Perbedaan Job dan Karir

Perbedaan Job dan Karir
Perbedaan Job dan Karir ( Photo by Pexels)

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan adalah impian para pencari kerja namun tidak semuanya pekerjaan menawarkan jenjang karir yang baik. Dalam tulisan ini dijelaskan tentang perbedaan job dan karir

Sebelum melamar pekerjaan penting bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda mencari pekerjaan atau karir karena ini berkaitan dengan masa depan Anda kedepannya. 

Meskipun pekerjaan dan karier memungkinkan kita mendapatkan cukup uang untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga kita, itu tidak berarti hal yang sama.

Penting untuk mengetahui apakah Anda sedang mencari pekerjaan atau karier untuk merencanakan tujuan profesional Anda.

Dalam tulisan ini, dijelaskan perbedaan antara job dan karir, bagaimana yang satu dapat memengaruhi yang lain, dan bagaimana mengubah pekerjaan menjadi karier.

Apa itu Job?

Job adalah pekerjaan yang Anda lakukan untuk mendapatkan uang untuk mendukung kebutuhan dasar Anda. Ini bisa menjadi pekerjaan penuh waktu atau paruh waktu dan mungkin jangka pendek.

Anda mungkin mendapatkan upah per jam atau gaji tetap daripada gaji dengan tunjangan. Anda mungkin perlu mempelajari keterampilan tertentu yang terkait dengan peran itu, tetapi tidak semua pekerjaan memerlukan gelar khusus atau pelatihan lanjutan.

Perusahaan mengharapkan karyawan mereka untuk melakukan pekerjaan masing-masing dengan imbalan pembayaran reguler dan bertanggung jawab atas tugas yang ditetapkan untuk mereka.

Anda juga dapat mendefinisikan job sebagai kontrak jangka pendek atau panjang antara pemberi kerja dan pekerja.

Baca juga  Jenjang Karir Adalah : 5 Cara Menentukan Jenjang Karir

Misalnya, sebuah perusahaan menyewa kontraktor lokal untuk menyelesaikan pekerjaan renovasi kantor. Mereka menyetujui persyaratan pembayaran, dan pekerjaan berakhir setelah proyek selesai.

Apa itu karir?

Karier adalah perjalanan profesional jangka panjang yang dapat Anda tentukan berdasarkan hasrat Anda. Ini adalah jalan yang Anda tempuh untuk memenuhi tujuan dan ambisi profesional Anda.

Anda mungkin memerlukan tingkat pendidikan atau pelatihan tertentu untuk mencapai tujuan ini. Individu yang mengejar karir sering menetapkan gaji dengan tunjangan seperti opsi saham, rencana pensiun, pensiun dan bonus.

Mereka juga memperoleh manfaat di luar uang, seperti kebanggaan pribadi, kepuasan kerja, dan harga diri.

Karier mungkin bertahan seumur hidup. Anda dapat memegang banyak pekerjaan di bawah banyak pemberi kerja di industri pilihan yang Anda jalani selama karier Anda.

Bagaimana pekerjaan memengaruhi karier Anda?

Anda kemungkinan besar akan memegang banyak pekerjaan sepanjang karier Anda, bahkan jika Anda tidak memiliki jalur karier yang ditetapkan saat pertama kali bergabung dengan dunia kerja.

Mungkin bermanfaat untuk mempertimbangkan setiap posisi yang Anda isi sebagai langkah dalam pekerjaan hidup Anda. Pekerjaan Anda dapat memengaruhi karier Anda dengan cara berikut:

1. Pekerjaan membentuk karier Anda

Karier terdiri dari semua pekerjaan yang telah Anda kerjakan, terlepas dari apakah pekerjaan tersebut terkait satu sama lain. Anda bisa menghabiskan puluhan tahun bekerja di departemen yang sama sebagai satu organisasi.

Alternatifnya, Anda dapat mengerjakan banyak pekerjaan yang tampaknya tidak berhubungan selama hidup Anda, seperti asisten eksekutif, dan spesialis teknologi informasi.

Semuanya menentukan karier Anda dan dapat menghubungkan Anda dengan peluang lain yang Anda sukai.

Pikirkan pekerjaan sebagai tugas jangka pendek yang dapat membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang.

Baca juga  7 Kiat Pengembangan Potensi Diri Di Dunia Kerja

2. Anda belajar dari setiap pekerjaan

Setiap pekerjaan yang Anda ambil mengajarkan pelajaran yang dapat Anda terapkan pada pekerjaan di masa depan.

Anda juga akan mendapatkan berbagai keterampilan, pengetahuan dan pengalaman. Misalnya, mungkin pekerjaan Anda sebagai pegawai ritel mengajari Anda cara menangani situasi sulit dengan bijaksana.

Posisi resepsionis mungkin telah mengajari Anda keterampilan komunikasi dan layanan pelanggan yang baik.

Peran lain mungkin membantu mengembangkan keterampilan menulis Anda, mengembangkan kemampuan Anda untuk menangani penolakan, atau mengajari Anda nilai ketekunan dan kerja keras.

3. Pekerjaan memberi Anda peluang jaringan

Dengan setiap pekerjaan, Anda membangun jaringan dan komunitas kontak profesional. Jika Anda mempertahankan hubungan yang produktif dan profesional dengan semua kolega dan klien, Anda dapat memberi diri Anda kemampuan untuk menjangkau koneksi ini sepanjang karier Anda.

4. Kerja keras terbayar

Pekerjaan Anda saat ini dapat memengaruhi karier Anda dengan cara yang tidak terduga. Pandangan positif, keinginan untuk belajar, dan pekerjaan berkualitas tinggi secara konsisten dapat membedakan Anda, menciptakan peluang baru, dan memberi Anda rekomendasi untuk pekerjaan di masa depan.

4 cara mengubah pekerjaan menjadi karier

Jika Anda bertujuan untuk berkarir, Anda dapat bekerja untuk mencapai tujuan jangka panjang itu. Strategi ini dapat membantu.

1. Terus belajar dan berkembang

Selalu bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Jika Anda tahu jalur karier apa yang ingin Anda kejar, cari tahu keahlian dan pengalaman apa yang Anda butuhkan untuk mencapainya.

Setelah Anda mengetahui persyaratannya, berusahalah untuk mengembangkan kualifikasi Anda baik melalui praktik di pekerjaan Anda saat ini atau pelatihan formal, kursus dan pendidikan online.

Saat mencoba menentukan keterampilan mana yang paling menguntungkan karier Anda, carilah profesional yang sukses di industri itu.

Baca juga  Inilah yang Perlu Diketahui tentang Karir BUMN

Tanyakan pada diri Anda apa kekuatan, bakat, atau pencapaian mereka. Jangkau individu dengan karier serupa, dan mintalah saran mereka.

2. Dapatkan mentor

Jika memungkinkan, cari satu atau dua mentor dengan posisi atau pengalaman tingkat atas di bidang yang Anda inginkan.

Tanyakan apakah mereka akan mempertimbangkan untuk mendukung dan menasihati Anda secara profesional.

Saat bekerja dengan seorang mentor, Anda dapat merencanakan pertanyaan khusus untuk diajukan atau topik untuk didiskusikan, seperti pengembangan karier. Pertimbangkan jalur mentor Anda dan apakah yang serupa dapat berhasil untuk Anda.

3. Perluas jaringan Anda

Lokakarya, konferensi, seminar, dan acara sosial dapat menjadi tempat yang tepat untuk bertemu para profesional di bidang Anda.

Anda dapat memperluas jaringan Anda untuk memiliki lebih banyak sumber daya untuk berbagi pengalaman, belajar, mendapatkan saran dan mendapatkan rekomendasi pekerjaan.

4. Terapkan untuk magang

Membangun pengalaman di bidang karir Anda, meskipun magang, dapat membantu Anda maju atau masuk ke sektor itu.

Jika saat ini Anda bekerja sebagai konsultan teknologi informasi tetapi menginginkan karir di industri penerbitan, misalnya, Anda dapat mencari peluang pendidikan atau sertifikasi kemudian mencari magang yang dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman mengedit atau produksi.

Pekerjaan dan karier saling berhubungan, karena pekerjaan seumur hidup membentuk karier yang Anda pilih.

Kebanyakan orang memulai dari bawah dengan pekerjaan tingkat pemula atau bergaji rendah sebelum maju melalui pekerjaan yang berbeda di industri mereka untuk mendapatkan pengalaman yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan jangka panjang mereka.

Keterampilan dan pengetahuan yang Anda kembangkan di setiap peran dapat berkontribusi pada kesuksesan dalam karier Anda. Demikian perbedaan job dan karir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *