuskan untuk lanjut kuliah sambil bekerja.

Tips Mencapai Harapan Setelah Lulus SMA Bagi Yang Sudah Bekerja

Memilih job karir 2020 setelah lulus dari SMA tentu ada harapan yang kamu ingin raih. Agar mudah dalam mencapai harapan itu, maka pastikan kamu membuat perencanaan. Rencana tersebut sebagai target ketercapaian nantinya dalam career lulusan sma.

Kemudian lakukan dengan konsisten setiap target yang sudah dibuat. Jangan pernah sekalipun menunda pekerjaan. Tetaplah fokus pada tujuan dalam hal ini harapan yang ingin dicapai. 

Jangan lupa untuk memberikan tubuh kamu istirahat. Karena kesehatan kamu juga perlu dijaga. Dengan fisik dan psikis yang sehat, maka setiap pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih optimal.

Jenis-Jenis Pekerjaan Yang Sesuai Untuk Lulusan SMA

Meskipun tidak banyak pilihan pekerjaan untuk lulusan SMA, bukan berarti tidak ada karir untuk mendaftar. Berikut ini jenis-jenis karir lulusan sma yang dapat kamu daftar:

1. Karir Lulusan SMA : Customer Service

Seorang customer service kebanyakan memiliki syarat minimal lulusan SMA. Kamu yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan pintar bersosialisasi, maka dapat mendaftar sebagai customer service.

Bahkan untuk beberapa perusahaan besar jobsdb karir ada yang membuka lowongan sebagai customer service dengan latar belakang lulusan SMA.

2. Karir Lulusan SMA : Sales

Sales adalah jenis pekerjaan yang akan terus dibutuhkan oleh setiap perusahaan seperti grapari telkomsel career. Tanpa adanya sales, perusahaan akan kesulitan dalam memasarkan produk ataupun jasa mereka.

Sehingga percaya dirilah bagi kamu yang pintar dalam marketing dan daftarkan diri sebagai sales atau seperti career kasir.

3. Karir Lulusan SMA : Penulis

Penulis menjadi profesi karir career yang tidak akan pernah pudar sampai kapanpun. Keahlian menulis menjadi bekal berharga bagi lulusan SMA karena ada banyak peluang kerja yang dapat dipilih.

Baca juga  Jenjang Karir Adalah : 5 Cara Menentukan Jenjang Karir

Kamu dapat menjadi seorang content writer, copywriter, social media marketing, bahkan penulis buku terkenal sekalipun.

4. Karir Lulusan SMA : Freelancer

Jika kamu menghendaki job karir 2021 dengan waktu yang lebih fleksibel karena hendak bekerja sambil kuliah, maka pilih saja profesi freelancer. Ada banyak jenis pekerjaan yang ditawarkan mulai dari waiters, penulis lepas, production assistant karir, penjaga toko, dan lainnya.

5. Karir Lulusan SMA : Tentor

Untuk kamu yang suka mengajar dan pintar lebih baik memilih pekerjaan sebagai tentor. Kamu dapat mendaftar career kerja di bimbingan belajar atau membuka sendiri bimbingan belajar.

Profesi ini sangat menjanjikan karena selagi masih ada siswa yang bersekolah, pasti orang tua akan sangat membutuhkan tentor bagi anak-anak mereka.

6. Karir Lulusan SMA : Admin

Posisi yang paling banyak diminati sebagai lulusan SMA untuk bekerja adalah sebagai admin. Bahkan jika kamu bekerja dengan disiplin, maka jenjang karir dan promosi jabatan akan cepat diperoleh.

Sudah banyak lulusan SMA sebagai admin yang mendapatkan kedudukan gemilang di perusahaan ternama seperti google karir internship.

7. Karir Lulusan SMA : Bisnis Online

Jika kamu memiliki modal untuk membuka bisnis sendiri setelah lulus SMA juga tidak masalah. Kamu dapat memulai berbisnis online. Lakukan dengan tekun agar supply chain karir semakin berkembang pesat.

Nama-Nama Perusahaan Yang Membuka Lowongan Untuk Lulusan SMA

Untuk kamu yang penasaran, perusahaan mana saja yang membuka job dan karir bagi lulusan SMA, simak berikut ini:

1. Perusahaan Pertamina

Sebagai perusahaan yang sudah memiliki nama besar, Pertamina banyak menawarkan lowongan untuk lulusan SMA.

Kamu yang tertarik dan sudah lama mengidam-idamkan bekerja di perusahaan kompeten ini, maka peluang terbuka lebar. Bahkan ada juga tawaran magang di pt pertamina retail karir yang diperuntukkan bagi lulusan SMA.

2. Perusahaan Kereta Api Indonesia

Untuk kamu yang menyukai dunia perkereta apian, perusahaan ini membuka kesempatan bagi lulusan SMA. Ada banyak tawaran yang dapat kamu daftarkan di perusahaan Kereta Api Indonesia termasuk dalam karir fair. Tinggal pilih posisi yang sesuai dengan keahlianmu.

3. Perusahaan PLN

Lowongan kerja career untuk perusahaan PLN menawarkan berbagai posisi dengan latar belakang lulusan SMA. Kamu dapat melamar posisi yang ditawarkan oleh PLN dengan syarat minimal lulusan SMA. Bekerja di perusahaan PLN ini kamu akan mendapat tunjangan selama menjadi pegawai.

Pastikan kamu telah melengkapi dokumen yang dipersyaratkan michael page karir ketika hendak melamar pekerjaan di perusahaan manapun itu.

Untuk kamu yang memiliki sertifikat pelatihan, maka jangan lupa untuk ikut disertakan dalam dokumen karir lulusan sma, termasuk portofolio. Dengan begitu, perusahaan akan semakin yakin menerima kamu bekerja di tempat mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *