Pengertian Gaya Hidup Sehat dan Penerapannya

  • Share
Pengertian Gaya hidup sehat

Mikaylabinar.com Tahukah anda apa pengertian gaya hidup sehat, dan bagaimana penerapannya?

Tentunya gaya hidup sehat sangat penting diterapkan oleh siapa saja agar tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Daripada penasaran, yuk langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

A. Apa Itu Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat merupakan cara seseorang dalam menjalani hidup agar dapat menurunkan risiko untuk terkena penyakit maupun meninggal dunia dengan cepat di usia muda.

Tidak semua penyakit memang bisa dicegah, namun sebagian besar penyakit penyebab kematian atau penyakit kronis, seperti kanker dan jantung koroner dapat dihindari.

Hal ini bisa dilakukan ketika anda menerapkan 7 cara hidup sehat, mulai dari berolahraga, mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, menghindari makanan tinggi gula, selalu minum air putih, menjaga berat tubuh secara ideal, tidak mengkonsumsi makanan cepat saji, dan tidak merokok.

Intinya adalah menjalani hidup sehat tidak hanya sekedar untuk mencegah penyakit saja, namun juga menjaga kesehatan mental, fisik, hingga sosial.

Dengan melakukan hal ini, pastinya tidak hanya bermanfaat bagi diri anda saja, namun gaya hidup sehat dan aktif yang anda terapkan dapat menular kepada orang lain yang ada di sekitar anda, terutama kepada anak-anak.

Karena sehat jika diartikan secara mendasar yaitu segala hal yang dikerjakan akan memberi hasil yang juga baik untuk tubuh. Namun tidak sedikit orang ternyata perlu menunggu waktu yang tepat ketika menjalankan gaya hidup sehat. 

Tetapi sebenarnya waktu yang sangat tepat dilakukan adalah sesegera mungkin maupun selama mungkin. Sebaiknya gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan sebaik mungkin secara terus-menerus agar hidup anda senantiasa lebih baik kedepannya.

B. Penerapan dalam Menjalani Gaya Hidup Sehat

Tentunya menentukan pilihan untuk menjalankan gaya hidup sehat secara tepat harus disesuaikan dengan jenis kelamin, kondisi kesehatan, kemampuan fisik, dan usia.

Baca juga  Kegiatan Seru di Rumah yang bisa Dilakukan Selama Liburan

Anda tidak dapat mengharapkan hasil perubahan yang sama seperti yang dilakukan oleh orang lain. Nah, terlepas dari jenis kelamin, kemampuan fisik, hingga usia, di bawah ini merupakan beberapa cara hidup sehat sederhana yang bisa anda terapkan ketika ingin melakukan gaya hidup sehat. 

1. Berolahraga secara teratur

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh ketika menjalankan gaya hidup sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga secara teratur. Mulai dari meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kesehatan jantung, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu saja, rutin berolahraga juga dapat membantu mengantarkan nutrisi dan oksigen ke jaringan tubuh serta memperlancar sistem dari peredaran darah, dengan begitu anda dapat memiliki banyak energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Bahkan di masa pandemi seperti yang terjadi saat ini, yang mana gaya hidup sehat dimasa pandemi dengan berolahraga sangat penting anda lakukan. Anda pun bisa melakukannya di rumah dengan mudah. 

2. Mengontrol berat badan secara ideal

Ketika anda berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan sehari-hari dengan tepat, tentunya hal ini bisa membantu anda dalam mengurangi risiko terjadinya diabetes serta dapat mempertahankan berat badan secara ideal.

Jika anda sedang berusaha untuk menurunkan atau menaikkan berat badan secara ideal, mengkonsumsi makanan yang bergizi dapat membantu anda untuk mencapainya secara efektif. 

Setidaknya rutinlah mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap harinya. Tentunya makanan yang tinggi nutrisi dan rendah kalori ini bisa membantu anda untuk mendapatkan berat badan ideal, bahkan mempertahankannya.

3. Perbaiki waktu tidur

Ketika anda membaca pengertian gaya hidup sehat, tentu saja di dalamnya pun mencakup tentang waktu tidur yang sehat. Mengapa hal ini juga sangat penting untuk dibahas?

Baca juga  5 Gaya Hidup Sehat Dimasa Pandemi

Karena waktu tidur yang kurang dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius. Bukan hanya merasa lamban dan lelah saja, anda pun kemungkinan saja akan merasa murung dan mudah tersinggung. 

Bagaimana, pastinya anda tidak ingin kan mengalami gaya hidup yang tidak sehat gara-gara anda menerapkan waktu tidur yang kurang maksimal?

Agar dapat meningkatkan kualitas tidur, ada baiknya anda bisa membuat jadwal tidur sesuai kebutuhan tidur maupun jadwal pagi anda. 

Biasanya orang dewasa membutuhkan waktu tidur setiap malam 7 hingga 9 jam. Tetapi tiap orang mempunyai kebutuhan tidur yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu saja, tingkatkan kualitas tidur dengan cara mengurangi asupan kafein, terlebih lagi ketika akan menjelang tidur. 

Dan yang paling penting adalah jangan lupa untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman. Yang pasti tips hidup bersih dan sehat ini perlu anda terapkan dengan baik agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih maksimal.

4. Mengelola Stres

Mengelola stres merupakan gaya hidup sehat kecuali ketika anda tidak menerapkannya dengan baik. Kesehatan mental sama pentingnya juga dengan kesehatan fisik, dan keduanya akan berjalan secara beriringan.

Karena kesehatan yang buruk bisa menguras fokus dan energi anda, bahkan dapat meningkatkan risiko dari penyakit jantung. 

Tidak hanya berolahraga, tentunya stres dapat dikendalikan dengan cara bersosialisasi. Karena hubungan antar manusia bisa menghilangkan rasa kesepian, salah satunya terjadi karena stres. Tentunya anda bisa menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga tercinta secara rutin. 

C. Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari

Mengkonsumsi makanan untuk hidup sehat sangat penting dilakukan oleh setiap orang agar dapat mencukupi kebutuhan gizinya.

Sebenarnya hal ini tidak sulit dilakukan. Mengapa? Karena ada banyak sekali pilihan makanan sehat untuk dikonsumsi. Nah, beberapa pilihan makanan tersebut adalah sebagai berikut.

Baca juga  Inilah Bahasa Tubuh Wanita Jika Menyukai Pria

1. Buah-buahan

Tentunya buah sangat penting dikonsumsi oleh setiap orang karena mengandung berbagai vitamin di dalamnya. Nah, beberapa buah yang cukup populer karena banyaknya nutrisi yang ada di dalamnya seperti pisang, alpukat, jeruk, apel, beri-berian seperti strawberry dan blueberry.

2. Sayuran hijau

Nah, sayuran hijau bisa banget nih anda jadikan sebagai salah satu dari 5 tips hidup sehat. Hal ini dikarenakan sayuran mengandung banyak sekali nutrisi penting dari mulai vitamin A, C, K, serat, kalsium, magnesium, kalium, folat, dan kalium, yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu saja, sayuran hijau pun kaya akan antioksidan, sehingga efektif dalam melindungi tubuh anda dari kerusakan penyebab radikal bebas.

3. Telur dan daging

Nah, daging sendiri adalah salah satu pilihan makanan sehat karena terdapat banyak kandungan nutrisi didalamnya, salah satunya adalah daging sapi tanpa menggunakan lemak.

Yang mana daging jenis ini terdapat kandungan zat besi dan protein yang sangat tinggi daripada jenis daging yang lain. Selain itu, jangan lupa juga mengkonsumsi telur karena makanan ini tinggi akan protein.

Sudah tahu kan apa pengertian gaya hidup sehat, penerapan, dan makanan apa saja yang harus dikonsumsi ketika menjalani gaya hidup sehat? Jangan tunggu lagi? Segera terapkan sekarang juga.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *