Strategi Digital Marketing Dan Manfaatnya

Jenis Strategi Digital Marketing serta Manfaatnya Terhadap Bisnis
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Di era digital seperti sekarang ini, Anda akan tertinggal jika dalam menjalankan usaha tidak menerapkan prinsip strategi digital marketing. Digital marketing adalah salah satu kegiatan promosi sebuah produk atau brand menggunakan media digital atau internet. Tujuannya untuk membuat konsumen dan calon konsumen tertarik dengan produk tersebut secara cepat.

Seperti yang kita tahu, penerimaan internet serta teknologi di masyarakat begitu luas. Sehingga merupakan hal yang wajar jika kegiatan pemasaran secara digital menjadi pilihan utama oleh para pelaku bisnis. Dampaknya, para pebisnis saling berkompetisi membuat konten yang menarik dan menampilkannya dalam dunia maya.

Anda bisa membandingkan antara pebisnis yang melakukan pemasaran secara digital dengan yang tidak. Mereka yang menerapkan strategi dengan jaringan digital marketing pasti memiliki prospek bisnis yang lebih baik. Hal ini tentu berbeda bila Anda bandingkan dengan mereka yang tidak menerapkannya.

Strategi Digital Marketing Sebagai Cara Jitu untuk Promosi

Digital marketing seolah menjadi ilmu wajib bagi para pelaku bisnis di era digital ini. Tanpanya, pebisnis tidak akan mampu menarik banyak pelanggan dalam waktu yang singkat. Bahkan bisnis Anda sangat mungkin untuk kalah dari kompetitor.

Strategi ini sangat berpengaruh terhadap closing penjualan karena targetnya memiliki cakupan yang luas. Seiring dengan kemajuan teknologi, tren dalam dunia bisnis juga semakin bervariasi. Jika Anda tidak menerapkannya, bisa-bisa kompetitor justru berhasil menguasai pasar bagi produk Anda. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Cara Memulai Digital Marketing

Apakah Anda tertarik untuk melakukan strategi dasar digital marketing?. Untuk bisa memulai pemasaran menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang harus Anda siapkan. Simak penjelasan berikut ini.

Menentukan Profil Target Pelanggan

Mulai kenali siapa target pelanggan, pekerjaan, umur mereka, serta karakteristik penting lainnya. Dengan mengetahui target pelanggan maka channel digital marketing nantinya akan tepat sasaran. Sehingga akan memberikan hasil yang jauh lebih efektif dan efisien.

Menentukan Tujuan Output

Dari digital marketing campaign yang akan Anda eksekusi, sangat penting dalam menentukan tujuan output. Apakah untuk mengenalkan brand, mendapatkan leads baru, closing sales, menambah pengunjung website, atau meningkatkan social engagements. Sebelum memulai strategi digital, tujuan output dari digital marketing campaign harus Anda definisikan dengan jelas. Jangan sampai inkonsisten di tengah jalan yang justru menyebabkan bertambahnya biaya, waktu dan juga tenaga.

Memilih Channel Digital Marketing

Dalam menjalankan strategi digital marketing, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi budget pemasaran yang Anda miliki. Terdapat beberapa channel digital marketing yang bisa Anda gunakan. Misalnya sosial media marketing, Paid Ads, SEO, video marketing, email marketing, content marketing dan lainnya. Kunci untuk memulai adalah dengan mengenali target pelanggan dan menyesuaikan dengan budget.

Sebagai contoh jika pelanggan adalah kaum milenial berusia 15- 25 tahun, maka bisa menggunakan channel sosial media. Baik melalui promosi social ads maupun promosi akun sosial media tidak berbayar. Bisa melalui platform Youtube, Instagram dan Facebook. Pemilihan channel bisa menentukan keberhasilan dan efektif tidaknya kampanye pemasaran digital.

Kampanye Pemasaran Digital

Segala sesuatu dalam dunia bisnis tidak ada yang langsung berjalan mulus tanpa adanya kampanye pemasaran digital. Dengan mengevaluasi kinerja kampanye digital secara berkala dan mengeksekusinya secara disiplin. Maka Anda bisa mencoba alternatif strategi lain untuk meningkatkan performa dari digital marketing.

Sebagai contoh, jika tujuan serta output kampanye digital adalah closing sales, maka evaluasi conversions rate dari kampanye digital secara berkala. Apabila terlalu rendah, maka evaluasi kembali ke profil target pelanggan, landing page yang Anda gunakan juga target kata kunci.

Dengan melakukan evaluasi secara berkala, lambat laun akan bisa menemukan the winning campaign. Kemudian bisa melakukan scale up dari kampanye pemasaran digital agar tumbuh dengan masif dan cepat.

Jenis Pemasaran Digital

Selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai jenis dari pemasaran digital. Setidaknya terdapat 6 jenis yang terbagi sesuai dengan penggunaan platform dan metodenya.

1) Email Marketing

Dengan menggunakan email, Anda bisa mempromosikan berbagai konten mengenai sebuah produk. Tak hanya itu saja, berbagai informasi juga bisa Anda sebar luas melalui media email. Strategi ini efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website Anda.

2) Video Marketing

Anda juga bisa menggunakan media berupa video untuk menampilkan informasi mengenai produk. Saat banyak orang yang menghabiskan waktu untuk mengakses internet, cara ini terbukti efektif. Salah satu channel untuk mempromosikan produk yaitu melalui Youtube. Melalui platform ini Anda bisa mengunggah berbagai konten video menarik terkait produk bisnis.

3) Online Advertising

Online Advertising merupakan media promosi melalui internet dengan berbayar. Melalui media ini pelaku bisnis bisa mendapatkan konsumen lebih cepat. Namun memerlukan biaya yang cukup mahal daripada platform lainnya.

4) Social Media Marketing

Strategi digital marketing kali ini melalui situs jejaring sosial. Tersedia banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi produk. Misalnya saja Twitter Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Penggunaan media sosial ini tidak memerlukan biaya yang besar. Selain itu juga bisa menjangkau pelanggan secara luas melalui channel yang Anda buat.

5) Search Engine Marketing

Jenis digital marketing yang paling sering digunakan sebagai strategi memasarkan produk adalah search engine marketing. Jenis ini terbagi menjadi 2, yaitu SEO dan SEM. Untuk SEO sendiri termasuk ke dalam pemasaran digital tanpa modal besar. Fungsinya untuk membantu website masuk pada halaman pertama pada mesin pencarian Google.

Sementara SEM adalah Search Engine Marketing yang memiliki fungsi sama dengan SEO. Namun menggunakan SEM memerlukan biaya yang cukup besar. Hal ini karena SEM mengandalkan iklan untuk setiap klik yang user lakukan agar masuk pada website Anda.

6) Website

Website merupakan salah satu media yang cukup populer sebagai tempat untuk mempromosikan produk. Dengan menggunakan website, menjadikan strategi digital marketing ini mampu menjangkau target secara luas. Membuat website sendiri juga tidak membutuhkan biaya yang besar karena penanganannya yang relatif murah.

Strategi Pemasaran Digital yang Tepat

Agar promosi produk bisa berjalan dengan baik dan sesuai target. Maka Anda perlu mengetahui beberapa jenis strategi pemasaran digital berikut ini.

1) Google Bisnisku

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak pula berbagai kemudahan yang bisa Anda dapatkan. Mengenai strategi marketing, Anda bisa belajar digital marketing dengan membuat akun pada Google Bisnisku. Fungsinya untuk memberikan informasi secara lengkap mengenai jam kerja, jenis perusahaan, alamat kantor, nama perusahaan bahkan lokasi kantor. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah menemukan lokasi Anda secara akurat karena telah terhubung dengan Google Maps.

2) Affiliate Program

Program ini adalah suatu pekerjaan untuk mempromosikan sebuah produk milik agensi atau perusahaan. Ketika produk tersebut berhasil terjual, maka orang yang mempromosikan produk tersebut akan mendapat komisi tambahan. Dengan program ini Anda bisa bekerja setiap saat tanpa batasan waktu dan tempat. Selain itu Anda juga bisa melakukan proses monitoring lebih mudah. Anda bisa baca laman: Tren Affiliate Marketing Naik, Kenali Manfaat Hingga Tips Pemasarannya

3) Influencer

Strategi digital marketing yang selanjutnya yaitu seorang influencer. Influencer merupakan orang yang berpengaruh besar di sebuah komunitas maupun ruang lingkup yang lebih luas. Secara umum, seorang influencer bisa mempengaruhi dan mengarahkan tindakan orang lain untuk mengikuti saran yang ia berikan.

Dengan menggandeng influencer, kegiatan mempromosikan produk akan lebih mudah. Sehingga akan menjadikan banyak konsumen yang percaya dengan produk tersebut karena pengaruh dari influencer. Sebagai contoh, influencer yang tengah populer saat ini yaitu selebtweet dan selebgram yang berpengaruh besar di media sosial.

4) Search Engine Optimization

Tentu Anda sering melihat banyak situs yang masuk pada halaman pertama pencarian di Google. Nah, melakukan optimasi SEO termasuk salah satu metode yang efektif untuk memperoleh peringkat halaman di mesin pencari. SEO merupakan bentuk apresiasi untuk situs web yang masuk pada halaman pertama di mesin pencarian. Terdapat dua jenis dalam SEO, yaitu On Page dan Off Page.

Untuk On Page lebih mengarah ke proses optimasi pada halaman website nya. Sementara Off Page adalah proses optimasi dengan bantuan dari website lain untuk meningkatkan kredibilitas situs Anda. Dalam dunia digital marketing terdapat pekerjaan yang cocok untuk menangani SEO. Seperti Copywriter, SEO Specialist, Content Writer dan masih banyak lagi.

5) Content Marketing

Strategi digital marketing yang satu ini merupakan cara promosi produk melalui tulisan atau artikel. Anda bisa membuat tulisan yang bisa mempengaruhi pembaca untuk menggunakan jasa atau produk. Dalam menggunakan metode ini juga harus menerapkan aturan dan kaidah penulisan yang benar serta menerapkan SEO friendly. Seorang Content Writer akan membuat tulisan dalam bentuk artikel, ebook, blog, brosur online dan lainnya.

6) Pay Per Click (PPC)

PPC merupakan metode untuk mengarahkan traffic pengunjung dan masuk ke website dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya adalah Facebook Ads, Twitter Ads, Google Adwords dan lainnya. Cara kerja PPC yaitu Anda harus membayar terlebih dulu. Tujuannya agar bisa mendapatkan slot atau posisi teratas pada mesin pencari dengan tarikan biaya setiap kliknya. Untuk menggunakan strategi marketing ini, pastikan perusahaan atau bisnis Anda memiliki modal yang cukup.

Manfaat Digital Marketing

Berikut ini beberapa hal penting yang mengenai manfaat digital marketing dalam mendukung perkembangan bisnis Anda.

Membangun Product Branding.

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda sangat memerlukan kepercayaan dari pelanggan. Semakin banyak konsumen yang percaya dengan produk Anda, maka kredibilitas bisnis Anda juga semakin meningkat. Membangun personal dan product branding sangat perlu dalam strategi digital marketing.

Personal branding bisa terbentuk dari pribadi dan perilaku yang baik serta profesional dalam dunia pekerjaan. Sementara Product branding akan terbentuk apabila brand perusahaan memiliki kredibilitas yang baik. Agar bisa meningkatkan keduanya, makan Anda perlu menggunakan digital marketing melalui berbagai media yang ada.

Menjangkau Target Pasar Lebih Luas.

Ketika bisnis telah terkoneksi dengan jaringan internet, secara otomatis bisnis itu akan terhubung dengan pengguna internet di seluruh dunia. Sehingga dengan menerapkan pemasaran online, sangat efektif untuk membantu dalam mempromosikan produk atau jasa secara efektif dan efisien.

Lebih Murah serta Efektif.

Dengan menggunakan digital marketing Anda tidak memerlukan modal yang besar. Setiap pelaku bisnis bisa menjalankan usahanya dengan memanfaatkan internet dengan modal yang sangat minim. Namun Anda juga perlu menerapkan metode khusus agar strategi digital marketing tepat sasaran. Lakukan riset kompetitor bisnis Anda serta persaingan produk dari kompetitor. Dengan begitu, bisa meminimalisir atau menurunkan kemungkinan kegagalan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *