Belajar Membaca Trend dengan Candlestick untuk Investasi Saham

Belajar Membaca Trend dengan Candlestick untuk Investasi Saham
Belajar Membaca Trend dengan Candlestick untuk Investasi Saham

Membaca trend dengan candlestick- Beberapa orang yang terjun dalam dunia trading, tentunya tidak asing dengan chart maupun grafik yang bisa menyajikan beberapa informasi harga dari pergerakan market.

Setiap transaksi dalam perdagangan yang terjadi di market, pergerakan harganya akan tampil dalam bentuk grafik grafik yang menginformasikan tentang naik turunnya harga pada candlestick.

Data ini akan menjadi media yang dapat digunakan untuk melakukan analisis secara teknikal. Sehingga sangat penting untuk beberapa orang dalam memahami cara membaca trend dengan candlestick.

Mengenal Keunggulan Candlestick Chart 

Ada beberapa keuntungan candlestick chart yang bisa didapatkan. Beberapa keunggulannya diantaranya sebagai berikut ini:

  • Visual candlestick sendiri nyaman untuk dipandang dan juga mudah untuk dipahami. Sehingga beberapa orang paham untuk melakukan analisis pergerakannya. 
  • Candlestick juga akan menunjukkan beberapa fluktuasi harga saham namun juga bisa memberikan sinyal terkait perubahan harga yang ada di masa depan. 
  • Selama membaca candlestick juga mudah karena tidak harus belajar berbagai pola karena hanya perlu memahami elemen dan polanya saja. 
  • Candlestick juga bisa menampilkan psikologi pasarnya dengan jelas. Sebagai artinya bahwa trader dapat melakukan identifikasi terkait mana saja pihak yang akan mendominasi baik pembelinya maupun penjualnya. 

Inilah Cara Membaca Candlestick dengan Mudah dan Akurat

Terkait bagaimana cara membaca trend dengan candlestick yang mudah dan bisa dipahami diantaranya adalah:

  • Ukuran Badan

Paham dengan ukuran badan, maka beberapa orang bisa mendapat informasi terkait kekuatan masing-masing dari pihak. Jika badan memanjang, maka momentumnya kuat, begitupun sebaliknya. Ukuran badan ini adalah komponen utama dari grafik candlestick yang akan dan wajib dipelajari.  

  • Panjang Sumbu

Panjang sumbu maupun ekor dari candlestick sendiri akan berhubungan dengan volalitas harga. Sedangkan sumbu Panjang akan memberikan informasi terkait harga yang akan bergerak secara cepat selama durasi candlestick itu sendiri. Hal ini akan memberikan pertimbangan bagi beberapa penjual dan pembelinya. 

Baca juga  Pengalaman Trading Saham dan Tips Untuk Memulainya Bagi Pemula
  • Rasio Panjang Badan dan Sumbu

Rasio ukuran badan dan sumbu juga menjadi cara tepat untuk mengenal pergerakan candlestick dengan baik dan benar. Selain itu, ada informasi jika kondisi pasar tidak stabil, maka volalitasnya pun akan meningkat. Di sinilah badan candlestick sendiri akan mengecil namun sumbunya akan menjadi jauh lebih Panjang. 

  • Posisi Badan Candlestick

Jika beberapa orang akan mendapatkan candlestick dengan sumbu yang Panjang sedangkan posisi badan berada di salah satu ujungnya, maka akan menunjukkan adanya perlawanan.

Sedangkan untuk posisi candlestick yang ada di tengah sumbu bawah dan juga sumbu atas, maka akan menunjukkan ketidakpastian yang ada di pasar. 

Itulah informasi terkait bagaimana cara sederhana untuk membaca trend dengan candlestick yang akan membantu para trader.

Bahkan bagi beberapa investor maupun trader pemula juga bisa memahami untuk membaca grafik candlestick yang mudah dan juga cukup akurat. 

Info terkait: Cara Membuat Garis Trend Pada Grafik Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *