Jenjang Karir Adalah : 5 Cara Menentukan Jenjang Karir

Jenjang Karir Adalah : 5 Cara Menentukan Jenjang Karir
Jenjang Karir Adalah : 5 Cara Menentukan Jenjang Karir

Jika, Anda masih belum memiliki rencana untuk menentukan jenjang karier kedepannya pastinya akan cukup sulit. Langkah pertama yang seharusnya dilakukan adalah menentukan tujuan dan mempunyai gambaran sederhana terkait dengan apa yang ingin dilakukan. Bila, Anda masih bingung untuk menentukan jenjang karir adalah, maka dapat mengikuti caranya di bawah ini.

1. Memahami Diri Sendiri

Cara pertama yang dapat menentukan jenjang karir paling tepat untuk Anda adalah dengan mempelajari diri sendiri terlebih dahulu. Paham dengan diri sendiri, kenal dengan karakterisitik diri, dan mengetahui yang diminati dapat membantu Anda untuk menentukan jenjang karier paling tepat. Salah satu cara termudahnya agar bisa memahami diri sendiri adalah melalui beberapa self assessment tools.

Selain itu, bisa mencoba melakukan konsultasi dengan career consultant maupun ikut dalam personality test. Berdasarkan hasil yang di dapatkan nantinya, Anda bisa paham dengan karakteristik diri dan dapat mencocokkan dengan karier maupun pekerjaan paling tepat.

2. Membuat Daftar Pekerjaan yang Akan Ditinjau

Saat Anda sudah lulus kuliah dan mempelajari ilmu dalam bidang tertentu, maka bisa segera untuk memakai ilmu tersebut sebagai dasar dalam mencari pekerjaan yang di inginkan serta menjadi awal dalam menentukan jenjang karier. Membuat daftar yang berisi pekerjaan  yang di inginkan, bisa membuat langkah-langkah yang seharusnya Anda ambil agar bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

Contohnya, jika Anda berkeinginan menjadi seorang digital marketer maka harus mengikuti kelas atau kursus online maupun offline. Hal tersebut nantinya bisa membuat Anda lebih memiliki banyak skill sehingga akan lebih mudah untuk beradaptasi.

Baca juga  Bank Indonesia Karir : Ragam dan Jenisnya

3. Mempelajari Daftar Pekerjaan Lebih Mendalam

Ketika Anda sudah menentukan pekerjaan-pekerjaan yang akan dijadikan sebagai target, jauh lebih baik daftar yang disusun tersebut tidak hanya di diamkan begitu saja. Pelajari setiap pilihan yang sudah ada. Nantinya, Anda dapat memulai dengan cara mencari tahu beberapa persyaratan pada setiap pekerjaan.

Selain itu, perhatikan juga skill apa yang diperlukan dan lakukan perhitungan penerimaan dari banyaknya daftar yang sudah dibuat dan cari tahu apa ada perusahaan yang memerlukan karyawan pada posisi tersebut.

4. Mengikuti Magang

Jenjang karir adalah sesuatu yang harus dicapai secara bertahap. Oleh sebab itu, mengikuti magang akan sangat bermanfaat dalam memberikan Anda pengalaman di sebuah pekerjaan. Magang ini juga menjadi kesempatan untuk melakukan eksplorasi dalam jenjang karir.

Anak magang bukan hanya akan mengerjakan pekerjaan fotokopi. Banyak perusahaan yang akan memberikan apresiasi untuk pegawai magang dan memberikan kesempatan untuk memberikan kontribusi pada proyek yang dikerjakan dengan klien.

5. Belajar dari Mentor Berpengalaman

Mencari mentor yang berpengalaman dan baik memang akan menjadi tantangan tersendiri. Supaya bisa menentukan jenjang karier paling tepat untuk Anda seorang mentor harus berpengalaman dalam bidangnya.

Anda akan memerlukan mentor yang mempunyai pengalaman pada bidang karier yang luas serta memiliki banyak koneksi dalam banyak industri dan seseorang yang komunikatif. Mempunyai mentor yang dapat dijadikan panutan dan bisa berkomunikasi serta konsultasi secara baik akan dapat menentukan jenjang karir adalah selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *