Jelaskan Hidup Sehat Secara Simple!

  • Share
Saat meminta orang lain jelaskan pengertian hidup sehat fisik dan psikis, pasti semua jawabannya memiliki inti definisi umum tersebut.

Mikaylabinar.com Jika Anda meminta beberapa orang untuk jelaskan pengertian hidup sehat, Anda akan mendapat banyak jawaban berbeda.

Perbedaan ini terjadi karena pemahaman dan perspektif yang dimiliki setiap orang. Seorang atlet akan memiliki perbedaan pandangan dengan seorang karyawan kantor soal hidup sehat.

Atlet akan fokus pada kebugaran, kekuatan otot dan stamina untuk hadapi tantangan setiap harinya. Sedangkan karyawan lebih fokus pada kesehatan yang berpengaruh pada produktivitasnya.

Seorang karyawan tidak akan berpikir harus olahraga keras untuk membentuk otot, selama ia bisa bekerja efektif pola hidup sehatnya berhasil.

Apa Sebenarnya Arti Hidup Sehat Itu?

Secara umum arti hidup sehat adalah bebas dari segala masalah jasmani dan rohani. Saat meminta orang lain jelaskan pengertian hidup sehat fisik dan psikis, pasti semua jawabannya memiliki inti definisi umum tersebut.

Bebas masalah jasmani berarti sehat secara fisik. Sekecil apapun masalahnya, jika Anda mengalami gangguan fisik, Anda tidak tergolong sehat.

Contoh saja masalah sering gatal di kepala jika berkeringat. Hal ini mungkin simple, tapi bisa jadi tanda gangguan pada kulit kepala yang tidak bersih.

Sehat secara psikis bahkan lebih kompleks pengertiannya. Lepas dari masalah psikis sangatlah ambigu. Terkadang orang tidak sadar bahwa mereka memiliki masalah psikis. Hal seperti stress ringan terkadang terasa seperti rasa sedih biasa.

Walaupun sulit ditentukan batasannya, selama Anda merasa nyaman dengan kondisi diri, kesehatan mental Anda umumnya stabil. Anda yang memiliki tingkat produktivitas baik dan mampu beraktivitas normal biasanya tidak memiliki masalah psikis.

Standar Hidup Sehat Orang Bisa Berbeda

Walaupun bisa dipahami secara umum dengan definisi di atas, sehat bagi seseorang tetap bisa berbeda. Contoh saja saat membahas cara hidup sehat dan bersih.

Satu orang bisa menganggap keseharian makan 3 kali sehari dan mandi 2 kali sehari sudah baik. Tapi satu orang lain menganggap hidup sehat harus makan dengan pilihan nutrisi tertentu, olahraga hingga otot terbentuk dan memiliki standar hygienic yang tinggi.

Jika ingin jelaskan pengertian hidup sehat yang berbeda dari satu individu dengan individu lain, Anda harus tahu juga perspektif mereka. Kebutuhan sehat satu orang pasti berbeda dengan orang lain.

Contoh saja seseorang yang berada di negara miskin Afrika dengan orang yang ada di negara maju seperti Amerika, pasti memiliki kebutuhan berbeda.

Orang di Afrika lebih fokus sehat dengan makan cukup dan mendapat air bersih. Sedangkan orang di Amerika banyak yang merasa berat badan berlebih tapi selama masih produktif tergolong sehat. Anda sendiri mungkin memiliki standard sehat yang berbeda dari teman ataupun saudara Anda.

Hidup Sehat Didasari Kebiasaan Hidup yang Baik

Walaupun bisa berbeda – beda, dasar hidup sehat biasanya terdiri dari 3 hal. Mereka adalah makanan, olahraga dan istirahat.

Saat Anda jelaskan pengertian pola hidup sehat tiga aspek ini pasti dibahas. Orang yang ingin sehat harus mampu menyeimbangkan semua hal itu dalam kehidupan sehari – hari.

Menurut banyak ahli kesehatan, standar hidup sehat yang baik harus terdiri dari makanan yang seimbang. Anda tidak harus memiliki standar tinggi seperti hitung kalori.

Selama makanan Anda memiliki nutrisi seimbang untuk vitamin, serat, mineral, karbohidrat dan protein, Anda sudah pasti lebih sehat.

Untuk olahraga dan istirahat, banyak dokter menyarankan minimal 2 jam olahraga ringan dan 6 jam waktu tidur. Selama bisa mengaplikasikan ini di keseharian, Anda bisa merasakan tubuh lebih segar dan nyaman. Istirahat juga baik untuk psikis, jadi pastikan coba aplikasikan ini dalam keseharian Anda.

Setelah baca artikel ini, Anda bisa jelaskan pengertian hidup sehat secara lebih baik. Semoga informasi dalam artikel ini membantu memperluas wawasan Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *