Riset Kata Kunci Youtube Terbaru 2023

cara riset kata kunci youtube
Ilustrasi Youtube (Photo by Christian Wiediger on Unsplash)

Riset kata kunci youtube merupakan hal yang penting bagi para conten creator youtube agar channel mendapatkan banyak pengunjung

Karena konten yang menarik belum tentu memperoleh pengunjung jika konten tidak memiliki kata kunci pencarian.

Oleh karena itu bagi Anda yang sedang merintis sebagai conten creator youtube perlu melakukan riset kata kunci terlebih dahulu karena kata kunci itulah yang akan mendatangkan pengunjung.

Untuk cara riset kata kuncinya akan dijelaskan berikut ini. Simak sampai selesai agar mampu melakukan riset lebih dalam.

Cara Riset Kata Kunci Youtube

Ada beragam Cara yang bisa dilakukan untuk mencari Kata Kunci Youtube yang tepat. Diantaranya berikut ini:

1. Menentukan Niche dan Target Audiens

Dalam membuatat konten, langkah pertama yang wajib diterapkan adalah memilih niche atau topik konten.

Niche yang Anda pahami akan memudahkan perkembangan konten channel youtube Anda kedepannya.

Jika Anda telah menemukan niche yang tepat, lanjutkan dengan menentukan topik untuk YoTube Anda. Misalnya, niche yang Anda kuasai adalah olahraga maka bahaslah satu topik tentang olahraga berupa review sepatu, tutorial menendang bola, dan sebagainya.

Kemudian apabila Anda merasa telah menemukan topik yang cocok untuk Anda maka kembangkan menjadi pembahasan yang lebih spesifik agar channel youtube Anda mudah diingat pengunjung.

Lebih jelasnya, semisal Anda membahas rekomendasi sepatu futsal untuk pivot maka bahas lagi soal sepatu dan kegunaanya agar lebih dimengerti pengunjung.

Jika Anda membuat channel youtube dengan niche review sepatu Anda juga memiliki potensi membuat took sepatu sekalian.

Baca juga  Metaverse Facebook Menjadi Meta

Apabila telah menemukan topik-topik yang spesifik, kumpulkan topik tersebut kemudian lakukan riset kata kunci youtube yang lebih jelas dan mandalam.

Kemudian perkirakan kepada siapa topik konten yang Anda buat ditujukan supaya mudah memperoleh pengunjung.

Supaya dapat mengetahui potensi memperoleh target penonton gunakan fitur find my audience. Dengan fitur tersebut, Anda dapat menargetkan kategori penonton dengan in-market audiences atau affinity audiences.

Melalui fitur tersebut, Anda akan memperoleh karakteristik potensi penonton dan profilnya. Anda akan memperoleh banyak informasi dan dapat memudahkan Anda membuat konten yang mudah disukai.

2. Memanfaatkan YouTube Autocomplete

Langkah kedua dalam riset kata kunci youtube adalah memaksimalkan youtube autocomplete. Youtube akan memberi saran secara otomatis dengan menampilkan bermacam-macam kata kunci populer atau kata kunci yang sering dicari.

Misalnya, Anda ingin mencari video tentang review laptop macbook pro 2015, maka akan muncul kata kunci yang hampir sama seperti review laptop macbook pro 2015 di tahun 2023, kelebihan dan kekurangan macbook pro 2015, macbook pro 2015 unutk desain dan masih banyak lagi.

Dengan beberapa saran yang muncul, Anda akan memperoleh kata kunci yang berpotensi diminati banyak pengunjung dan berbagai topik yang memiliki potensi menarik.

3. Mengamati Video Terbaik dari Kompetitor

Langkah lain yang bisa digunakan untuk riset kata kunci youtube adalah melihat video terbaik dari channel youtube lainnya.

Cara ini bisa Anda lakukan apabila merasa buntu untuk menemukan konten yang akan diangkat. Tontolah jika telah menemukan lalu lakukan ATM (amati, tiru, dan modifikasi).

Supaya bisa menemukan konten dari kompetitor, carilah channel youtube yang memiliki kemiripan niche dengan channel Anda. Kemudian buatlah konten yang lebih baik dan lengkap dengan memodifikasi isinya sesuai gaya Anda

Baca juga  Cara Membuat Highlight IG Story Tampil Lebih Dari 24 Jam

4. Memperhatikan Tag Video Terpopuler

Cari lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan melihat tag pada sebuah konten populer. Anda dapat mengetahuinya secara langsung ketika menemukan video terbaik Kompetitor.

Caranya adalah dengan mengklik pada bagian deskripsi video  youtube kemudian klik kanan jika menggunakan laptop dan klik view page source sekaligus klik CTRL + F dan tulis kata kunci. Setelah itu akan muncul beberapa kata kunci yang digunkan pada tag.

Kata kunci yang muncul bisa Anda letakan pada bagian judul, deskripsi video, tag dan scrip narasi video. Hal ini untuk mengoptimasi SEO konten video channel youtube Anda.

5. Menggunakan aplikasi atau tool

Selain melakukan cara diatas, Anda juga bisa riset kata kunci dengan menggunakan tools riset di bawah ini. Berikut adalah macam-macm tools untuk riset kata kunci youtube. Yaitu:

  • YouTube Analytics
  • vidIQ
  • Semrush’s Keyword Magic Tool
  • Google Trends’ YouTube Search Tab
  • Trending on YouTube
  • Keyword Tool for YouTube
  • Google Ads Keyword Planner
  • Ahrefs’ Keyword Explorer
  • TubeBuddy
  • Keyword.io

Dengan menggunakan riset kata kunci youtube, channel Anda berpotensi mendapat banyak viewer karena telah menerapkan sebagian kaidah SEO youtube.

Anda bisa memanfaatkan fitur youtube untuk riset seperti youtube autocomplete atau tools riset sendiri agar bisa mendapatkan contoh kata kunci youtube yang tepat. Sekian semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *