Materi Pengembangan Diri Sendiri Untuk Sekolah Dan Persiapan Kerja

Materi Pengembangan Diri Sendiri Untuk Sekolah Dan Persiapan Kerja
Materi Pengembangan Diri Sendiri Untuk Sekolah Dan Persiapan Kerja

Mengenal dan mempelajari materi pengembangan diri ini, tentunya sangat penting. Terutama untuk Anda yang akan memasuki dunia kerja, atau sedang dalam dunia kerja sekalipun. Karena secara seperti namanya mengembangkan diri, maka dalam hal ini seseorang atau dalam hal ini, Anda akan mencari dan melakukan pengembangkan kemampuan yang ada dalam diri sendiri. Secara tidak langsung hal hal seperti ini, nantinya akan mempengaruhi pencarian pekerjaan atau jobkarir yang akan didapat kelak.

Pengertian pengembangan diri

Sebelum mempelajari tentang materi pengembangan diri lebih lanjut, dan kenapa ada hubungannya dengan job karier. Ada baiknya jika Anda mengenal tentang pengertian dari pengembangan potensi diri itu sendiri. Berdasarkan beberapa sumber, definisi pengertian pengembangan diri sendiri antara lain :

  • Menurut Marmawi – 2009

Yang dimaksud dengan pengembangan diri disini, yaitu sebuah proses untuk meningkatkan kemampuan atau juga potensi, dan juga kepribadian, serta sosial emosional dari seseorang, agar nantinya dapat terus tumbuh dan berkembang.

  • Menurut Tarmudji – 1998

Lain halnya menurut Tarmudji, dimana ini adalah mengembangkan bakat yang dimiliki oleh seseorang, dalam mewujudkan impiannya, guna meningkatkan rasa percaya diri, serta menjadi lebih kuat, dalam menghadapi berbagai cobaan, bahkan mampu menjalani hubungan yang lebih baik denagn sesamanya.

  • Menurut DEPAG – 2005

Dilakukan untuk mengembangkan diri, sebagai proses untuk membentuk sikap serta perilaku, yang terbilang tetap, berdasarkan pengalaman yang diperoleh secara berulang kali, hingga mencapai tahap otonomi / kemandirian, tentang sebuah perilaku tertentu.   

  • Menurut Fanani – 2003

Tidak lain, yaitu mengembangkan semua potensi yang ada dalam diri sendiri, sebagai usaha untuk meningkatkan potensi berpikir, berprakarsa, dan dapat meningkatkan kapasitas intelektual, yang didapat dengan cara melakukan berbagai macam aktifitas.

Jika dilihat diatas, tentunya dapat disimpulkan, bahwa pengertian dari pengembangan diri disini adalah meningkatkan kemampuan dan juga potensi yang ada di dalam diri, untuk memperoleh hidup dan penghidupan yang lebih baik. Secara tidak langsung dengan melakukan proses pengembangan diri, maka hal tersebut akan mempengaruhi career loker yang akan dicari kelak. Tidak hanya mencari career kasir saja, namun ketika kemampuan diri meningkat, bisa saja mencari Google karir internship, atau mencari tantangan kerja baru di supply chain karir.

Baca juga  Apa Itu Gelar CFA, CFP dan CMT ?

Tujuan serta fungsi pengembangan diri

Setelah mengetahui tentang pengertian dari pengembangan diri, berikutnya Anda perlu mengenal tentang tujuan serta fungsinya. Karena pastinya hal tersebut mampu mempengaruhi kehidupan Anda di masa depan, termasuk diantaranya ketika mencari career lowongan kerja.

Adapun tujuan dari pengembangan diri dalam hal ini, merupakan proses utuh dari awal mengambil keputusan hingga ke puncak sukses, dalam hal ini mencapai kemandirian, serta menuju aktualisasi diri. Dengan adanya perubahan dan juga perkembangan yang ada, membuat seseorang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan baik.

Sedangkan menurut Amri – 2013, tujuan dari kegiatan mengembangkan diri, bagi seseorang, atau individu, tidak lain :

1. Tujuan umum

Tujuan secara umum tidak lain, untuk memberikan kesempatan pada semua orang, untuk mengembangkan dan mengapresiasikan diri, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kebutuhan diri sendiri, pembelajaran yang dibutuhkan, bakat, potensi, minat, kondisi dan perkembangan dari seseorang, baik itu misalnya saja peserta didik, atau yang lainnya.

Secara tidak langsung Anda yang hanya lulusan SMK, tidak hanya melulu mencari career lulusan SMK, namun bisa juga mencari informasi job karir 2020 lain, yang sekiranya dapat dilakukan, dan tidak menuntut sisi akademik.   

2. Tujuan khusus

Sedangkan tujuan khusus dari belajar pengembangan diri dalam hal ini, untuk menunjang seseorang dalam mengembangkan bakar, kreatifitas, minat, kompetensi, atau juga kebiasan dalam kehidupannya, baik itu dari sisi kemampuan sosial, kemampuan keagamaan, kemampuan belajar, wawasan dan juga perencanaan karir, mampu memecahkan masalah, serta kemandirian.

Jadi dengan adanya materi pengembangan diri seperti ini, kelak akan membuat potensi diri akan terasah, sesuai dengan kemampuan, minat, bakat, dan yang lainnya. Hasilnya seseorang jadi lebih terampil, dan mampu mengasah kemampuannya dengan baik. Hal ini membuat seseorang jadi lebih percaya diri dalam mencari loker career yang tepat, sesuai kemampuan diri, ketika mencarinya di karir fair yang ada.

Bentuk pelaksanaan pengembangan diri

Adapun kegiatan pengembangan diri sendiri tentunya dilakukan, untuk membentuk watak serta kepribadian dari seseorang. Terutama di sekolah atau juga di lingkungan kerja, maka akan ada beberapa kegiatan yang dilakukan dengan tujuan pengembangan diri.

Baca juga  Kenali Program Internship Dan Keuntungannya

Jika menurut Sulistyowati (2012), penjelasan akan beberapa bentuk pelaksanaan dari proses pengembangan diri yang dimaksud, yaitu :

  • Kegiatan rutin

Kegiatan rutin yang dimaksud, dalam hal ini kegiatan yang dilakukan secara rutin atau regular. Jika di sekolah, biasanya kegiatan yang dilakukan berupa upacara bendera, senam dan yang lainnya.

Sedangkan di lingkungan sehari hari, dilakuan dengan cara mengikuti ibadah khusus keagamaan bersama sama, menjaga kebersihan, teratur, dan menjaga kesehatan diri.

Tujuannya tidak lain untuk membiasakan seseorang dalam mengerjakan sesuatu  dengan baik. Secara tidak langsung hal ini akan mendidik seseorang agar dapat menjalani pekerjaan dengan baik. Dengan demikian, seseorang kelak mudah mencari dan menemukan job dan karir yang tepat sesuai kemampuan.

  • Kegiatan spontan

Tidak lain, kegiatan yang dilakukan tidak ditentukan berdasarkan tempat dan waktu, seperti kegiatan membuang sampah pada tempatnya, kebiasaan antri, atau menyimpan semua hal pada tempatnya.

  • Kegiatan keteladanan

Tidak lain sebuah kegiatan yang akan memberikan contoh. Misalnya saja dari pihak guru, atau pengelola pendidikan, pada para peserta didik, tentang berbahasa yang baik, datang tepat waktu, berpakaian yang rapi, dan yang lainnya.

  • Kegiatan terprogram

Tidak lain kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya, baik itu sifatnya formal (di dalam kelas), atau juga tidak formal (di luar kelas). Tujuannya tidak lain, untuk memberikan wawasan tambahan, contohnya melakukan kunjungan ke luar / outing, atau juga Workshop.

Langkah yang dilakukan untuk pengembangan diri

Dalam proses pelaksanaannya, pengembangan diri sendiri, akan dilakukan dengan memanfaatkan waktu, bakat, dan kemampuan seseorang dalam menggali  sesuatu yang memang sudah ada dalam diri sendiri.

Secara tidak langsung hal hal seperti ini, sangat dibutuhkan untuk mencari kemampuan diri, sebelum akhirnya mencari karir career yang tepat.    

1. Percaya diri

Percaya akan kemampuan diri sendiri. Tanpa adanya rasa percaya diri, sudah tentu, Anda tidak dapat bergerak secara leluasa. Kemampuan diri yang awalnya ada, nantinya akan tenggelam, hanya karena Anda merasa tidak percaya diri.

Misalnya saja saat ini Anda mengunjungi job karir 2021 dan melihat lowongan di PT. Pertamina retail karir, mengingat Anda mempunyai pengalaman dalam bidang tersebut. Hanya karena Anda merasa tidak percaya diri, Anda tidak jadi mengisi lowongan tersebut.  

2. Fokus pada kelebihan Anda

Tidak banyak yang menyadari, bahwa pada dasarnya, semua orang mempunyai kelebihannya sendiri. Itu sebabnya, ketika Anda mengunjungi Michael Page karir, ada cukup banyak lowongan yang disediakan, dan tentunya untuk mereka yang mempunyai kelebihan tersebut. Walaupun jika dilihat selintas, kemampuannya sama, namun akan ada keunggulan tertentu pada masing masing orang, ini yang membuatnya berada di posisi yang berbeda, walau pada divisi yang sama.

Baca juga  Mengenal Lebih Dalam Tentang Psikologi Pengembangan Diri

3. Belajar dari pengalaman

Belajar dari pengalaman, walaupun terasa pahit pada awalnya, tetap akan ada pelajaran berharga yang akan Anda dapatkan. Jangan jadikan sebagai hambatan, melainkan jadikan pemicu Anda untuk jadi lebih baik.

Jadi ketika Anda suatu saat mencari lowongan di jobsdb karir, kelak Anda akan belajar, cara memilah dan memilih pekerjaan yang dinilai sesuai kemampuan, misalnya saja di Tokopedia karir internship atau bisa juga di Grapari Telkomsel career.  

4. Menghargai waktu

Belajar untuk menghargai waktu, namun jangan menjadi budak waktu. Atur waktu Anda lebih baik, dengan cara memanagenya dengan lebih baik. Sehingga, kelak, ketika Anda memperoleh lowongan kerja career, dengan waktu kerja yang terbilang cukup rumit, Anda tetap dapat menjalankannya dengan baik.  

5. Jangan menjadi katak dalam tempurung

Misalnya saja Anda hanya lulusan SMA, dan saat ini Anda hanya mencari career lulusan SMA. Ada baiknya jika Anda terus mengembangkan diri, dan mencari tahu, tentang berbagai kemampuan diri yang dimiliki. Kemudian cari berbagai pekerjaan lain, yang dapat Anda lakukan dan namun tidak menilai berdasarkan pendidikan yang dimiliki.

6. Menghargai diri sendiri dan orang lain

Seperti yang disebutkan di atas, kenali kemampuan diri sendiri, dan hargai kemampuan tersebut. Namun jangan anggap rendah orang lain yang tidak dapat mengikuti kemampuan Anda. Karena pada dasarnya setiap orang mempunyai kemampuan yang berbeda beda.

Itu sebabnya career kerja, yang ditawarkan oleh career lowongan berbeda beda, walaupun masih dalam 1 divisi.

7. Mendorong untuk melakukan prestasi

Membuat sebuah prestasi kenapa tidak. Dorongan ini, tentu saja harus bersifat positif. Karena dalam dunia kerja, hal tersebut akan dinilai sebagai sebuah kemajuan yang dapat Anda lakukan. Misalnya saat ini Anda melihat adanya production assistant karir, ketika Anda berhasil mengukir prestasi, bisa jadi karir Anda akan naik.

Demikianlah beberapa hal tentang materi pengembangan diri yang penting untuk diperhatikan. Karena sadar atau tidak proses pengembangan diri tersebut, kelak akan mempengaruhi masa depan, terutama job karir Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *