5 Tips Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah

  • Share
tips gaya hidup sehat

Mikaylabinar.com Tips gaya hidup sehat atau menjaga kesehatan ala Rasulullah patut dicontoh, sebab seumur hidup Nabi Muhammad SAW hanya pernah mengalami dua kali sakit yaitu saat beliau menjelang wafat dan diracuni oleh seorang wanita Yahudi.

Untuk itu Anda patut mengikuti gaya hidup sehat Rasulullah yang tentunya sudah termasuk ke dalam sunnahnya. Lantas, bagaimana cara gaya hidup sehat yang Rasulullah jalani? Mari simak ulasan berikut!

Mengkonsumsi Makanan Yang Halal Lagi Baik

Mengkonsumsi makanan yang halal lagi baik tentu tidak memberikan efek samping pada tubuh. Oleh sebab itu, Rasulullah setiap pagi selalu membiasakan sarapan dengan segelas air yang dicampur sesendok madu asli.

Rasulullah juga tidak pernah meminum khamr (minuman yang memabukan). Sebab selain haram, khamr juga dapat merusak kesehatan tubuh dan sel otak penggunanya. Baca juga trend baju lebaran sekarang!

Memperhatikan Pola Makan

Bagi Anda yang ingin menjalani gaya hidup sehat alami, sebaiknya makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Selain itu, Anda juga tidak boleh makan berlebihan dan terburu-buru saat mengkonsumsi makanan.

Usahakan Anda mengunyah makanan sampai halus dan baru ditelan. Untuk minuman, Anda bisa mengkonsumsi air dalam dua atau tiga nafas dan jangan terburu-buru dengan meminumnya dalam sekali nafas. Sebab hal ini tidak baik untuk tubuh maupun kesehatan.

Rajin Berpuasa

Berpuasa memang menawarkan banyak sekali manfaat, seperti dapat mengobati penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, melancarkan aliran darah, mencegah kanker dan masih banyak lainnya.

Apabila ingin mengikuti tips gaya hidup sehat ala Rasulullah, Anda bisa mencoba sahur dan berbuka dengan kurma dan madu yang tentunya memiliki khasiat yang baik dan menyehatkan untuk tubuh.

Rutin Berolahraga Dan Beraktivitas

Rutin berolahraga dan beraktivitas normal lainnya memang sangat dianjurkan. Sebab hal ini berguna agar tubuh tetap kuat dan bugar.

Rasulullah semasa hidupnya sangat senang berjalan kaki dan melakukan olahraga memanah, berkuda dan berenang. Untuk itu, jika Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat Rasulullah maka bisa memilih salah satu aktivitas olahraga yang nyaman Anda lakukan secara rutin.

Tidur Lebih Cepat Dan Bangun Lebih Awal

Begadang merupakan kegiatan tidak bermanfaat yang mampu mempengaruhi kualitas hidup yang Anda jalani. Usahakan jika Anda memiliki pekerjaan, sebaiknya ditunda terlebih dahulu dan lanjutkan mengerjakannya saat sepertiga malam setelah shalat tahajud.

Patut diketahui, kebiasaan tidur lebih cepat yaitu sekitar jam 21:30 setelah shalat isya dan bangun lebih awal sekitar jam 03:00 pagi sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca juga: Trend baju lebaran sekarang yang modis dan kekinian

Itulah beberapa tips gaya hidup sehat ala Rasulullah yang bisa Anda terapkan. Perlu diingat, menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya tidak akan sempurna jika Anda tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya.

Untuk itu, usahakan Anda benar-benar sempurna dalam menjalani gaya hidup sehat, baik itu menjaga pola makan, gaya hidup maupun lingkungan sekitarnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *