Tips Sukses Dapat Pekerjaan Di Career Fair

Tips Sukses Dapat Pekerjaan Di Career Fair
Tips Sukses Dapat Pekerjaan Di Career Fair

Mendapatkan pekerjaan saat ini menjadi sesuatu hal yang di idam – idamkan. Pasalnya tidaklah mudah untuk bisa berhasil mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Dari melamar pekerjaan secara manual dengan mendatangi kantor perusahaan sampai mengikuti career fair di banyak kota.

Dengan banyaknya usaha terkadang membuahkan manis, namun tak jarang juga kita harus berusaha lebih keras lagi untuk bisa mendapatkan pekerjaan demi mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mendapatkan penghasilan pun sebenarnya untuk saat ini bisa dilakukan dengan banyak hal. Tidak hanya bekerja berangkat di pagi hari dan pulang di sore hari.

Kita bisa berinvestasi saham di perusahaan maupun berbisnis sendiri. Memang bukanlah hal yang mudah namun kita tidak pernah tahu mana yang akan lebih bekerja untuk diri kita sendiri sebelum mencobanya.

Melamar pekerjaan dengan online saat ini terkadang membuat kita merasa stress karena tidak kunjung mendapatkan email balasan atau hanya digantung oleh perusahaan yang kamu lamar. Hingga membuat kita menerka hal salah apa yang membuat lamaran pekerjaan kita tidak diproses lebih lanjut.

Banyak perusahaan saat ini mengambil langkah untuk membuka career fair sebagai upaya atau cara untuk merekrut kandidat – kandidat baru dan terbaik.

Hal ini menjadi angin segar karena ada kesempatan bagi kita untuk bisa bertatap langsung dengan perekrut dari perusahaan yang kamu incar. Kamu juga bisa mencari tahu lebih dalam terkait perusahaan dan job desk dari pekerjaan incaranmu.

Lantas, apa saja yang bisa kamu siapkan agar bisa lancar dan sukses mendapatkan pekerjaan tersebut? Berikut ulasannya :

Tips Sukses Ikuti Job Career Fair

  • Dresscode Rapi

Berpakaianlah dengan rapi dan profesional. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi kamu di mata HRD perusahaan karena pembawaanmu. Pilihlah pakaian yang tepat dan sesuaikan dengan keadaan dan situasi.

Jangan sampai pula kamu datang di job fair menggunakan celana jeans atau jegging santai seperti ingin pergi rekreasi.

  • Siapkan Dokumen Pendukung

Tentu datang ke job fair tidak hanya datang untuk melihat – lihat sekeliling. Kamu perlu menyiapkan dokumen – dokumen pendukung untuk melamar pekerjaan seperti ijazah, transkrip nilai terakhir, portofolio maupun dokumen pendukung lainnya.

  • Riset

Carilah informasi lebih terkait job karir yang diadakan. Perusahaan mana saja yang akan turut andil dan bergabung. Dan penting juga bagi kamu untuk melakukan riset di perusahaan incaranmu, barangkali ada pula persyaratan khusus yang harus dilengkapi.

Karir fair memang sangat memudahkan kita untuk mencari pekerjaan. Dengan banyaknya lowongan kerja career dari segala jenis jenjang pendidikan sampai pengalaman.

Job dan karir fair tidak hanya untuk mereka yang sudah lulus jenjang Strata 1 (S1) bahkan banyak pula perusahaan besar yang membuka peluang career lulusan SMA maupun peluang career lulusan SMK. Tidak ada alasan untuk merasa berkecil diri.

Semakin banyaknya lowongan kerja tanpa adanya persyaratan jenjang pendidikan, bukan hal yang aneh jika kompetisi sesungguhnya yaitu skill. Nampaknya untuk mengetahui hal sebelum mencari pekerjaan pun menjadi salah satu strategi.

Trick Mencari dan Memilih Pekerjaan Yang Tepat di Career Fair

  • Sesuaikan Kemampuan dan Minat

Mendapatkan pekerjaan memang berkat, namun kamu juga wajib paham bahwa kita butuh untuk bekerja sesuai dengan minat bakat serta kemampuan kamu. 

Selain itu, menemukan kemampuan dan minat juga akan membantu kamu untuk mencari dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan kamu. 

  • Potensi Upgrade Jabatan

Tentu selamanya kamu tidak ingin menjadi seorang karyawan atau bawahan dari seorang pemimpin. Kamu perlu tahu dalam perusahaan yang kamu incar dan posisi yang kamu lamar apakah sangat terbuka dalam upgrade posisi.

  • Budaya Kerja

Hal ini sangatlah penting untuk dijadikan pertimbangan. Pasalnya jika kamu bekerja disuatu tempat, kamu akan menghabiskan hampir seluruh waktumu dalam satu hari ditempat yang sama.

Kamu perlu mempertimbangkan bagaimana suasana dan budaya kerja. Serta bagaimana kolega kerja yang ada di kantor tersebut.

  • Gaji 

Setelah menentukan karir kamu, aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah gaji. Seberapa besar gaji yang akan kamu dapatkan berdasarkan jobdesk yang kamu terima.

Kamu pun perlu mengira – ira dengan pendapatan tersebut apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam satu bulan, tidak hanya kebutuhan sekunder saja, melainkan tempat tinggal bagi yang tinggal di kota yang jauh dari tempat asal.

Mendapatkan pekerjaan yang tepat memang keinginan semua orang. Kita pun perlu untuk menyiapkan diri dan mengasah banyak hal agar kita dapat segera diterima bekerja di perusahaan yang kita inginkan. 

Bagi kamu yang saat ini masih mencari pekerjaan, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa hal agar semakin mantap. Berikut ini beberapa tips agar kamu mendapatkan peluang untuk diterima kerja.

Tips Agar Diterima Kerja

Berikut ini 5 tips agar Anda mendapatkan pekerjaan yang diimpikan:

1. Upgrade Skill

Belum diterimanya kerja bukan berarti kamu gagal. Ini waktu yang tepat bagi kamu untuk bisa mengupgrade skill kamu.

Tidak hanya hard skill, kamu juga bisa untuk mengasah soft skill kamu. Banyak sekali perusahaan yang mengincar kedua skill tersebut, karena sama pentingnya. 

Bagaimana problem solving kamu, kemampuan komunikasi, bagaimana kamu bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Jadi tidak hanya kemampuan hard skill saja yang kamu jual, melainkan hal – hal lain seperti itu juga menjadi poin tambahan.

2. Update Curiculum Vitae

Mengupdate CV dan portofolio kamu sangat penting untuk menarik para HRD perusahaan. Pengalaman serta karya – karya terbaru kamu akan menunjukkan seberapa besar kualitas dirimu.

Selain itu, perlu juga bagi kita untuk mengubah rutinitas lama menjadi rutinitas yang lebih produktif. Sehingga akan menjadi nilai tambah bagi kamu agar lamaran pekerjaan kamu bisa diproses oleh tim rekruter perusahaan.

3. Riset Jobdesk dan Perusahaan di Career Fair

 Sebelum ke tahap interview, kamu perlu untuk melakukan riset yang mendalam terkait profil perusahaan. Tidak hanya tentang perusahaan saja, melainkan siapa saja pemimpin dan petinggi di perusahaan tersebut.

Selain itu, hal yang wajib diketahui adalah jobdesk pekerjaan kamu. Apa saja yang nantinya akan menjadi tanggung jawab kamu dan divisi mana yang akan bekerja sama denganmu dikemudian hari.

4. Persiapkan Wawancara dengan Matang

Setelah melakukan riset, hal selanjutnya adalah wawancara langsung oleh HRD perusahaan. Jawablah pertanyaan dengan jawaban yang matang dan mantap.

Persiapkan jawaban – jawaban terbaik kamu, dan hadirlah diawal waktu. Selain itu, berpakaian yang rapi dan sopan serta tetap tenang dan tidak terburu – buru dalam menjawab pertanyaan HRD.

Dalam menjawab pertanyaan HRD pun hendaknya kamu menjawab dengan jujur sesuai keadaan dan juga sesuai dengan hal yang kamu cantumkan dalam CV dan portofolio kamu.

HRD adalah rekruter yang profesional, mereka akan tahu kandidat yang berbohong saat menuliskan CV mereka. HRD perusahaan yang kamu daftar dapat melakukan background check kepada perusahaan lamamu sehingga kamu bisa saja ketahuan jika berbohong.

5. Antusiasme

Sering diabaikan namun ini juga salah satu poin penting. Tunjukanlah sikap antusiasme kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Jawablah pertanyaan HRD dengan penuh semangat dan keseriusan. Selain itu, tunjukan pula bahwa kamu benar – benar sangat menginginkan posisi yang kamu lamar di perusahaan.

Setelah selesai wawancara pun, manfaatkan kesempatan untuk tahu lebih dalam seperti apa kandidat yang dicari oleh perusahaan. 

Tanyalah sesuatu hal yang bisa membantumu untuk mengetahui lebih dalam tidak hanya tentang profil perusahaan, namun juga tentang posisi yang kamu lamar.

Selain beberapa hal diatas, kita juga harus menyiapkan diri apabila ada interview mendadak yang diadakan dari perusahaan. Pastikan untuk menjaga kesehatan dan tidak terlalu stress agar dapat berjalan dengan lancar.

Proses dalam mendapatkan pekerjaan impian memanglah membutuhkan waktu yang terkadang tidak sebentar. Dalam mencari dan melamar pekerjaan pun harus dibarengi dengan kesabaran dan juga konsistensi.

Dengan adanya career fair pun akan memudahkan kita untuk mencari pekerjaan, asalkan dibarengi dengan niat dan ketekunan. Demikian sedikit informasi terkait beberapa tips dan trik agar kamu lebih memahami dan bisa mempersiapkan diri kamu sebelum mendaftarkan lamaran pekerjaan. Semoga informasinya bermanfaat dan juga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *