Frugal Living Adalah : Pengertian dan Tipsnya

Frugal Living Adalah : Pengertian dan Tipsnya
Frugal Living Adalah : Pengertian dan Tipsnya

Gaya hidup hemat (frugal living) akhir-akhir ini semakin populer di tengah gaya hidup mewah yang banyak ditampilkan oleh para selebritis. Untuk mengetahui lebih lanjut simak tulisan ini hingga selesai frugal living adalah : pengertian dan tipsnya

Seperti namanya, gaya hidup ini mengacu pada gaya hidup hemat dan bijaksana untuk membantu mencapai tujuan finansial di masa depan.

Konsepnya adalah menyadari pengeluaran dan pengeluaran secara sadar, serta fokus pada prioritas. Sangat cocok bagi Anda yang bosan dengan gaya hidup perkotaan yang cenderung konsumtif

Apa itu Frugal Living ?

Secara umum, Frugal Living adalah kecenderungan menggunakan uang hanya untuk hal-hal yang sangat penting. Orang yang hidup hemat hanya akan membelanjakan uangnya untuk kebutuhan primer dan membatasi pengeluarannya sesedikit mungkin.

Orang yang hemat akan membutuhkan banyak waktu sebelum membeli suatu barang. Oleh karena itu, tidak heran jika orang-orang ini disebut hemat. Namun, apa yang mereka lakukan adalah hal yang wajar.

Bagi orang yang berhemat, pengeluaran wajib adalah hal yang paling penting, seperti untuk makan, kebutuhan bulanan, dan mencicil. Selain biaya-biaya tersebut, mereka akan mengeluarkan uang sesedikit mungkin.

Mereka melakukan ini untuk mencapai tujuannya, misalnya membeli rumah. Meski pada awalnya gaya hidup ini dikritik dan diejek, nyatanya hidup hemat efektif untuk menghindari pengeluaran berlebihan yang bisa berujung pada masalah finansial.

Tips Menerapkan Frugal Living

Semakin banyak orang yang menunjukkan bagaimana mereka berhasil mencapai tujuan keuangannya dengan menerapkan gaya hidup hemat, semakin banyak pula orang yang tertarik menjalaninya.

Baca juga  Tips Menata Balkon Rumah agar Tampak Cantik

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika Anda tertarik menjalani gaya hidup hemat.

Catat Semua Pengeluaran

Menganggarkan dan mencatat semua pengeluaran sangat penting untuk hidup hemat. Tidak ada pengeluaran yang boleh terlewatkan untuk dicatat, bahkan yang terkecil sekalipun. Dengan melakukan ini, Anda akan bisa mengetahui berapa banyak uang yang Anda keluarkan setiap bulannya. Dengan membuat anggaran, Anda juga tidak akan impulsif dalam membelanjakan uang Anda.

Prioritaskan Biaya Paling Penting

Prioritaskan kebutuhan primer dan biaya-biaya penting seperti biaya listrik, biaya air, biaya internet, dan hal-hal primer lainnya yang benar-benar Anda perlukan. Jika Anda sudah membayar biaya utama, maka Anda bisa menggunakan sisa uang Anda untuk hal lain, misalnya investasi.

Carilah Diskon dan Barang Second

Jika Anda ingin menjalani gaya hidup hemat, Anda tidak boleh meremehkan diskon dan penawaran khusus lainnya. Karena dengan cara inilah Anda bisa menghemat uang. Namun pastikan barang yang didiskon masih dalam kualitas yang baik.

Orang yang hemat juga lebih memilih membeli barang bekas dibandingkan membeli barang baru. Apalagi jika barang tersebut masih dalam kondisi bagus dan dapat berfungsi dengan baik.

Itu tadi tentang apa itu gaya hidup hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *