Inilah 5 Strategi Marketing Bisnis untuk Menaikkan Penjualan yang Tepat

Inilah 5 Strategi Marketing Bisnis untuk Menaikkan Penjualan yang Tepat
Strategi Marketing Bisnis untuk Menaikkan Penjualan yang Tepat (Photo by Negative Space pexel)

Mendirikan sebuah usaha menjadi salah satu ide yang menggiurkan bagi sebagian orang, Mulai dari skala kecil atau besar. Namun, dalam membangun usaha, dibutuhkan 5 strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan agar menghasilkan keuntungan.

Selain itu, Anda juga harus bisa menyesuaikan budget yang dimiliki. Apabila budget yang dimiliki tidak banyak, maka lebih baik membuka usaha kecil sebelum menjadikan usaha sebagai skala besar.

5 Strategi Marketing Bisnis untuk Menaikkan Penjualan

Dalam memasarkan produk, sering terdengar istilah nama biaya pemasaran atau marketing cost.

Biaya pemasaran modern ini merupakan biaya yang dikeluarkan untuk menjual atau membawa produk ke pasar. Berikut ini beberapa strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan yang tepat.

1. Membangun Brand Kuat

Branding merupakan salah satu hal krusial yang harus dibangun sejak awal bisnis berjalan. Anda harus mulai membangun citra yang baik dan meningkatkan brand awareness, walaupun usaha yang didirikan masih berskala kecil. 

2. Membuat Logo Menarik

Apabila Anda mempunyai citra brand yang baik, sebaiknya logo merepresentasi brand bagus dan menarik. Namun, logo yang dibuat harus menempel dengan identitas bisnis Anda.

Logo harus dibuat menarik, dan mengandung makna yang mewakili usaha Anda. Anda dapat meminta bantuan jasa freelance graphic designer untuk konsultasi terkait logo.

3. Strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan dengan Menulis Konten 

Internet menjadi salah satu cara yang tepat dalam melakukan strategi marketing bisnis Anda, apalagi bila usaha yang dibangun merupakan bisnis kecil.

Baca juga  Marketing Mix Adalah : Pengertian Dan Definisi

Melalui internet, Anda dapat membangun brand awareness terkait usaha, sekaligus mempromosikan produk yang dijual.

Salah satu caranya dengan menulis blog situs-situs komunitas secara menarik, dan cantumkan link usaha Anda. Cara ini termasuk strategi marketing paling murah dan efektif.

Anda dapat memulai menulis konten terkait usaha Anda melalui forum komunitas, atau mulai dari media sosial seperti Twitter, Facebook, atau Instagram.

Anda bisa mengerjakannya sendiri atau meng-hire freelance content writer untuk menuliskan produk di forum online.

4. Gunakan Facebook Ads

Sampai saat ini, media sosial menjadi wadah paling efektif untuk mengembangkan pasar usaha Anda. Pemasaran melalui media sosial yang bisa Anda lakukan adalah dengan Facebook.

Pengguna Facebook di Indonesia sudah terbanyak ke-4 di dunia, yakni mencapai 130 juta orang. Anda harus membuat akun usaha di Facebook, dengan begitu bisa memperlihatkan produk yang ditawarkan kepada calon pembeli.

Agar halaman usaha Anda memperoleh banyak sorotan dari pengguna Facebook, sebaiknya menggunakan Facebook Ads.

Facebook Ads termasuk salah satu fitur yang membuat profil usaha Anda terpampang di halaman akun pengguna lainnya. 

5. Lakukan Riset Pasar

Tren pasar yang berubah, membuat Anda harus rajin melakukan riset. Tujuannya, agar Anda dapat memahami kepuasan pelanggan terhadap produk, serta mengetahui trend yang sedang disukai oleh pasar.

Dengan begini, Anda memiliki bekal untuk menentukan arah bisnis kedepannya. Apalagi setiap bisnis memiliki ciri khas pasar yang berbeda, sehingga penting sekali Anda melakukan riset pasar ini.

Sekian informasi tentang strategi marketing bisnis untuk menaikkan penjualan, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *