Memiliki Prospek Yang Sangat Gemilang! Supply Chain Karir: Pengertian, Manfaat, Tugas, Lowongan

Supply chain karir – Kini semua kemudahan ada didepan mata, didukung dengan terus berkembangnya berbagai jenis teknologi. Awalnya, dalam melakukan pembelian barang harus datang ke tempat dan memilih. Kemudahan ekonomi membuat model baru yang dikenal dengan shopping online. 

Cara ini sangat unik dan sudah banyak diterapkan. Tidak hanya mudah dan praktis, shopping online tidak membuang banyak waktu dan biaya. Tidak heran jika perusahaan berlomba-lomba memasarkan produknya secara besar-besaran melalui online. 

Pada bisnis online tentu membutuhkan pengelolaan dalam hal pengiriman pesanan agar sesuai jadwal, memastikan pesanan diterima, dan diterima sesuai dengan janji yang ditetapkan. Agar semua ini terjadi maka perusahaan membutuhkan pengelola aliran informasi, dana, barang.

Pengelola yang dimaksud yaitu supply chain manager atau SCM. Job karir ini dinilai sangat penting, pasalnya tidak semuanya dilakukan teknologi tanpa adanya penggerak atau orang yang mengontrol. Hal ini mustahil. Oleh karena itu, supply chain karir diperkirakan memiliki performa baik di masa depan.

Disini akan dibahas mengenai supply chain karir lebih lanjut agar anda dapat memahami jobkarir ini dengan baik. Pekerjaan yang besar dan memiliki prospek baik harus diimbangi dengan kemampuan yang mumpuni. Sehingga harus dipersiapkan sedini mungkin.

Apa Itu Supply Chain Karir 

Supply chain karir merupakan job karier tenaga profesional yang bertanggung jawab atas aliran atau pengarahan atau koordinasi jasa atau kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan produksi, pembelian, pergudangan, penyaluran, estimasi keuangan, dan membatasi biaya. 

Job dan karir ini memiliki tugas dan kegiatan dalam proses produksi dan distribusi ke pihak konsumen yang membutuhkan. Umumnya ditempatkan di perusahaan manufaktur, perusahaan garment, perusahaan makanan, dan fintech.

jobsdb karir yang dibutuhkan antara lain direktur supply chain, manager supply chain, wakil presiden supply chain, director global rantai suplai, dan manajer rantai suplai. Orang yang memiliki kompetensi di bidang ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut kompetensi yang dibutuhkan : 

Baca juga  Teller Bank Gaji dan Tugasnya

Kompetensi Profesional 

  1. Memiliki kemampuan dan menguasai management supply chain 
  2. Memahami manajemen transportasi dan internasional transport 
  3. Memahami bidang logistik 
  4. Memiliki wawasan yang luas tentang geografis yang baik 
  5. Mampu melakukan packing barang dengan rapi dan cepat sesuai target 
  6. Memiliki keterampilan yang mempunyai dibidang Microsoft Office yang baik, misalnya saja Ms.Excel, dan Ms. Word 

Kompetensi Personal

  1. Memiliki kemampuan yang baik di bidang perencanaan dan pengorganisasian 
  2. Memiliki manajemen waktu yang baik, mampu bekerja  sama di bawah perintah dan tekanan, kerja keras, kerja tim, bertanggung jawab, dan memiliki sifat dan karakter yang baik
  3. Kemampuan public speaking dan branding tulisan yang baik
  4. Kemampuan menunjukkan etos kerja yang baik, bertanggung jawab tinggi, sesuai target yang ditentukan, dan rasa percaya diri yang tinggi sebagai supply chain
  5. Memiliki kemampuan problem solving yang baik dan matematika

Umumnya tugas yang diemban seorang supply chain yaitu bertanggung jawab dan melakukan proses terhadap pesanan-pesanan yang masuk dari pembeli, keluar, pengembalian, dan tepat waktu sesuai dengan target. 

Tidak hanya itu seorang supply chain juga harus melakukan pemeriksaan terhadap stock barang di gudang, melakukan negosiasi,  merencanakan rule terbaik, dan melakukan monitoring atas pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan semua target tercapai dan kepuasan pelanggan. 

Pentingkah SCM Atau Supply Chain Manager, Simak! Tiada Bisnis Tanpa SCM 

Keberadaan internet membawa banyak kemudahan. Menjadi sarana yang paling praktis, cepat, dan ekonomis untuk menyelesaikan berbagai transaksi business to business atau BSB dan Business to consumer atau B2C. Sehingga dalam menjangkau global tidak dibutuhkan banyak waktu. 

Bahkan untuk melakukan penelitian dan menemukan barang mentah dengan harga yang sesuai dengan budget sekarang lebih mudah. Nah, untuk menggabungkan rantai bisnis tersebut dibutuhkan jaringan rantai pasok atau supply chain. Perusahaan membutuhkan pengelola yang unik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proses produksi yang dilakukan.

Keahlian ini sangat dibutuhkan, pasalnya proses produksi sampai distribusi adalah inti dari berdirinya sebuah perusahaan. Keahlian ini memiliki prospek yang baik dimasa depan. untuk generasi muda, keahlian yang dibutuhkan bisa dipersiapkan agar dapat mendukung profil personal. 

Baca juga  Contoh Pelatihan Pengembangan Diri Yang Dapat Dilakukan Mahasiswa

loker career sebagai pilihan baik career lowongan SMA atau career lowongan SMK sangatlah banyak. Misalnya saja penawaran yang dilakukan oleh pt pertamina retail karir, grapari telkomsel career, google karir internship, michael page karir, production assistant karir, tokopedia karir internship dan lainya.          

Bagaimana Prospek Supply Chain Karir Di Masa Mendatang?

Mempunyai karir yang bagus dan gemilang menjadi keinginan semua orang. Utamanya bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu dan uang untuk menempuh pendidikan tinggi. Hal ini akan menjadi hadiah terbaik setelah menyelesaikan pendidikan.  

Ini sangat cocok, peluang bisnis di bidang SCM atau Supply Chain Manager sangatlah bagus, utamanya bagian logistik. Saat ini mencapai Rp 2.000 triliun, namun perusahaan yang berjalan dibidang ini baru bisa menangkap peluang sebesar Rp 300 triliun. 

Kebutuhan ini juga didukung dengan adanya perkembangan bisnis online dan industri kreatif yang semakin banyak setiap tahunnya. Tidak hanya itu, berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA diperkirakan mampu meningkatkan peluang sebesar 15-20 persen per tahunnya. 

Jika diperkirakan kebutuhan supply chain karir yang sedang dicari yaitu sekitar 17.000 personal setiap tahunnya. Namun, SDM atau sumber daya manusia yang ada belum secara khusus dipersiapkan di bidang ini. 

Lima Aspek Yang Dipegang Dalam Rantai Supply Chain 

Sebagai tulang punggung perusahaan karir career dinilai sangat penting dan dibutuhkan. tentu, dalam menjalankan pekerjaannya terdapat ranah aspek yang secara khusus dikelola dan dipegang. Berikan penjelasan tentang masing-masing aspek : 

1. Perencanaan dan pembuatan strategi 

Pada tahap ini perusahaan melakukan budgeting dana yang harus dikeluarkan untuk proses produksi. Perusahaan juga harus menentukan strategi yang pas untuk bisa memperoleh laba maksimal dengan biaya minimal. Tapi tetap, mengeluarkan kualitas produk yang terbaik. 

2. Sumber 

Sumber menjadi hal terpenting yang harus dipertimbangkan. Baik itu sumber bahan baku maupun jasa. Tugasnya seorang CSM yaitu semuanya terkirim dan dapat digunakan sesuai dengan waktu yang tepat. Otomatis kalau mengalami keterlambatan pasti proses lain juga akan terhambat. 

Tentu untuk mendapatkan hasil maksimal dan semua berjalan baik, anda harus memiliki hubungan baik dengan supplier atau pemasok bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi.   

Baca juga  7 Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu

3. Manufaktur 

Tahap selanjutnya yaitu memastikan proses produksi berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini tentu ditujukan untuk mengefisiensikan waktu dan pengiriman ke konsumen. Namun perlu diperhatikan, jangan terlalu cepat atau terlalu lama karena terdapat beberapa kualitas yang harus dijaga. 

4. Pengiriman dan logistik 

Seorang Supply Chain juga memiliki kewajiban untuk melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap pengiriman dan logistik. Pasalnya tahap distribusi tak kalah penting dari tahap lainnya. percuma proses sebelumnya dilakukan dengan cepat namun pada proses distribusi mengalami kendala. 

Tentunya produk yang diestimasikan akan sampai pada waktu yang telah disepakati belum diterima oleh konsumen. Hal ini tentu sangat mengecewakan dan menurunkan kepercayaan konsumen pada perusahaan. 

5. Return 

Pengembalian barang atau return tidak jarang terjadi pada saat pembelian. Terkadang terdapat produk yang tidak sesuai keinginan akibat human error. Disini SCM memiliki wewenang untuk menangani rule ini. 

Tentu akan sangat merugikan jika hal ini tidak ditangani dengan baik, atau bahkan dibiarkan begitu saja. Dengan begitu SCM harus mampu memastikan produk sampai ditangan konsumen dengan aman tanpa ada cacat.

Cara Menemukan Career Lowongan Kerja Yang Tepat

Banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang dimana dapat menemukan lowongan kerja career

 di bidang SCM atau Supply Chain Manager. Tentu ini sangat mudah, didukung dengan teknologi yang ada informasi telah tersebar luas dengan cepat. 

Anda hanya membutuhkan ketelitian, kecepatan, dan mengunjungi banyak platform yang menyediakan informasi terkait. Misalnya saja yang dapat anda coba antara lain seperti Jobstreet.com, Linkedln, Karir, Glints, Urbanhire, Kalibrr, atau dapat juga mengikuti karir fair.

Disini anda akan menemukan banyak career lowongan. Yang sesuai dengan kemampuan dan background pendidikan. Anda juga dapat menemukan career loker di bidang lain misalnya saja career kasir, job karir 2020, job karir 2021, sampai yang terbaru. Tidak hanya bidang supply chain karir.   

Begitulah sedikit informasi terkait supply chain karir yang sangat dibutuhkan dan dinilai penting di dunia pekerjaan. Persiapkan diri anda untuk masa depan yang lebih cerah dengan capaian yang lebih baik.    

x

Leave a Comment